Analisis Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar (Analisis Telaah Kurikulum PAI di SD Negeri Jati Padang 01 Jakarta)

Aqilah Aqilah, Mutiara Anggi Pratiwi, Muhammad Zuhdi

Abstract


Penerapan kurikulum di Indonesia saat ini menghadapi beberapa tantangan yang mempengaruhi efektivitas pendidikan. Transisi perpindahan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Indonesia merupakan sebuah perubahan besar yang dirancang untuk meningkatkan fleksibilitas dan relevansi pendidikan agama bagi siswa. Proses ini melibatkan berbagai tantangan dan langkah-langkah adaptasi yang harus dilalui oleh guru, siswa dan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis standar isi dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan implementasinya di SD Negeri Jati Padang 01, adapun obyek penelitian ini adalah kurikulum PAI dan implementasinya di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang dipakai adalah metode kualitatif  dengan pendekatan fenomenologi di mana peneliti hadir pada tempat penelitian dengan pengalaman obyektif partisipasi terhadap fenomena yang diangkat, informasi juga diperoleh dari observasi, dokumentasi dan wawancara, kemudian digambarkan dalam bentuk narasi tertulis sebagai temuan di lapangan yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran-gambaran pelaksanaan kurikulum Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian menggambarkan bahwa pelaksanaan Kurikulum di  SD Negeri Jati Padang 01 Jakarta sudah menerapkan kurikulum merdeka secara bertahap, adapun pelaksanaan kurikulum Pendidikan Agama Islam sudah terlaksana dengan baik tidak hanya dilaksanakan oleh guru Pendidikan Agama Islam sendiri, tetapi seluruh kegiatan keagamaan yang terdapat dalam kurikulum Pendidikan Agama Islam dapat terlaksana karena ada kolaborasi dengan seluruh guru kelas. Terdapat kendala dalam pelaksanaan yaitu karena keterbatasan sarana prasarana dan pembiayaan.


Keywords


Analisis, Kurikulum, Sekolah dasar.

References


Daradjat, Zakiah, dkk. 1992. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Fauzan, Fatkhul Arifin,. 2022. Desain Kurikulum Dan Pembelajaran Abad 21. . Jakarta: Prenadamedia Group,.

Hidayat, Sholeh. 2013. Pengembangan Kurikulum Baru . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Idi, Abdullah. 2007. Pengembangan Kurikulum Teori Dan Pratik. Yogyakarta: Ar -Ruzz.

Junaidi, Aris Junaidi, dkk. n.d. “Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Di Era Industri 4.0 Untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.”

Lismina. 2018. Pengembangan Kurikulum Di Sekolah Dan Perguruan Tinggi. Edited by Gianto. Sidoarjo: Uwaish Inspirasi Indonesia.

Majid, Majid, Dian Andayani. 2004. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

S. Nasution. 2012. Kurikulum Dan Pengajaran,. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina. 2005. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum Dan Pembelajaran: Teori Dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Prenadamedia Group.

Sukmadinata, Nana Saodih, dkk. 2008. Pengendalian Mutu Sekolah Menengah: Konsep, Prinsip Dan Instrumen. Bandung: Refika Aditama.

Sumarsih, Ineu, Teni Marliyani, Yadi Hadiyansah, Asep Herry Hernawan, and Prihantini Prihantini. 2022. “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6 (5): 8248–58. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216.

Ulinniam, Hidayat, Ujang Cepi Barlian, and Yosal Iriantara. 2021. “Penerapan Kurikulum 2013 Revisi Di Masa Pandemi Pada SMK IBS Tathmainul Quluub Indramayu.” Jurnal Pendidikan Indonesia 2 (1): 118–26. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i1.74.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v14i3.23860

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mutiara Anggi Pratiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

      

          

The Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam (ISSN 2089-5127, e-ISSN 2460-0733) is published by the Center for Research and Community Service (LP2M) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia. Copyright © 2022 Author.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License