PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amris, dkk. “Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu, 2021.
Cahyaningsih, dkk. “Upaya Peningkatan Menulis Teks Persuasi Menggunakan Metode STAD Pada Siswa SMP.” Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2019.
Ihsan, dkk. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV Di SDN Inpres Sangiang WerA.” JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 2022.
Insiyah & Rukmana. “Pengaruh Model Pembelajaran STAD Berbantuan Media Plotagon Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD.” Pionir : Jurnal Pendidikan, 2022.
Israil & Isnawati. “Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Di SMP Negeri 1 Kayangan.” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 2019.
Jamilah. “Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas VI Melalui Implementasi Kooperatif Learning Di SDN Alasrajah 1 Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan.” INETRAKSI: Jurnal Kependidikan, 2019.
Putri, dkk. “Pengaruh Metode Pembelajaran STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 2018.
Rijal, F. (2018). Guru profesional dalam konsep kurikulum 2013. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 8(2), 328-346.
Rijal, F., Nudin, B., & Samad, I. A. (2022). LEARNING INNOVATION OF ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION AT MTsN MODEL IN ACEH. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2).
Saputra, dkk. “Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK.” INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 2018, doi:10.24036/invotek.v18i1.168.
Sutarna, dkk. “Pengaruh Model Pembelajaran Bamboo Dancing (Tari Bambu) terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SDN 1 Cipedes.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2018.
Syachtiyani, dkk. “Analisis Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi COVID-19.” Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2021, doi:10.37478/jpm.v2i1.878.
Tanjung. “Hubungan Minat Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V di MIS Nurul Hikmah Ujung Padang.” Pionir: Jurnal Pendidikan, 2022.
Wiyoko, dkk. “Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Melalui Model Contextual Teaching and Learning (Ctl) Kelas III Sekolah Dasar Di Era Pandemi Covid.” Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 2021.
Yulia, dkk. “Model Pembelajaran Kooperatif Learning.” Snipmd, 2020.
Zahro, dkk. “Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Devision (STAD) Dan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 2018.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v11i3.15307
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Apriliani Setyowati, Onny Fitriana Sitorus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.