Urgensi Pendidikan Akhlak pada Anak Usia Dini Menurut Perpsektif Psikologi Islam

Indah Khairunnisa, Ahmad Muhammad Diponegoro

Abstract


The background of this research is the importance of strengthening moral education in early childhood. Given that early childhood is a child who is in the golden age, the moral education provided is the basis for the development of children's morals. This study aims to analyze the role and methods of moral education in early childhood according to the perspective of Islamic psychology. This research method uses library research, where research data is obtained from literature sources. The results in this study indicate that there are several methods of moral education that are in accordance with the development of early childhood according to Islamic psychology, namely exemplary methods, playing and telling stories, reward and punishment, and habituation.

Full Text:

PDF

References


Afifah, Nurul, ‘Problematika Pendidikan Di Indonesia (Telaah Dari Aspek Pembelajaran)’, Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 1.1 (2017), 41–74

Alghzali, Reno Diqqi, and Annas Fitria Sa’adah, ‘Pembinaan Akhlak Anak Di Masa Pandemi Dalam Perspektif Psikologi Pendidikan Islam’, Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 5.2 (2017), 159–69

Ardiyanti, Siti, ‘Pentingnya Pendidikan Akhlak Pada Anak Usia Dini’, Edureligia: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 6.2 (2022), 199–209

Ayu, Sovia Mas, and Junaidah Junaidah, ‘Pengembangan Akhlak Pada Pendidikan Anak Usia Dini’, Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 8.2 (2019), 210–22121

Bafadhol, Ibrahim, ‘Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif Islam’, Jurnal Edukasi Islami, 6.12 (2018), 45–61

Firdaus, ‘Membentuk Pribadi Berakhlakul Karimah’, Al-Dzikra, 11.1 (2017), 55–88

Hadi, Imam Anas, ‘Peran Penting Psikologi Dalam Pendidikan Islam’, Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 11.2 (2017), 251–68

Hamzah, ‘Pendidikan Akhlak Pada Anak Usia Dini Perspektif Islam’, Al-Wardah, 12.1 (2019), 59

Handayani, Eka Putri, and Arif Rohman, ‘Paradigma Bahagia Itu Mencerdaskan Ikhtiar Membangun Kemerdekaan Belajar Anak Usia Dini’, Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6.3 (2020), 265

Hartati, Sri, Eka Damayanti, M Rusdi T, and Dahlia Patiung, ‘Peran Metode Bercerita Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini’, Jurnal PG-PAUD Trunojoyo :Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8.2 (2021), 74–86

Hasan, Nur, ‘Elemen-Elemen Psikologi Islami Dalam Pembentukan Akhlak’, Spiritualita, 3.1 (2019), 105–24

Hasanah, Ainul, ‘Urgensi Pendidikan Moral Dan Akhlak Pada Anak Usia Dini’, ’Anil Islam, 8.1 (2015), 25–47

Helda Nur Aina, ‘Psikologi Perkembangan Anak Perspektif Ibnu Qayyim Al-Jauziyah (Kajian Kitab Tuhfat Al-Maudud Bi Ahkam Al-Maulud)’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53.9 (2013), 42

Herawati, Herawati, ‘Pendidikan Akhlak Bagi Anak Usia Dini’, Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 3.2 (2017), 124–36

Hidayat, Bharil, Ary Antony Putra, and Muhassad Harahap, ‘Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Psikologi Islam’, EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 1.1 (2018), 29–38

Maharani, Dewi, ‘Pendidikan Anak Perspektif Psikologi Dan Pendidikan Islam’, Ilmu Al-Qur’an, 6.1 (2021), 38–60

Maulidah, Maulidah, ‘Akhlak Sebagai Esensi Pendidikan Islam’, Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16.6 (2022), 1946

Muhammad, Devy Habibi, Agustiarini Eka Deasari, and Aries Dirgayunita, ‘Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Psikologi Islam’, Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 4.1 (2021), 21–33

Mujib, Abdul, Konsep Pendidikan Karakter Berbasis Psikologi Islam, Prosiding Seminar Nasional Psikologi Islami, 2012

Mulyono, Edi, ‘Pendidikan Akhlak Dalam Upaya Membina Kepribadian Siswa’, Indonesian Journal of Instructional Technology, 2.1 (2021), 67–82

Mustopa, ‘Baik Buruk Dalam Perspektif Ilmu Akhlak’, Yaqzhan, 4.2 (2018), 384–401

Nabil, ‘Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dalam Pendekatan Psikologi Anak’, Al Marhalah: Jurnal Pendidikan Islam, 1.2 (2017), 73–95

Nurliana, Nurliana, and Miftah Ulya, ‘Pendidikan Anak Perspektif Psikologi’, Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 6.1 (2021), 56–67

Rahman, Arifani Maulida, and Dzaky Fauzan Abid, ‘Tahap Perkembangan Moral Anak Perspektif Psikologi Pendidikan Islam’, Akhlaqul Karimah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1.1 (2022), 38–51

Riami, Devy Habibi Muhammad, and Ari Susandi, ‘Penanaman Pendidikan Akhlak Pada Anak Usia Dini Menurut Ibnu Miskawaih Dalam Kitab Tahdzibul Akhlak’, FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 12.2 (2021), 10–22

Rifai, Ahmad, ‘Pendidikan Karakter Dan Pendidikan Akhlak’, Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 9.17 (2016), 97–116

Safrina, ‘Psikologi Dalam Islam’, Jurnal Ilmiah Islam Futura, 7.2 (2018), 84

Sulistyawati, Eka, and Joni Tesmanto, ‘Penerapan Metode Reward Dan Punishment Untuk Mengembangkan Kemampuan Emosional Dasar Anak Di PAUD Darul Amani Kosambi’, Research and Development Journal of Education, 7.2 (2021), 511

Syah, Imas Jihan, ‘Metode Pembiasaan Sebagai Upaya Dalam Penanaman Kedisiplinan Anak Terhadap Pelaksanaan Ibadah (Tela’Ah Hadits Nabi Tentang Perintah Mengajarkan Anak Dalam Menjalankan Sholat)’, JCE (Journal of Childhood Education), 2.2 (2019), 1

Tsalitsah, Imtihanatul Ma’isyatus, ‘Akhlaq Dalam Perspektif Islam’, Al-Hikmah: Jurnal Studi Agama-Agama, 6.2 (2020), 110–28

Ulya, Khalifatul, ‘Pelaksanaan Metode Pembiasaan Di Pendidikan Anak Usia Dini Bina Generasi Tembilahan Kota’, Asatiza, 1.1 (2020), 49–60

Winarto, ‘Pendidikan Akhlak Pada Anak Usia Dini Di PAUD Sayang Bunda Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk’, Genius, 2.1 (2021), 49–59

Ya’cub, Mihmidaty, ‘Pendidikan Akhlak Dalam Pencapaian Ilmu Manfaat’, Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 18.1 (2022), 2

Zaini, Ahmad, ‘Bermain Sebagai Metode Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini’, ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3.1 (2015), 118

Zubaedi, ‘Komparasi Psikologi Agama Barat Dengan Psikologi Islami (Menuju Rekonstruksi Psikologi Islami)’, Nuansa, 8.1 (2015), 81–88




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jie.v7i1.19477

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Welcome to DAYAH: Journal of Islamic Education open journal system. Thank you very much for visiting. We are looking forward to getting your articles

 

DAYAH: Journal of Islamic Education

WebAnalytics

All works are licensed under CC BY-SA

© DAYAH: Journal of Islamic Education 2019. Published by Center for Research and Community Service (LP2M) in cooperation with Master's Degree of the Department of Islamic Education, Postgraduate Program of Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia.

Free counters!

Indexed by:

            

               

          

                 

Supported by