في مادة "الأسرة والبيت " للمدرسة العالية الإسلامية E Handout تصميم

Ayyasi Farah, Salma Hayati, Suhaimi Suhaimi

Abstract


Mempersiapkan materi ajar yang inovatif sangat penting untuk memudahkan guru dan siswa dalam pembelajaran. Di lapangan masih jarang guru Bahasa Arab yang menyiapkan materi ajar yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk E-Handout untuk pembelajaran Bahasa Arab. Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Dalam penelitian ini terdapat sepuluh Langkah, namun peneliti hanya menggunakan enam langkah saja yaitu analisis kebutuhan dan masalah, pengumpulan informasi, desain Produk, validasi produk, revisi produk, dan pengujian produk. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara dan angket. Sampel dan informan yang digunakan peneliti adalah 27 siswa, dan 4 dosen. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan teori Miles & Hubberman dan analisis kuantitatif dengan persentase (%). Hasil penelitian adalah : (1) guru tidak menggunakan bahan ajar sehingga sebagian besar siswa merasa bosan dan tidak termotivasi dalam pembelajaran Bahasa Arab dan dari penelitian sebelumnya tidak terdapat E-Handout dalam pembelajaran bahasa Arab, (2) Data yang digunakan untuk desain E-Hadout bahasa Arab yaitu Microsoft Word, Pinterest & Canva, (3) telah dihasilkan E-Handout Bahasa Arab yang inovatif, (4) Hasil Validasi dari aspek isi, Bahasa 88,3% dan Desain 100%, bahwa E-Handout yang didesain telah layak untuk digunakan dengan saran perbaikan, (5) telah menghasilkan E-Handout bahasa Arab yang menarik, inovatif, sederhana, dan mudah untuk digunakan, (6) Hasil pengujian menunjukkan bahwa buku pengembang efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab. Peneliti menemukan hasil Paired Samples T Test pada tingkat signifikansi (Sig) 0,00 < (Sig) 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak.


Keywords


Desain, E-Handout.

Full Text:

PDF

References


المراجع

إبراهيم عمر يحياوي. 2016. تأثير تكنولوجيا الإعلام والإصال على العملية التعليمية في الجزائر. دار اليازوري العلمية.

رجاء محمود. 1989. مدخل إلى مناهج البحث الرتبوي. الطبعة الأولى. الكويت : مكتبة الفلاح.

سمر احمد مصباح قنونه. رئية فنية لرسوم تصميم أزياء النساء في ضوء المعالجات التشكيلية للخامات البيئية.

صالح بن حمد العساق. 1316. المدخل إلى البحث في العلوم السلوكية. مكتبة العيكان. الرياض.

المراجع الإندونيسية

Abdiah Badriati. 2022. Pengembangan E-Handout Berbasis Mind Mapping dan Gambar Pada Materi Ekosistem di SMP Negeri Woyla. Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi

Ammirillah dan Esty Handa. 2018. Pengembangan Handout Berbasis Pendekatan Realistik Pada Materi Bangun Datar di SMP Kelas VII. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika.

Abdhul Yusuf. 2023. Cara Membuat Handout, Jenis, dan Fungsinya. https://deepublishstore.com/blog/handout-adalah/.).

Anindya dkk. 2020. Analisis Bahan Ajar Handout Terhadap Minat Belajar Siwa Muhammadiyah 01 Medan. Medan: Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia.

Ayuningrum Erlina Dwi dan Wahyu Dwi Mulyono. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan E-Handout Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Dan Teknik Pengukuran Tanah, Jurnal kajian Pendidikan Teknik Bangunan (JKPTB),.8.1. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Elma Andryanti, Alfina dkk. 2021. Perancangan Handout Menggambar Flora untuk Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Parepare, Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Kokasih. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Jakarta Timur : Bumi Aksara.

Febrianto, R. 2018. Pengembangan Handout Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa

Herman dkk. 2022. Teknologi Pengajaran. Sumatera Barat : Global Eksekutif Teknologi.

Hidayat Nandang sari. 2012. Problematika Pembelajaran Bahasa Arab, Jurnal Pemikiran Islam (37)(1). UIN Suska Riau.

Helmanda Rifli dkk. 2012. Pengembangan Handout Matematika Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Siswa SMP Kelas VII Semester 2. Jurnal Pendidikan Matematika (1)(1)

Indonesia. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 2(2)

Listyowati Titin. 2022. Pengembangan Handout Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEAM) Bernuansa Islami Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. (Skripsi, Universitas Islam Negeri raden Intan).

Lihat Penelitian Lina Roesmawati dkk. 2022. Pengembangan Handout Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Reog Pada Pembelajaran IPS Untuk Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah.

Lihat Penelitian Nur Imamah. 2022. Pengembangan Handout Berbasis Peninggalan Budaya Lokal Menhir Pada Materi Dimensi Tiga Untuk Siswa Kelas XII Di MA Zainul Bahar Wringin Bobdowoso. Jember: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Lihat Penelitian. Clarissa dkk. 2023. Pengembangan Bahan Ajar Interaktif IPA Materi Sistem Peredaran Kelas V Sekolah Dasar. Fondatia.

Muradi Ahmad. 2013. Tujuan Pembelajaran Bahasa Asing (Arab) di Indonesia. Jurnal Al-Maqo.

Muslich Mnsur. 2010. Textbook Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Program Pasca Sarjana Pendidikan Fisika UAD.

Majid Abdul. 2009. Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Rosdakarya Offset.

Nurhaida. 2018. Penggunaan Media Bahan Ajar Handout Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Menengah Pertama. Pekan Baru. Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora, 4(2).

Nabila Yogi dkk. 2022. Validitas E-Handout berbasis konstekstual pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Untuk Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Guru, 4(2).

Sanjaya Winna. 2008. Strategi Pembelajaran Beririentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Grouf.

Sudjana, Nana. 2010. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Sinar Baru Algensindo.

Sidik Tri Raharjo. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Handout Sistem Penerimaan Televisi di SMK PIRI Yogyakarta. Indonesian Journal of Conservation. 2(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ls.v14i1.23584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ayyasi Farah, Suhaimi Suhaimi, Salma Hayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Lisanuna
Jurnal Lisanuna©2024/2025, Published by Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA),  Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh
All rights reserved
=================
To be Indexed by:

 

Flag Counter