Uqubat Denda Bagi Pegulangan Pencurian Ringan oleh Anak-Anak di Bawah Umur

Muhammad Iqbal, Novia Novia

Abstract


Kejahatan adalah setiap perbuatan yang anti sosial, merugikan, dan menjengkelkan masyarakat. Anak yang melakukan pelanggaran hukum lebih banyak disebabkan oleh ketidakmatangan jiwa, teman dan lingkungan sekitarnya Kondisi ini juga di perkuat oleh keinginan untuk mencoba mengekpresikan jiwa mudanya untuk membuktikan jati diri tentang keberadaannya. Adapun pertanyaan yang terdapat dalam penelitian ini adalah Apa hukuman bagi tindak pidana pencurian yang dilakukan oleh anak-anak dalam Sistem Peradilan Pidana Anak, Bagaimana penjatuhan hukuman bagi anak yang melakukan pengulangan pencurian ringan digampong Ie Mameh, Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten Aceh Barat Daya, Dengan mengunakan metode penelitian kualitatif dengan metode empiris. Data dikumpulkan dari data primer dan data sekunder data primer berupa wawancara dengan narasumber dari pihak aparatur desa sedangan data sekunder yaitu melalui buku-buku yang terkait dengan pembahsan skripsi. Hasil penelitian yang penulis temukan bahwa dalam Sistem Peradilan Pidana Anak tidak diatur secara khusus tentang bagaimana sanksi hukuman terhadap anak yang melakukan tindak pidana pencurian secara bersama-sama, dan menurut Undang-undang Perlindungan Anak, anak yang dibawah perlindungan anak menurut Pasal 7 bukan merupakan pengulangan tindak pidana. Menurut analisis penulis dalam Sistem Peradilan Pidana Anak tidak dijelaskan secara rinci masalah hukuman bagi pengulangan tindak pidana terhadap anak dibawah umur yang melakukan tindak pidana , dan begitu juga dalam Undang-undang Perlindungan Anak yang terbaru yaitu Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014.  Dalam Sistem Peradilan Hukum Adat di Gampong Ie Mameh anak-anak yang melakukan tindak pidana pencurian akan dikenakan sanksi pidana denda, tidak ada perberdaan antara satu anak yang melakukan tindak pidana pencurian dengan sekelompok anak yang melakukan tindak pidana pencurian. Sedangkan untuk anak yang telah melakukan pengulangan tindak pidana maka anak tersebut dijatuhi sanksi tindakan yang tegas. Dalam Hukum Islam anak-anak yang melakukan tindak pidana pencurian hukumannya adalah  hukuman Takzir sedangkan dalam Hukum Pidana Indonesia hukumannya adalah hukuman penjara minimal 1/3 dari hukuman yang diberikan kepada orang dewasa. Menurut analis penulis dalam Hukum Islam juga tidak mengatur bagaimana hukuman bagi anak-anak yang melakukan pengulangan tindak pidana secara tertulis tetapi apabila terdapat kasus yang sedemikian maka hukuman nya menjadi hak ulil amri (takzir).


Keywords


Pengulangan Pencurian; Anak

Full Text:

PDF

References


Ahmad Wardi Muslich, Pengantar dan Asas Hukum Pidana Islam (Fikih Jinayah) Jakarta: Sinar Grafika 2006.

Asy-syahid Abdul Qadir audah Ensiklopedia Hukum Pidana Islam Jld V, Jakarta: Kharisma Ilmu, 2008

Asy-syahid Abdul Qadir Audah, Ensiklopedia Hukum Pidana Islam Jld III, Jakarta: PT Kharisma Ilmu, 2008

Dinas Syariat Islam Aceh, Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Hukum Jinayah,2015.

Kartini Kartono, Kenakalan Remaja, Patologi Sosial, Jakarta: Raja Grafindo, 2015.

Marlina, Peradilan Pidana Anak dii Indonesia: Pengembangan Konsep Diversi Dan Restorative Justice, Bandung: PT Refika Aditama, 2009.

Moeljatno, Asas-asas Hukum Pidana, Jakarta: Bina Aksara,1987.

Muktar Yahya, Fathur Rahman, Dasar-Dasar Pembinaan Hukum Islam, Bandung: Ma’rif, 1986

Nandang Sambas, Pembaharuan Sistem Pemidanaan Anak Di Indonesia, Yogyakarta: Graha Ilmu 2010.

Niniek Suparni, Eksistensi pidana Denda Dalam Sistem Pidana Dan Pemidanaan,Jakarta: Sinar Grafika, 2007.

R. Soesilo, Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) Serta KomentarKomentarnya Lengkap Pasal Demi Pasal, Bandung: Karya Nusantara, 1986. Rahmat Hakim, Hukum Pidana Islam (Fiqh Jinayah), Bandung: Pustaka Setia, 2000.

Ari Mustina, Analisis putusan Hakim dalam perkara pencurian menurut Hukum Islam (studi terhadap putusan Pengadilan Negeri Sigli No.144/144/pid.B/2012/PN-SGL), Skripsi Fakultas Syariah, Ar-Raniry, 2014.

Irfan Fernando, Tinjauan Yuridis Sosiologis Terhadap Uapaya Preventif Dan Penanggulanggan Kasus Anak Pelanggar Lalulintas Menurut Hukum Islam (Studi Kasus Di Polresta Kota Banda Aceh), Skripsi Fakultas Syariah, Ar-Raniry 2017.

Raizah, Efektifitas Penegakan Hukum Bagi Residivis Pencurian Menurut Hukum Islam (Studi Kasus Di Gampong Kedai Runding Kecamatan Kluet Selatan, Kabupaten Aceh Selatan, Skripsi Fakultas Syariah, Ar-Raniry




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/legitimasi.v8i2.5853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Muhammad Iqbal, Novia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Legitimasi: Jurnal Hukum Pidana dan Politik Hukum has been indexed by:

                                     
 
P-ISSN 2088-8813
E-ISSN 2579-5104

Published by Islamic Criminal Law Department, Faculty of Sharia and Law, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Creative Commons License