Korelasi penggunaan Smartphone dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Fisika UIN Ar-Raniry Banda Aceh
DOI:
https://doi.org/10.22373/p-jpft.v6i2.9782Keywords:
SmartPhone, IPK, Prestasi belajarAbstract
Smartphone merupakan media elektronik yang sangat berkembang pesat dan diminati banyak orang. Kelebihan dan kelemahan dari penggunaan smartphone sangat bergantung pada individu yang memanfaatkannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi penggunaan smartphone terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Fisika UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 orang melalui teknik Accidental. Penelitian ini menggunakan alat ukur berupa angket dan dokumentasi. Pengolahan data penelitian menggunakan uji statistik berupa uji regresi dan koefisien determinasi. Berdasarkan olahan data didapati bahwa nilai korelasi antara pengunaan smartphone dan indek prestasi belajar mahasiswa sebesar 0,468 dan koefisien determinasinya 21,9%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya korelasi penggunaan smartphone dengan hasil belajar mahasiswa Pendidikan Fisika UIN Ar-Raniry Banda Aceh.References
Hamalik, Oemar, (2001), Proses Belajar Mengajar, Jakarta : PT Bumi Aksara
Hidayantika, I. (2015). Pengaruh Brand Awarenes Terhadap Keputusan Pembelian Produk Rabbani di Toko Asya Darussalam Semarang. Skripsi.
Kusumastuti Winda, (2018), “Pengaruh Gadget Terhadap Prestasi Mahasiswa Angkatan 2015/2016 Progran Studi PG-PAUD UMS”, “Jurnal Pendidikan, (Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta). ISSN : 2398-4892, Vol.03,No.01
Kursiwi, “Dampak Penggunaan Smartphone Terhadap Interaksi Sosial Mahasiswa Semester V (Lima) Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial (IPS) Fakultas Ilmu Tarbiah Dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta”, “Skripsi, Jurnal PAUD Teratai, (Surabaya : Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah), ISSN : 2234-4532, vol.05,no.03,2016,h.182-186
Priatno, p., & Marantika, D. 2017. “Analisa Penerimaan Teknologi Informasi Terhadap Prestasi Anak Menggunakan Metode Technology Acceptance Model”, “Jurnal In Konferensi Nasional Ilmu Sosial & Teknologi, ISSN : 2252-4893,vol.2.no.3,2007,h.2
Sari, T. P., & Mitsalia, A. A. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERSONAL SOSIAL THE EFFECT OF THE USE OF GADGETS TO PERSONAL SOCIAL ( TKIT ) OF AL MUKMIN. 13, 72–78.
Saroinsong, W. P, (2016), “Gadget Usage Inhibited Lnterpersonal Intelligence Of Children Obages 6-7 Years Old”, “Jurnal Tekpen, ISSN : 2468-4876, Vol.4,No.1,RetrievedfromHttps://journal.Unesa.Ac.id/Index.Php/Jtp/ Article /View/1138
Winkel, (2009), Psikologi Pengajaran, Yogyakarta : Media Abadi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Phi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).