Korelasi penggunaan Smartphone dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Fisika UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Authors

  • Sri Nengsih UIN Ar-Raniry.ac.id
  • Sri Nengsih UIN Ar-Raniry.ac.id

DOI:

https://doi.org/10.22373/p-jpft.v6i2.9782

Keywords:

SmartPhone, IPK, Prestasi belajar

Abstract

Smartphone merupakan media elektronik yang sangat berkembang pesat dan diminati banyak orang. Kelebihan  dan kelemahan dari penggunaan smartphone sangat bergantung pada individu yang memanfaatkannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi penggunaan smartphone terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Fisika UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 orang melalui teknik Accidental. Penelitian ini menggunakan alat ukur berupa angket dan dokumentasi. Pengolahan data penelitian menggunakan uji statistik berupa uji regresi dan koefisien determinasi. Berdasarkan olahan data didapati bahwa nilai korelasi antara pengunaan smartphone dan indek prestasi belajar mahasiswa sebesar 0,468 dan koefisien determinasinya 21,9%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya korelasi penggunaan smartphone dengan hasil belajar mahasiswa Pendidikan Fisika UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

References

Hamalik, Oemar, (2001), Proses Belajar Mengajar, Jakarta : PT Bumi Aksara

Hidayantika, I. (2015). Pengaruh Brand Awarenes Terhadap Keputusan Pembelian Produk Rabbani di Toko Asya Darussalam Semarang. Skripsi.

Kusumastuti Winda, (2018), “Pengaruh Gadget Terhadap Prestasi Mahasiswa Angkatan 2015/2016 Progran Studi PG-PAUD UMS”, “Jurnal Pendidikan, (Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta). ISSN : 2398-4892, Vol.03,No.01

Kursiwi, “Dampak Penggunaan Smartphone Terhadap Interaksi Sosial Mahasiswa Semester V (Lima) Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial (IPS) Fakultas Ilmu Tarbiah Dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta”, “Skripsi, Jurnal PAUD Teratai, (Surabaya : Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah), ISSN : 2234-4532, vol.05,no.03,2016,h.182-186

Priatno, p., & Marantika, D. 2017. “Analisa Penerimaan Teknologi Informasi Terhadap Prestasi Anak Menggunakan Metode Technology Acceptance Model”, “Jurnal In Konferensi Nasional Ilmu Sosial & Teknologi, ISSN : 2252-4893,vol.2.no.3,2007,h.2

Sari, T. P., & Mitsalia, A. A. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERSONAL SOSIAL THE EFFECT OF THE USE OF GADGETS TO PERSONAL SOCIAL ( TKIT ) OF AL MUKMIN. 13, 72–78.

Saroinsong, W. P, (2016), “Gadget Usage Inhibited Lnterpersonal Intelligence Of Children Obages 6-7 Years Old”, “Jurnal Tekpen, ISSN : 2468-4876, Vol.4,No.1,RetrievedfromHttps://journal.Unesa.Ac.id/Index.Php/Jtp/ Article /View/1138

Winkel, (2009), Psikologi Pengajaran, Yogyakarta : Media Abadi.

Published

2021-08-21

Issue

Section

Artikel