Kontektualisasi Direct Instruction Dalam Pembelajaran Sains

Zahriani Zahriani

Abstract


Direct Instruction is one teacher teaching model is centered on the center or teacher. This learning model emphasizes the delivery of content is done verbally by the teacher to the learner. In the implementation of this model has the characteristic form of the five phases of a very important activity in the form of submission of the learning objectives, demonstrate knowledge and skills, guiding the training, checking understanding and provide feedback and provide advanced training and implementation. Research conducted on the use of the model of Direct Instruction in science learning so far shown significant results to increase students' understanding of science concepts. Direct Instruction is still relevant models used to study the science of materials that explain concepts and procedural and can be combined with other learning models, the use of the media is to help the implementation of the Direct Instruction model study

Keywords


Direct Instruction; Model Pembelajaran Sains

Full Text:

PDF

References


Alia, N dan Supriyono, 2013. Penerapan Model Direct Instruction dengan Menggunakan Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bangkalan Pada Materi Pokok Azas Black. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, Vol.02, No.03, 50-54 (online), tersedia di www.Scribd.com, diakses pada tanggal 15 september 2014

Burden.P.R. dan Byrd. D. M, 2003. Method for Effective Theaching. Pearson Education, USA.

Cartono, 2007. Metode & Pendekatan dalam Pembelajaran Sain, Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Daradjat. Z. 2005. Kepribadian Guru, Bulan Bintang, Indonesia

Karim, N.2009. Pengajaran Langsung (Direct Instruction / DI), disarikan dari Materi Diklat Perjenjangan Tingkat Dasar Guru IPA, Balai Diklat Keagamaan Denpasar 2008. Tersedia pada http://nurmanspd.wordpress.com, diakses tanggal 25 februari 2013.

Lindsay, J. 2012. What the Data Really Show : Direct Instruction Really Works!, tersedia pada http://www.jefflinsay.com, diakses tanggal 25 februari 2013

Magliaro. S. G, Barbara B. L. dan John K. B. 2005. Direct Instruction Revisited; A key Model for Intructional Technology, ETR&D,vol,53, no 4. Pp, 41-45, diakses tanggal 25 februari 2013.

Mulyatiningsih, E. 2010. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Inovatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM). Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Depok, Jawa barat.

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Prestasi Pustaka. Jakarta

Rosenshine. B, 2008. Five Meanings of Direct Instruction, Academic Development Institute, Center on Innovation & Improvement, Lincoiln, USA, diakses tanggal 25 februari 2013.

Safitri, Bancong. H dan Husain. H, 2013. Pengaruh Pendekatan Multiple Intelegences Melalui Model Pembelajaran langsung Terhadap Sikap dan Hasil Belajar Kimia Peserta Didik di SMA Negeri 1 Tellu Limpoe. Jurnal pendidikan IPA Indonesia vol (2), no (2) : 156-160 (online), tersedia di http://journal.unnes.ac.id , diakses 16 september 2014

Saiful, 2007. Profesionalisme Guru dan Signifikansinya dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kompetensi, vol:1, no. 2, 96-110. Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry, Darussalam, Banda Aceh

Sakti. I, Puspasari. Y.M. dan Risdianto. E, 2012, Pengaruh Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Melalui Media Animasi Berbasis Macromedia Flash Terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Fisiska Siswa di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu, Jurnal Exacta, vol. X No. 1 (online), tersedia di http://repository.unib.ac.id, diases tgl 16 september 2014

Sanjaya, W. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group, Indonesia

Schug. M. C, Sara. G. T. dan Richard. D. W. 2001. Direct Instruction and The Teaching of Early Reading, Wisconsin’s Teacher-led insurgency, Wisconsin Policy Research Institute. INC. Diakses tanggal 25 februari 2013.

Setiawan. W, Fitrajaya. E dan Mardiyanti.T, 2010, Penerapan Model Pengajaran Langsung (Direct Instruction) Untuk Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa dalam Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PITK), Vol. 3, No. 1 (online), tersedia di http://file.upi.edu, diakses tgl 16 September 2014

Side. H, 2009. Penggunaan Media Animasi dalam Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII3 SMP Negeri 13 Makassar dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Makassar, Skripsi, diakses tanggal 27 februari 2013.

Trianto, 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Prenada Media Group, Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/lj.v2i1.667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Zahriani Zahriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

INDEXED IN