Implementasi Metode Inquiry dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Fuad Mafatichul Asror

Abstract


Pendidikan agama Islam merupakan salah satu bidang pembelajaran yang tidak dapat diinternalisasikan secara instan, namun pendidikan agama Islam menjadi bagian dari hal terpenting yang harus ditanamkan sejak dini kepada generasi Islam. Perkembangan jaman dan teknologi yang sangat pesat perlu diimbangi dengan penanaman pendidikan agama Islam yang lebih kuat. Oleh sebab itu, metode pembelajaran konvensional yang sudah tidak relevan dengan perkembangan dan kebutuhan jaman seharusnya dikembangkan dan dikolaborasikan dengan metode pembelajaran yang dapat memberikan fasilitas terhadap peserta didik dalam mengembangkan pikiran untuk dapat memunculkan ide dan menemukan solusi atas permasalahan yang terjadi salah satunya dengan penerapan metode inquiry. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji metode inquiry dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode inquiry merupakan pembelajaran yang berpusat pada sikap keilmuan siswa dalam memutuskan masalah yang dihadapi, sehingga spekulasi atau ide yang ditemukan dapat diterapkan di lapangan. Karakteristik pembelajaran inquiry yakni berpikir kritis, memfasilitasi, fleksibel, berdasarkan metodologi interdisipliner, terbuka, mengatasi masalah, tanggung jawab pribadi, dang pengaturan sendiri. Mampu mendorong siswa untuk berpikir lebih kritis dan tidak membatasi ruang kreatifitas siswa dalam menalar pelajaran. Penerapan metode ini yaitu guru sebagai fasilitator dalam menentukan tema pembelajaran dan siswa berpikir aktif dan kreatif dalam menyelesaikan segala persoalan dalam pembelajaran. Metode ini sangat penting sebagai alternatif untuk mengatasi problem dan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Keywords


Inquiry; Berpikir Kritis; Pembelajaran PAI

Full Text:

PDF

References


Abidin;, Yunus. “Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013” (2014).

Ahyat, Nur. “EDUSIANA : Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam.” Edusiana : Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 4, no. 1 (2017): 24–31.

Budiman, Agus, and M. Munfarid. “Penerapan Metode Kontekstual Inkuiri dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Educan : Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (2017).

Harianto, Jimi, and Putri Agung. “Peningkatan Pembelajaran Pai Melalui Discovery Inquiry pada Sekolah Dasar di Bandar Lampung.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 2 (2020): 203–217.

Hasan Baharun. Pengembangan Kurikulum : Teori dan Praktik, 2013.

Maskur, M. “Pendekatan Inquiry dalam Pembelajaran PAI.” Prosiding Nasional, no. 10 (2020): 233–240. http://iainkediri.ac.id/prosiding/index.php/pascasarjana/article/view/55.

Purwanti, Candra, and Promotor: Dr.H. Fuad Nashori. “Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa Cacat Ganda di Sekolah Luar Biasa (Slb) G Daya Ananda Yogyakarta.” Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (2013): 1689–1699.

Pusat, Jakarta. “Implementasi Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Pendidikan Agama Islam 16, no. 1 (2018): 110–123.

Raco, Jozef. “Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya” (2018).

SAGALA, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta, 2014.

Solichin, Mohammad Muchlis. “Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Discovery dalam Pendidikan Agama Islam.” Tadris 12, no. 2 (2017): 214–231.

Suyadi. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter.” PT. Remaja Rosdakarya (2014): 92.

UNO, Hamzah B.; “Model Pembelajaran : Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif” (2007).

“CTL Contextual Teaching & Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikan dan Bermakna / Elaine B. Johnson ; Penerjemah, Ibnu Setiawan ; Penyunting, Ida Sitompul | OPAC Perpustakaan Nasional RI.” Accessed September 29, 2021. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=528508.

“Proses Belajar Mengajar / Oemar Hamalik | OPAC Perpustakaan Nasional RI.” Accessed September 29, 2021. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=108634.

“Psikologi Pendidikan : Sebuah Orientasi Baru / Iskandar, Editor : Mahmud CH | Perpustakaan UIN Sultan Syarif Kasim Riau.” Accessed October 2, 2021. http://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=20732.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jie.v5i1.11230

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Welcome to DAYAH: Journal of Islamic Education open journal system. Thank you very much for visiting. We are looking forward to getting your articles

 

DAYAH: Journal of Islamic Education

WebAnalytics

All works are licensed under CC BY-SA

© DAYAH: Journal of Islamic Education 2019. Published by Center for Research and Community Service (LP2M) in cooperation with Master's Degree of the Department of Islamic Education, Postgraduate Program of Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia.

Free counters!

Indexed by:

            

               

  Find in a library with WorldCat          

                 

Supported by