Implikasi Majelis Taklim dan Tawajjuh terhadap Partisipasi Masyarakat
Abstract
Majelis Ta'lim is a means of developing Islamic Da'wah using lecture methods and ending with questions and answers. In general, Majelis Ta'lim is a purely non-governmental organization, which is born, managed, maintained, developed, and supported by its members. The teaching carried out in Majelis Ta'lim leads to the teaching of Tauhid, sharia, and Sufism. Related to this, the study aims to know the presence of Majelis Ta'lim in the community, how the participation of the participants in the activity of Majelis Ta'lim and what the impact for the society. In completing this research, the authors used a qualitative descriptive approach with the research location in Kaway District XVI West Aceh Regency. Data obtained from Tengku Pesantren, guide Zikr and Zikr participant. The results of the study found that the Majelis Taklim and Tawajuh affect the increasing number of worshippers present. People who participated in Majelis Ta'lim and Tawajuh had many changes in morality, the occurrence of good relations with our fellow communities and can avoid the 'ghibah'. The influence of the Majelis Ta'lim and Tawajuh has also formed a society that the individual Shaleh also social Shaleh. The community of Kaway XVI Sub-district is very large participation in following the activities of the Assembly Taklim and Tawajuh, although the mileage of gampong organizing the activities of the Majelis Ta'lim and Tawajuh is very far. Even people willingly bring food to give to other pilgrims.
Abstrak: Majelis taklim merupakan sarana pengembangan dakwah Islam dengan menggunakan metode ceramah dan diakhiri dengan tanya jawab. Pada umumnya majelis ta’lim adalah lembaga swadaya masyarakat murni, yang dilahirkan, dikelola, dipelihara, dikembangkan, dan didukung oleh anggotanya. Pengajaran yang dilakukan dalam majelis taklim mengarah pada pengajaran tauhid, syariat dan tasawuf. Terkait hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana pengaruh hadirnya majelis ta;lim dalam masayarakat, bagaimana bentuk partisipasi masayarakat terhadap kegiatan majelis ta;lim serta apa dampaknya bagi masyarakat tersebut. Dalam menyelesaikan penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian di Kecamatan Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat. Data diperoleh dari Tengku pesantren, pemandu zikir serta jamaah zikir. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Majelis taklim dan tawajuh telah berpengaruh terhadap meningkatnya jumlah jamaah yang hadir. Masyarakat yang mengikuti majelis taklim dan tawajuh banyak mengalami perubahan akhlak ,terjadinya hubungan baik dengan sesama masyarakat dan dapat menghindari ghibah. Pengaruh majelis taklim dan tawajuh juga telah membentuk masyarakat yang shaleh secara individu juga shaleh secara sosial. Masyarakat kecamatan Kaway XVI sangat besar partisipasi dalam mengikuti kegiatan majelis taklim dan tawajuh, meskipun jarak tempuh dari gampong penyelenggara kegiatan majelis taklim dan tawajuh jaraknya sangat jauh. Bahkan masyarakat dengan suka rela membawa makanan untuk disedakahkan kepada jamaah-jamaah lainnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Sonhadji K. H, dkk, Penelitian Kualitatif Dalam Bidang-Bidang Ilmu-Ilmu Sosial dan Keagamaan, Ed. Imron Arifin, Ce. I, (Malang: Kalimasahada Press, 1994).
Amsal Bakhtiar, Tasawuf dan Gerakan Tarekat, Cet. I, (Bandung: Angkasa, 2003).
Ashab Al-Fadhilah, dkk, Al-Fiqhul Al-Manhaji Mazhab Al-Syafi’i, Jilid 1, Terj. Zulkifli Bin Muhammad Al-Bakri, dkk, (Kuala Lumpur: Jabatan Kemajuan Islam Malaysia, 2011).
Burhan Bungin, Analisis Data Penelitian Kualitatif: Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005).
Daryanto, Kosa Kata Baru Bahasa Indonesia: Kamus Besar Bahasa Indonesia Lengkap EYD dan Pengetahuan Umum, (Surabaya: Apollo, tt).
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka,2005).
Husein Umar, Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, eds kedua, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008)
Khozin, Jejak-jejak Pendidikan Islam di Indonesia, (Bandung: tt, 1996).
Koordinasi Dakwah Islam (KODI), Pedoman Majelis Taklim, cet. ke-2, (DKI Jakarta: 1990.
Moh. Kasiram, Metodologi Penelitian: refleksi pengembangan pemahaman dan penguasaan metodologi penelitian, Cet. II, (Malang: UIN Maliki Press, 2008).
Punaji Setyosari. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengemgembangan. (Jakarta : Kencana, 2010).
S.Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 1997).
Samsul Nizar, Sejarah Pendidikan Islam Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah Sampai Indonesia, Cet. 4, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011).
Soejono Soekanto, Kamus Sosiologi (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1993).
Suharsimi Arikunto, Manajemen Penelitian, (Jakarta: Rineka Cipta, 2003).
Team Pustaka Phoenix, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Baru, Cet-2, (Jakarta: Pustaka Phoenix, 2007).
Wawancara dengan Tgk. Nurdin Husti guru di Pesantren Serambi Mekkah sekaligus pemandu dalam kegiatan tawajuh serta pengisi materi majelis taklim pada 7 Maret 2016.
Wawancara dengan Tgk. Muhammad Amin guru di Pesantren Serambi Mekkah sekaligus pemandu dalam kegiatan tawajuh serta pengisi materi majelis taklim pada 7 Maret 2016.
Wawancara dengan jamaah majelis taklim dan tawajuh di kecamatan Kaway XVI pada 8 Maret 2016.
Wawancara dengan Ibu Yusnidar jamaah majelis taklim dan tawajuh pada 4 Maret 2016
Wawancara dengan Ibu Rafsah jamaah majelis taklim dan tawajuh yang berasal dari gampong Pasie Jambu yang diselenggarakan di gampong Tumpok Ladang, pada 4 Maret 2016.
Wawancara dengan Ibu Fatimah jamaah majelis taklim dan tawajuh yang berasal dari gampong Meunasah Buloh yang diselenggarakan di gampong Tumpok Ladang, pada 4 Maret 2016.
Hasil Wawancara dengan Tengku Halimi Keuchik gampong Peunia Kecamatan Kaway XVI
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/substantia.v20i2.5152
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Nurjanah Nurjanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
SUBSTANTIA: JURNAL ILMU-ILMU USHULUDDIN
DITERBIKAN OLEH:
FAKULTAS USHULUDDIN DAN FILSAFAT
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) AR-RANIRY BANDA ACEH, ACEH INDONESIA
ALAMAT REDAKSI:
Gedung Fakultas Ushuluddin Lantai II, Fakultas Ushuluddin, UIN Ar-Raniry, Jln. Lingkar Kampus, Kopelma Darussalam Banda Aceh, Aceh 23111.Telp. (0651)7551295. eMail: substantia.adm@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.