GANGGUAN DALAM PEMBELAJARAN ONLINE PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (DISTRACTION IN ONLINE LEARNING OF ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION)

Rakhmad Mulyana Rakhmad Mulyana, Miswar Saputra Miswar Saputra

Abstract


ABSTRAK

Pembelajaran tatap muka di masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang lalu tidak optimal dilaksanakan, sehingga dialihkan dengan pembelajaran online secara jarak jauh yang terpisah antara pendidik dan peserta didik. Namun dalam pelaksanaan pembelajaran online didapati adanya gangguan terhadap lancarnya proses pelaksanaannya. Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan landasan berfikir terhadap awal mula Pembelajaran online dilaksanakan dan menguraikan bentuk gangguan belajar online beserta alternatif solusi. Metode penulisan ini dilakukan melalui kajian pustaka dengan menjelajahi literatur-literatur secara manual dan online seperti buku, jurnal ilmiah maupun sumber bacaan lainnya terkait bahasan pembelajaran online beserta gangguan-gangguan yang terjadi dalam pelaksanaannya. Secara umum gangguan yang muncul terdapat pada tiga aspek, yaitu aspek pendidik yang masih minim penguasaan teknologi informasi, aspek peserta didik yang juga masih minim menguasai teknologi media belajar online maupun minimnya ekonomi keluarga, serta pada aspek belum meratanya ketersediaan layanan sinyal jaringan telekomunikasi informasi. Karena itu, perlu upaya pembenahan pengembangan sumber daya manusia pendidik dan peserta didik melalui pembinaan dan pelatihan penguasaan teknologi yang dilakukan oleh stakeholder pendidikan khususnya pendidikan agama Islam, serta upaya pemerataan dan penguatan sistem jaringan teknologi informasi oleh penyedia jasa telekomunikasi untuk mengatasi gangguan-gangguan yang terjadi pada pembelajaran online tersebut.


Keywords


offline; online; learning; distraction; internet

References


DAFTAR PUSTAKA

Angela Merkel, 2014. “The Chancellor and Her World”. Alma Books (di akses pada https://id.wikipedia.org/wiki/Revolusi_Industri_4.0)

Geer, S. “Essential Internet”. 2003. The Economist Newspaper Ltd. London.

Kagermann, H., Lukas, W.D., & Wahlster, W. 2013. “Final report: Recommendations for implementing the strategic initiative INDUSTRIE 4.0. Industrie 4.0 Working Group. (Dikutip melalui Hoedi Prasetyo dan Wahyudi Sutopo. 2017. “Industri 4.0: Telaah Klasifikasi Aspek Dan Arah Perkembangan Riset”, Jurnal Teknik Industri, Vol. 13, No. 1, Januari 2018.

Khoir, H. M., Murtinugraha, R. E., & Musalamah, S. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian”. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil: 9(1)

Kuntum An Nisa Imania, Siti Khusnul Bariah 2019. “Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring”. Jurnal PETIK: Vol 5.

Muchlas. 2013. “Pengembangan Model Pembelajaran Online Untuk Praktik Teknik Digital Di Perguruan Tinggi”. Disertasi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Mulyasa. 2013. “Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013”. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Oblinger, D. G., Baron, C. A. & Hawkins, B. L. 2001. “Distributed Education And Its Challenges: An Overview”. American Council on Education. Washington.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 pendidikan anak usia dini.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah.

Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan.

Shivangi Dhawan. 2020. “Online learning: A Panacea In The Time of COVID-19 Crisis.” Journal of Educational Technology Systems: Vol. 49 (1), 5–22. The Author(s) Sage. 2020.

Shinde, S. S. “Computer Network”. 2009. New Age International (P) Limited Publishers. , New Delhi.

Sudirman Siahaan. 2005. “Pemanfaatan Teknologi Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh”. Jurnal Teknodik: Juni 2005. Nomor 16: 29-44, Pustekkom Depdiknas. Jakarta.

Syaiful Bahri Djamarah. 2011. “Psikologi Belajar”. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Vandana Singh, & Alexander Thurman. 2019. “A, How Many Ways Can We Define Online Learning? A Systematic Literature Review Of Definitions Of Online Learning (1988-2018)”. American Journal of Distance Education: 33(4).

Venera-Mihaela Cojocariu, Iulia Lazar, Valentin Nedeff, Gabriel Lazar, “SWOT Analysis Of E-Learning Educational Services From The Perspective Of Their Beneficiaries, Procedia-Social and Behavioral Sciences: 116.

Pustaka Online

https://id.wikipedia.org/wiki/Pandemi_COVID-19#covid19-container

https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

https://idcloudhost.com/mengenal-apa-itu-era-revolusi-industri-4-0-dampak-dan-mengatasi-nya/, yang diakses tanggal 4 Desember 2020 pukul 13.39 WIB.

https://www.zenius.net/blog/21104/revolusi-industri-4-0 yang diakses tanggal 4 Desember 2020 pukul 13.43 WIB.

https://tekno.kompas.com/read/2020/09/15/10410097/media-asing-soroti-kesulitan-siswa-dan-guru-di-indonesia-belajar-online?page=all




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v13i3.20457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rakhmad Mulyana Rakhmad Mulyana, Miswar Saputra Miswar Saputra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 This journal has been indexed by:

CopernicusGoogle ScholarSinta 3DOAJMorarefGarudaCrossRef BASE

 JURNAL MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .
except where otherwise noted.