PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN PTKIN DI ACEH
Abstract
Pembinaan adalah usaha yang dilakukan dengan sadar, berencana, teratur dan terarah untuk meningkatkan pengetahuan, perilaku dan ketrampilan subjek dengan tindakan, pengarahan dan bimbingan. Program Ma’had Al Jamiah merupakan program yang bertujuan untuk melahirkan generasi-generasi bangsa dan agama yang cerdas serta berakhlak mulia. Hari ini kita melihat begitu banyak generasi- generasi pendidikan yang memiliki pengetahuan dan berpendidikan tetapi mereka krisis moral dan hampir tidak bisa membaca Al-Qur’an sebagai pedoman hidupnya. Salah satu Program Ma’had Jami’ah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an Mahasiswa PAI PTKIN di Aceh dengan baik dan benar. Dari hasil observasi pada mahasiswa sebahagian besar belum mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, diantaranya prodi Pendidikan Agama Islam. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah Bagaimana upaya pendidik dalam pembinaan kemampuan membaca Al-Qur’an mahasiswa PAI pada program Ma’had Al-Jami’ah PTKIN di Aceh?, apa kendala dalam pembinaan kemampuan membaca Al-Qur’an mahasiswa prodi PAI melalui Program Ma’had Al-Jamiah PTKIN di Aceh?. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan mengunakan metode yang bersifat kualitatif. Data dikumpulkan melalui dokumentasi, wawancara, observasi dan angket, kemudian data tersebut dianalisis melalui deskriptif kualitatif. Usaha pembinaan kemampuan membaca Al-Qur’an pada program Ma’had Al-Jamiah sudah baik. Kemudian ada beberapa kendala yang dihadapi oleh mahasiswa prodi PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an mereka di Ma’had Al-Jamiah PTKIN di Aceh diantaranya bahagian besar mahasiswa kadang-kadang kurang serius dalam mengikuti pembinaan di ma’had Al-Jamiah, Kemudian pengaturan jadwal membaca Al-Qur’an kadang-kadang masih beradu dengan jadwal perkuliahan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahmat Fathori, (2011), Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi, (Jakarta: Rineka Cipta
Anas Sudijono, (2015), Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Daryanto, (1997), Kamus Bahasa Indonesia Lengkap, Surabaya: Apollo,
M. Burhan Bungin, (2007), Metode Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya, cet ke 1, Jakarta: Kencana
Margono, (2010), Metodologi Penelitian Pendidikan, Cet. VIII, Jakarta, Rineka Cipta
Margono.s, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, cet-8, Jakarta: Rineka Cipta
Muhammad Hasyim, 2002, Penentuan Dasar Kaidah Penelitian Masyarakat, Jakarta: Ilmu Jaya
Nasution S, (1988), Metode Riserch Penelitian Ilmiah, Jakarta: Bumi Aksara,
Suharsimi Arikunto, (1993), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, ( Jakarta: Rineka Cipta
Suharsimi arikunto, (2002), Penelitian Prosedur, Jakarta: Rineka Cipta
Sumadi Suryabrata, (2011), Psikologi Pendidikan, Cet ke 18, Jakarta: Raja Wali Pers.
Sutrisno Hadi, (1982), Metodelogi Research, Cet. 1 Yogyakarta: Yayasan Penerbit UGM
Team Dept.Tahsin Maqdis, (2003), Tahsin Tilawah, Bandung: Maqdis Perss.
Winarto surakhmat, (1995), Pengantar Penelitian Ilmiah, Bandung: IKIP
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v10i4.7891
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 FAKHRUL RIJAL, Tasnim Idris, Husni Husni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal has been indexed by:
except where otherwise noted.