Distingsi Approaches, Strategies, Methods Dan Techniquies Dalam Pembelajaran PAI
DOI:
https://doi.org/10.22373/jm.v14i2.23412Keywords:
Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik, PembelajaranAbstract
Pendidik sebagai komponen yang penting dari unsur pendidikan memiliki tugas untuk melaksanakan proses pembelajaran dengan baik agar tujuan pembelajaran tercapai. Untuk itu kajian ini menelaah tentang distingsi antara pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran. Kajian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berusaha menelaah sumber-sumber penelitian ini. Temuannya, pendekatan dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran. Pendekatan ada 2 yaitu pendekatan yang berpusat pada guru (teacher- centred-approach) dan pendekatan yang berpusat pada siswa (student-centred-approach). Setelah memilih pendekatan, maka baru menentukan strategi pembelajaran. Tetapi strategi pembelajaran berbeda dengan metode pembelajaran. Strategi pembelajaran dapat dipahami sebagai a plan of operation echieving something (rencana kegiatan untuk mencapai sesuatu). Sedangkan metode pembelajaran adalah a way in achieving something (cara untuk mencapai sesuatu). Metode adalah cara yang dilakukan guru dalam pembelajaran di kelas sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Lebih lanjut ada teknik pembelajaran, yaitu cara yang dilakukan seseorang dalam rangka mengimplementasikan suatu metode agar berjalan dengan baik.References
An-Nahlawi, Abdurrahman. Prinsip-Prinsip Dan Metoda Pendidikan Islam Dalam Keluarga, Di Sekolah, Dan Di Masyarakat. Bandung: Diponegoro, 1992.
Anitah, Sri. “Strategi Pembelajaran Biologi.” Modul, 2007, 1–30.
Asy’ari, M. Kholil. “Metode Pendidikan Islam.” Qathruna 1, no. 1 (2014): 193–205.
Fadhlina Harisnur, and Suriana. “Pendekatan, Strategi, Metode Dan Teknik Dalam Pembelajaran PAI Di Sekolah Dasar.” Genderang Asa: Journal of Primary Education 3, no. 1 (2022): 20–31. https://doi.org/10.47766/ga.v3i1.440.
Fanani, Ahwan. “Mengurai Kerancuan Istilah Strategi Dan Metode Pembelajaran.” Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 2 (2014): 171–92. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.2.576.
Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
Hanafiah, Nanang. Konsep Strategi Belajar. Bandung: Refika Aditama, 2012.
Iif Khairu Ahmadi, Sofan Amri, Tatik Elisah. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu: Pengaruhnya Terhadap Konsep Pembelajaran Sekolah Swasta Dan Negeri. Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 2011.
Latif, Muhammad Abdul. “Pengembangan Metode Pendidikan Agama Islam Berbasis Kisah Qurani Sebagai Media Penanaman Karakter Islami.” Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education 2, no. 1 (2021): 21. https://doi.org/10.32832/itjmie.v2i1.3659.
Lukman Ali, Dkk. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1991.
Muhammad Abdul Qadir Ahmad. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
Rahardjo, Mudjia. “Interaksionisme Simbolik Dalam Penelitian Kualitatif.” Repository.Uin-Malang, no. March (2018): 1–5.
Rahardjo, Prof H Mudjia, and M Si. “Sejarah Penelitian Kualitatif,” n.d., 1–9.
Rerung, Nensy, Iriwi L S Sinon, and Sri Wahyu Widyaningsih. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiruNi 06, no. April (2017): 47–55. https://doi.org/10.24042/jipf.
Rinnie, Nurjannah. “Pendekatan Dan Metode Pendidikan Islam (Sebuah Perbandingan Dalam Konsep Teori Pendidikan Islam Dan Barat).” Jurnal: Management of Education 1, no. 1 (2015): 166.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group, 2009.
Senendar, Iskandarwassid dan Dadang. Strategi Pembelajaran Bahasa. IV. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Siregar, Raja Lottung. “Memahami Tentang Model, Strategi, Metode, Pendekatan, Teknik, Dan Taktik.” Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 1 (2021): 63–75.
Sudjana. Metode Dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production, 2001.
Sugiarto, Eko. “Penelitian Kualitatif Selayang Pandang.” Menyusun Proposal Penelitian Kuantitatif: Skripsi Dan Tesis, 2015, 8–14. http://repository.uin-malang.ac.id/2412/.
Suriana, Suriana. “Strategi Pembinaan Karakter Rabbani Dalam Al-Qur’an Melalui Metode Hikmah,” no. 3 (2019).
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Tabany, Trianto Ibnu Badar al. Mendesain Model Pembejaran Inovatif, Progresif, Dan Konstektual. Jakarta: Prenada Media Group, 2015.
Wena, Made. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights without restrictions. Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.