KONTRIBUSI MOTIVASI MENGAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM PENGGUNAAN METODE CERAMAH GURU MADRASAH TSANAWIYAH
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agus Supriyanto dan Fitrah Fajariah, “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam: Studi Kualitatif Naturalistik di SMA Martia Bhakti Bekasi,” Turats: Jurnal Fakultas Agama Islam; 8, 1 (2012): 76-82
Anas Sudijono, Metode Penelitian Kombinasi, (Bandung: Alfabeta, 2012), h. 45. Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), (Bandung: Alfabeta, 2014), h. 123
Armai Arief, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputat Pers, 2002), cet. ke -1, h. 135. Syahraini Tambak, Pendidikan Agama Islam: Konsep Metode Pembelajaran PAI, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014), h. 28. Abuddin Nata, Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011), h. 181. Ahmad Tafsir, Metodologi Pembelajaran Agama Islam, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003), cet -7, h. 9. Zakiah Daradjat, et. al., Metodik Khusus Pembelajaran Agama Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1995), h. 1.
Asyari, “Kecerdasan Emosional Meningkatkan Kreativitas Guru dalam Mengajar,” El-Hikmah: Jurnal Kajian dan Penelitin Pendidikan Agama Islam; 10, 2 (2016): 179-188
Binti Maunah dan Muh. Habubulloh, “Kecerdasan Emosional Guru dalam Membina Moralitas Peserta Didik,” Realita: Jurnal Penelitian dan Kebudayaan Islam; 13, 1 (2015): 45-58
Bruce W Tuckman, Analyzing Social Education Research Data, (London: McGraw Hill Book Co.), 1978
Burju Ratih, “Pengaruh Kemampuan Komunikasi Antarpribadi dan Motivasi Mengajar Guru terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Atas Jakarta Timur,” Teraputik: Jurnal Bimbingan dan Konseling; 1, 1 (2017): 53-59
Fatmasari, “Pengaruh Motivasi Kerja dan Kemampuan Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Gugus II Kecamatan Kebayakan Kabupaten Aceh Tengah,” Jurnal Ilmiah Didaktika; 14, 2 (2014): 154-169
Haryono Suhendro, “Hubungan Iklim Organisasi Sekolah, Kecerdasan Emosional, dan Penetahuan Teknologi Informasi dengan Profesionalisme Guru SMK Produtif,” Jurnal Teknologi Kejuruan dan Pengajarannya; 32, 1 (2009): 36-48
Imam Solihul Hadi, “Pengaruh Iklim Organisasi dan Motivasi Mengajar terhadap Kinerja Profesional Guru SMA, SMK, dan MA Muhmamadiyah di Kabupaten Kudus,” Quality: Jurnal Pendidikan Islam; 4, 1 (2016): 199-216
Inah dan Ety Nur, “Pengaruh Metode Ceramah Plus dan Resitasi terhadap Prestasi Belajar Statistik Pendidikan Siswa Tarbiyah STAIN Kendari”, al-Izzah, 2014, 9 (1): 103-122
Jamiluddin Yacub, “Produktivias Kinerja Guru dan Motivasi Mengajar,” Assalam: Jurnal Studi Hukum Islam dan Pendidikan; 1, 1 (2012): 39-51
Jazariyah, “Signifikansi Brain Based Learning Pendidikan Anak Usia Dini,” Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 11, No. 1, (2017); h. 1-24
Jon Helmi, “Penerapan Konsep Silberman dalam Metode Ceramah pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,” Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan; 8, 2 (2016): 212-245
Masdudi, “Pengembangan Kecerdasan Emosional Guru PAUD dalam Pembelajaran,” Awlady: Jurnal Pendidikan Anak; 2, 1 (2016): 23-49
Melinda Massa Yassar, “Keerdasan Emosional Guru Matematika dalam Membangun Karakter Siswa,” Suska Journal of Mathematic Education; 4, 1 (2018): 41-49
Moh. Mansur Fauzi, “Kecerdasan Emosional Menurut Luqman al-Hakim (Studi Analisis Surat Luqman Ayat 12-19),” al-I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam; 4,1 (2017): 50-71
Muhtarom, “Supervisi Pembelajaran Kepala Madrasah dan Motivasi Mengajar dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru MI di Kecamatan Kota Kudus.” Quality: Jurnal Pendidikan Islam; 4, 2 (2016): 372-386
Muwartiningsih, “Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Penguasaan Keterampilan Pembelajaran terhadap Produktivias Guru Mata Pelajaran Akuntansi,” Jurnal Dinamika Pendidikan; 4, 2 (2011): 154-168
Nashiruddin, Muhammad El Muhammadi dan Anharurrohman, “Korelasi Kreativitas dan Motivasi Kerja Guru terhadap Peningkatan Mutu Pembelajaran,” Indonesian Journal of Education Research; 1, 1 (2016): 51-57
Nur Fadilah, “Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Penerapan Card Sort Learning,” Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 11, No. 2, (2017); h. 157-176
Reza Ahmadiansah, “Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru SMK Muhammadiyah Salatiga,” INJECT: Interdiciplinary Journal of Communication; 1, 2 (2017): 223-236
Sakinah Fatwa dan Andi Diah, “Pengaruh Efektivitas Kepemimpinan, Kecerdasan Emosional, dan Efikasi Diri terhadap Komitmen Tugas pada Guru SMTA PKP Jakarta Islami School,” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam; 4, 2 (2015): 145-158
Satriani, “Inovasi Pendidikan: Metode Pembelajaran Monoton ke Pembelajaran Variatif (Metode Ceramah Plus),“ Jurnal Pendidikan Islam Iqra’, 2016, 10 (1): 1-19. M. Yusuf Ahmad & Syahraini Tambak, “Penerapan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Murid pada Pelajaran Fiqh,” Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 2018, 5 (1): 64-84
Sudirman dan Agus Hakri Bokingo, “Kinerja Guru Pasca Sertifikasi”, Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan; 13, 2 (2017): 98-104
Sulaiman Ngah Razali, Analisis Data dalam Penyelidikan Pendidikan, (Kuala Lumpur: Dewan Bahasa Pustaka, 1996), h. 78
Syahraini Tambak, 6 Metode Komunikatif Pendidikan Agama Islam, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014), h. 35. Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2002), h. 85-86
Tata Herawati Daulay, “Pengaruh Motivasi dan Metode Mengajar terhadap Prestasi Mata Kuliah Hadits Mahasiswa IAIN PAdangsidempuan,” Tazkir: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman; 2, 1 (2016): 91-110
Yasin Nurfalah, “Hubungan Kecerdasan Intelektual dengan Kecerdasan Emosional,” Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman; 26, 2 (2015): 264-286
Zartul Badiah, “Peranan Orangtua dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional dan Spiritual (ESQ) Anak dalam Perspektif Islam,” Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam; 8, 2 (2016): 229-254
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v10i1.5181
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Syahraini Tambak, Desi Sukenti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal has been indexed by:
except where otherwise noted.