MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI KONSEP MOL DI KELAS X-3 MAN RUKOH BANDA ACEH

Rosniar Rosniar, Salawati Salawati

Abstract


The aim of this study was to improve the learning achievement and activities of students through the implementation of the Problem Solving learning method in Mol Concept. This study was conducted by using two cycles of classroom action research. The subject of this research was 25 students of class X-2 MAN Rukoh Banda Aceh. The result of the implementation of learning Problem Solving method showed that there is improvement of student learning achievement from Cycle I to Cycle II. It could be seen from the results of research that showing about 64% of students had passed learning in Cycle I and about 88% in Cycle II. While the observation was conducted, the improvement of learning activities of students amounts 50%. Based the result of this study, it is can be concluded that the implementation of learning Problem Solving method can improve the learning achievement and activities of the student in Mol Concept.

Keywords


Problem solving method; Learning activities of student; Learning achievement.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., Suhardjono, dan Supardi, 2006, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.

Farkhatin, N., 2008, Efektifitas Pembelajaran Problem Solving dengan Menggunakan Alat Peraga pada Materi Aritmatika Sosial pada Peserta Didik Kelas VII Semester I MTS NU 01 Tarub Tegal Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi. IAIN Walisongo.

Harjani, T., 2012, Kimia untuk SMA/MA Kelas X, Sidoarjo: PT. Buana Masmedia Pustaka.

Huda M.U., 2008, Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Peserta Didik pada Materi Pokok Limit Fungsi Kelas XI Semester II SMAN 1 Mranggen Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi . IAIN Walisongo.

Murtiningrum, T., Ashadi, dan Mulyani, S., 2013, Pembelajaran Kimia dengan Problem Solving Menggunakan Media e-Learning dan Komik Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Abstrak dan Kreativitas Siswa. Jurnal Inkuiri. 2(3): 288-301.

Rahayu, A. P., dkk. 2014. Pembelajaran Kimia Menggunakan Metode Eksperimen dan Guided Inquiry Ditinjau dari Kemampuan Matematis dan Kreativitas Siswa. Jurnal Inkuiri. Vol. 3, No. 1

Rahayu, E., Susanto, H., dan Yulianti, D., 2011, Pembelajaran Sains dengan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(2011): 106-110.

Rahmawati, N. 2009. Efektifitas model pembelajaran problem solving dalam materi sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII MTsN Tanjung Tani Prambon Nganjuk tahun ajaran 2009/2010.Skripsi. IAIN Walisongo Semarang.

Slameto. 1995.Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya,Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2002. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & B. Bandung: Alfabeta.

Syaiful, Sagala. 2003.Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum. J. 2013. Strategi Pembelajaran : Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Wiriaatmadja, R. 2012. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yudhistira, D. 2013. Menulis Penelitian Tindakan Kelas Yang Apik (Asli PerluIlmiah Konsisten). Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/lj.v6i2.3452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rosniar Rosniar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

INDEXED IN