INTEGRASI BAHASA ARAB KEDALAM ILMU-ILMU KEISLAMAN PADA PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) FTK UIN AR-RANIRY

Usman Husen

Abstract


Bahasa merupakan alat untuk memperoleh ilmu keislaman, terutama untuk menguasai maksud Al-Qur’an dan hadith. Selanjutnya penuntut ilmu keislaman dapat memahami buku-buku dalam berbagai khazanah disiplin keislaman, seperti fikih-ushul fikih, sejarah kebudayaan Islam, ‘aqidah, akhlak dan lain-lain. Oleh karena itu sumber rujukan ilmu keislaman banyak ditulis dalam bahasa Arab. Maka untuk menguasai ilmu keislaman secara lebih mendalam, maka integrasi Islam dengan sain harus mampu merujuk pada sumber-sumber yang berbahasa Arab. Untuk mengatasi masalah tersebut maka perlu dilakukan desain pembelajaran ilmu-ilmu keislaman dengan terintegrasi dengan bahasa Arab melalui desain ulang pembelajarann PAI secara baik dan mengelola pembelajaran ilmu-ilmu keilaman pada prodi PAI yang terintegrasi ke dalam bahasa Arab dalam semua komponen pendidikan.

Keywords


Integrasi, Materi Bahasa Arab, Ilmu-Ilmu Keislaman

Full Text:

PDF

References


Abdul Hamid dan Mustofa Bisri, Pembelajaran Bahasa Arab Pendekatan, Metode, Strategi, Materi dan Media. Malang: UIN-Malang, 2008.

Abu Mu‘adz, (relawan Mesir yang menyampaikan ceramah tahun 2112 di Dayah Nurul Awal dan mengajar di Dayah darul Ihsan Krueng Kale, Aceh Besar.

Ahmad Hasan Muhammad ‘Ali, Bina’ Barnamaj Mutakamil Fi al-Din al-Islamiy, Li Darisisy al-Lughah al-‘Arabiyah Wa Ta’twiruhu ‘Ala Tanmiyat al-Qira’ah Wa al-ittijah Nahwa Ta ‘allum al-Lughah al-‘Arabiyah. azhar-ali. Com.

Ali Ahmad Madkur, Manhaj al-Tarbiyah, Asasiyatuhu Wa Mukawwanatuhu, Kairo, al-Matba ‘ah al-Fanniyah 1993.

Fakultas Pendidikan dan Keguruan UIN Ar-Raniry (team), Panduan Akademik dan Penulisn Skripsi tahun2014.

Fathy Yunus, Tasmim Manhaj Li Ta‘lim al-lughah al-‘Arabiyah Lil al-Ajanib, Kairo, Dar al-Thaqafah, 1978.

Ismail Ibn Kathir, Tafsir al-Qur’an al-‘Adzim, Damaskus, 1998.

Judat al-Rikabi, Turuq Tadris al-Lughah al-‘Arabiyah, (Dar al-Fikri, Beirut, cet X, tahun 2005.

Mahmud Kamil Naqah, Ta’lim al-lughah al-‘Arabiyah li al-Natiqin bi Lughat Ukhra

Muhammad ‘Abdul Qadir Ahmad, Turuq Ta‘lim al-Tarbiyah al-Islamiyah, cet I, Mesir, Makatabah al-Nahdah al-Misriyah, 1981.

Mustafa al-Ghalayaini, Jami‘ Durus al-Lughah al-‘Arabiyah, juz I, (Beirut al-Maktabah al’Asriyah, Thahun 2000.

Wina Sanjaya, Pembelajaran dalam Implementasi Kuriikulum Berbasis Kompetensi,(Jakarta, Kencana, Tahun 2006), hal 2

www.Arabic2world.com rehabzanaty @yahoo.com.

www.q8yat.com.archive/index, dikutip dari Abu Syattat, tahun 2005, hal 28.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/l.v5i1.857

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Usman Husen

License URL: jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lisanuna/article/view/857

Jurnal Lisanuna
Jurnal Lisanuna©2022/2023, Published by Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA),  Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh
All rights reserved
=================
To be Indexed by:

 

Flag Counter