Upaya Pesantren Dalam Menjaga Tradisi Sanad Keilmuan Di Era Society 5.0

Faizatul Ulya, Khoirun Nikmah

Abstract


Salah satu tradisi pesantren adalah adanya sanad keilmuan. Sanad keilmuan yang ada dipesantren berbeda dengan lembaga pendidikan yang lainnya, karena keotentikan ilmu  Kyai dan santri dapat dilihat dari sisi kredibilitas sanad keilmuan yang bersambung sampai Rasulullah SAW. Namun dengan seiring berjalannya waktu, pesantren harus mengawal perubahan zaman yang telah masuk ke Era Society 5.0 yang ditandai oleh kecerdasan buatan yang berkembang secara pesat dan menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, informasi agama yang luas, sehingga dapat dikonsumsi semua orang, termasuk santri. Tentunya hal ini dapat menimbulkan kesulitan dalam menyaring keaabsahan data maupun kebenaran informasi agama yang didapat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan bentuk penelitian kepustakaan (library research).  Hasil penelitian ini adalah pentingnya kebenaran sanad keilmuan pesantren yang harus dijaga dan dipertahankan di Era Society 5.0. Dengan adanya penelitian ini diharapkan mampu mempertahankan kredibilits sanad keilmuan pesantren yang bersambung sampai Rasulullah SAW. Dan dengan adanya tulisan ini dapat membantu pembaca dalam memfilter segala data dan informasi keagamaan yang tidak sesuai dengan ajaran agama Islam.

Keywords


Pesantren; Sanad Keilmuan; Era Society 5.0

References


Bisyri, M. (2020). Tradisi Sanad Al-Qur’an: Studi Pengembangan SDM Guru Tahfizh di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Tangerang (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta).

Dahlan, F. (2016). Sosiologi Pesantren: Dialektika Tradisi keilmuan pesantren dalam merespo dinamika masyarakat (potret pesantren di lombok nusa Tenggara barat) NTB: IAIN Mataram.

Ersi, E., & Zainuddin, Z. (2023). PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM TRADISIONAL MENGHADAPI ERA SOCIETY 5.0. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 8(1), 283-298.

Ferdinan, M. (2016). Pondok pesantren dan ciri khas perkembangannya. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 12-20.

Hakim, T. L. (2021). KEDUDUKAN SANAD KEILMUAN KIAI DALAM PROSES PEMBENTUKAN AKHLAK SANTRI (Studi Kasus Pondok Pesantren Manarul Huda Ciamis). Online Thesis, 15(2).

Handoko, H. (2021). MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DI ERA 5.0. PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS DHARMAWANGSA, 1(1), 63-69.

Haris, M. A. (2023). URGENSI DIGITALISASI PENDIDIKAN PESANTREN DI ERA SOCIETY 5.0 (Peluang dan Tantangannya di Pondok Pesantren Al-Amin Indramayu). Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(01), 49-64.

Hasanah, U. (2015). Pesantren Dan Transmisi Keilmuan Islam Melayu-Nusantara; Literasi, Teks, Kitab Dan Sanad Keilmuan. 'Anil Islam: Jurnal Kebudayaan dan Ilmu Keislaman, 8(2), 203-224.

Karimah, U., Mutiara, D., Rizki, R., & Farhan, M. Pondok Pesantren dan Tantangan: Menyiapkan Santri Tangguh di Era Society. Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam, 6(1), 42-59.

Marzuki, M., Santoso, B., & Ghofur, M. A. (2021, December). Penguatan Peran Pesantren untuk Membangun Pertahanan Umat Islam Indonesia di Era Society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO) (Vol. 3, pp. 269-278).

Muhakamurrohman, A. (2014). Pesantren: Santri, kiai, dan tradisi. IBDA: Jurnal Kajian Islam Dan Budaya, 12(2), 109-118.

Nita, Y. A., Muhammad, M., Anida, A., & Alkhalidi, A. (2023). KOMPETENSI SOSIAL GURU AGAMA ISLAM DI ERA SOCIETY 5.0 DAN IMPLEMENTASINYA. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 13(1), 39-53.

Qomariyah, N., & Darwis, M. (2023). Peran Pondok Pesantren Salaf di Era Society 5.0. Risalatuna: Journal of Pesantren Studies, 3(2), 220-234.

Rofiq, A. (2019). Tradisi Slametan Jawa dalam Perpektif Pendidikan Islam. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 15 (2), 93-107.

Saleh, Muhammad Dawami. (2019). Jalan Ke Pesantren (Jakarta : PT Dunia Pustaka Jaya, 2004, ISBN 979-419-324-0).

Sawitri, D. (2023). Internet Of Things Memasuki Era Society 5.0. Jurnal Komputer, Informasi Teknologi, dan Elektro, 8(1).

Shiddiq, A. (2015). Tradisi Akademik Pesantren. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 218-229.

Sodik, J. (2020). Genealogi Keilmuan Fikih Dan Konsep Sanad Dalam Pendidikan Islam Di Pesantren Salaf (Studi Pada Pondok Pesantren Salaf Al-Mubaarok Manggisan Wonosobo) (Doctoral dissertation, IAIN SALATIGA).

Suparjo, S., Nurul, A., & Sutrimo, P. (2020). Trend Pengembangan Keilmuan Era Digital di Kalangan Pelajar Pondok Pesantren.

Syafi'i, S. (2020). Urgensitas Sanad Sebagai Modal Sosial Pesantren Dalam Deradikalisasi Islam. The International Journal Of Pegon: Islam Nusantara Civilization, 3(01), 161-190.

Syahri, Z. (2022). Tradisi Keilmuan Pesantren di Indonesia. In Prosiding AnSoPS (Annual Symposium on Pesantren Studies) (Vol. 1, No. 1, pp. 60-66).




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v14i1.20668

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Faizatul Ulya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

      

          

The Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam (ISSN 2089-5127, e-ISSN 2460-0733) is published by the Center for Research and Community Service (LP2M) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia. Copyright © 2022 Author.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License