Pengembangan Bahan Ajar PAI Berbasis Nilai-Nilai Toleransi Dalam Pemahaman Islam Wasathiyah di SMK Kreatif Hasbulloh Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

Nur Halimah, Machnunah Ani Zulfah, Muhammad Fodhil, Muhamad Khoirur Raziqin

Abstract


Pengembangan bahan ajar PAI berupa scrapbook berbasis nilai-nilai toleransi dalam pemahaman Islam Wasathiyah diharapkan meningkatkan pengetahuan agama Islam peserta didik, sehingga semakin mudah dalam menangkal adanya radikalisme serta intoleran. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar PAI berbasis nilai-nilai toleransi dalam pemahaman Islam wasathiyah serta untuk mengetahui efektifitas dari pengembangan bahan ajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Metode yang digunakan adalah pengembangan atau disebut Research and Development (R&D) dengan model pengembangan kemp yang memiliki delapan tahapan, yaitu, menentukan tujuan dan daftar topik, analisis karakteristik peserta didik, menetapkan tujuan, menentukan materi, penilaian awal, pemilihan media/sumber pembelajaran, pelayanan pendukung, dan revisi. Penelitian dilakukan di SMK Kreatif Hasbulloh Bahrul Ulum Tambakberas Jombang dengan sampel 19 peserta didik. Hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakana scrapbook mengalami peningkatan dengan rata-rata pre test 65,53 sedangkan post test 87,89. Perolehan hasil uji t dengan taraf kesalahan 0,05 menunjukkan bahwa bahwa thitung > ttabel yang berarti thitung lebih besar dibandingkan ttabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga terdapat perbedaan nilai peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan scrapbook. Jadi, dapat disimpulkan bahwa scrapbook dapat dinyatakan efektif dan layak menjadi bahan ajar yang digunakan sebagai penunjang pada mata pelajaran PAI di SMK Kreatif Hasbulloh Tambakberas Jombang.


Keywords


Pendidikan Agama Islam, scrapbook berbasis nilai-nilai toleransi



DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v14i1.23007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nur Halimah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

      

          

The Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam (ISSN 2089-5127, e-ISSN 2460-0733) is published by the Center for Research and Community Service (LP2M) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia. Copyright © 2022 Author.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License