Pentingnya Sikap Sabar Bagi Guru Pai Dalam Mengelola Kelas
DOI:
https://doi.org/10.22373/jm.v14i1.23292Keywords:
Sikap sabar, guru pendidikan agama Islam dan mengelola kelasAbstract
Sikap sabar merupakan aspek kunci dalam mengelola kelas. Sebagai guru pendidikan agama Islam tentunya harus menunjukkan sikap sabar dalam mengahadapi siswa pada saat pembelajaran di dalam kelas, oleh karenanya guru perlu memahami latar belakang siswa secara individual. Setiap siswa memiliki perbedaan dalam intelegensi, kemampuan kognitif dan bahasa, perkembangan kepribadian, dan perkembangan fisik. Dengan memahami latar belakang siswa secara individual, guru dapat merespons kebutuhan dan akhlakistik siswa dengan lebih baik, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan efektif. Kesabaran guru dalam menghadapi sikap dan perilaku siswa sangat penting. Apabila guru tidak memiliki sifat sabar, maka tujuan kegiatan belajar dan mengajar tidak akan tercapai dengan baik. Sikap sabar merupakan hal yang sangat penting bagi seorang guru dalam mengelola kelas, guru perlu memiliki sikap sabar yang tinggi dalam menghadapi berbagai tantangan dan situasi sulit yang mungkin terjadi selama proses pembelajaran didalam kelas. Sikap sabar ini memainkan peran penting dalam menciptakan suasana kelas yang kondusif, efektif, dan menyenangkan bagi siswa
References
Abd Haris, (2007) Pengantar Etika Islam (Sidoarjo : Al Afkar,).
Daud Ali, (2002). Muhammad, Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan, Pengelolaan Tugas Pokok dan Kode Etik
Postmodernisme dan Studi Kultural (Jakarta: Kompas,).
Siswanto, (2013), Etika Profesi Guru Pendidikan agama Islam, Pena Salsabila.
Abu Sahlan, (2010) Pelangi Kesabaran, (Jakarta: Elex Media Komputindo.
Muhammad Rabbi Muhammad Jauhari, (2006) Keistimewaan Akhlak Islami, terj. Dadang Sobar Ali, (Bandung Pustaka Setia
M.Quraish Shihab, Secercah Cahaya Ilahi, (2007). (Bandung :Mizan)
Ibnu Qayyim Jauziyah, Madarijus Salikin, Pendakian Menuju Allah: Penjabaran Konkrit: Iyyaka Na'budu wa Iyyaka Nasta'in. Terj. Kathur Suhardi, (Jakarta:Pustaka al-Kautsar 2003)
Achmad Mubarok, Psikologi Qur’ani, (2001). (Jakarta:Pustaka Firdaus)
Yasin, Ahmad Hadi. Dahsyatnya Sabar. (2009), (Jakarta: Qultum Media)
https://tafsirweb.com/1541-surat-an-nisa-ayat-9.html
Danim, S. (2011). Pengantar Pendidikan. Bandung : ALFABETA
Afandi, Nur Aziz. “Perwujudan Sabar Para
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights without restrictions. Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.