Marfologi Nabatiyah Dalam Perspektif Pendidikan Islam (Kajian Pemikiran Ibnu Sina).

Mizan Maulana

Abstract


Tumbuh-tumbuhan bagian penting dari kehidupan manusia. Tumbuhan mendapatkan perhatian cukup besar dalam Islam bahkan dari tumbuhan lah lahirnya banyak hukum fiqih dan lainnya. Marfologi tumbuhan dalam Al-Qur’an jadi bukti kuat mengapa harus memusatkan perhatian terhadap kajian ini. Penelitian ini bersifat library research dengan sumber rujukan Al-Qur’an, Hadits Nabi, pendapat ulama, hasil kajian dan penelitian relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Dalam Al-Qur’an terdapat marfologi umum tumbuh-tumbuhan sebanyak 115 kali dari berbagai surat. Marfologi tumbuhan dan menyandingkan dengan pemikiran Ibnu Sina menemukan pembahasan mengenai jiwa tumbuhan, Jiwa tumbuh-tumbuhan (an-Nafsul Nabatiyah), yakni mempunyai tiga daya yakni; (1) makan (Daya nutrition), yang mengubah makanan menjadi bentuk tubuh, dimana daya tersebut ada didalamnya; (2) tumbuh (growth), yang menambah kesesuaian pada seluruh bagian tubuh yang diubah karena makanan, baik dari segi panjang, lebar maupun volume; (3) berkembang biak (reproduction) yang mengambil dari tubuh suatu bagian yang secara potensi sama, sehingga terjadi proses penciptaan dan penyampuran yang membuatnya sama secara nyata.


Keywords


Marfologi, Tumbuhan, Ibnu Sina.

References


Fitra Ramdani Ointu. 2021. TAFSIR TARBAWI: Morfologi Tumbuhan Dalam Perspektif Al-Quran, Tesis. Lihat: https://ejournal.unib.ac.id/ .

Fitriana Hoyrunnisa, Penciptaan Tumbuhan dalam Kajian Tafsir Ilmi, Lampung. UIN Raden Intan Lampung.

Hayatul Husni. 2017. Morfologi Tumbuhan Menurut Perspektif Al-Qur’an, Jakarta. PIIA.

M Suswandari. 2021. Peran Guru Menstimulus Respon Siswa Melalui Teori Belajar Behavioristik Teacher’S Role Stimulates Students’ Response Through Behavioristic Learning Theory. Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development Avaliable, Vol. 1, No. 1.

Mohd. 2022. Najmi Adlani Siregar, Tumbuhan Dalam Perspektif Ibnu Sina, AL-ULUM: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 3, N0. 1; 46-55.

Mohd. Najmi Adlani Siregar, Tumbuhan Dalam Perspektif Ibnu Sina, AL-ULUM JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, Vol. 3, No. 1; 46-55.

Muhammad Mutawali. 2021. Tafsir Ijmali Sebagai Metode Tafsir Rasulullah, Jurnal Pemikiran dan Hukum Islam, Vol. 7. No. 1; 5-7.

Sahihal-Bukhariy, Kitab al-Tibb, bab Habbatus al-Sawda’, Hadith Nomor; 5363.

Saipolbarin Ramli dan Ahmad Fikri Husin. 2015. Kajiansejarah Terhadap Tumbuh-Tumbuhan Dalam Al-Qur’an Al-Karim: Satu Tinjauan (Historical Study of Plants in Holy Al-Quran: AReview), Jurnal al-Tamaddun, Vol. 10, No. 2; 17-34.

Syaiful Rizal. 2020. Manfaat Alam Dan Tumbuhan “Sumber Belajar Anak” Dalam Perspektif Islam, CHILDHOOD EDUCATION: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 1, No. 2; 96-107.

Tiam, Sunardji Dahri. 2014. Historiografi Filsafat Islam: Corak, Periodesasi dan Aktualitas. Malang Jatim: Intras Publishing.

Ulfah, Dkk. 2022. Kepemimpinan Pendidikan di Era Revolusi Industri, Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol. 5, No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v14i3.24038

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 muhammad Ar Waled

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

      

          

The Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam (ISSN 2089-5127, e-ISSN 2460-0733) is published by the Center for Research and Community Service (LP2M) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia. Copyright © 2022 Author.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License