Analisis Kemunculan Sikap Ilmiah Siswa Dalam Pelaksanaan Percobaan Pada Pembelajaran Ipa Di Sdn Kota Banda Aceh

Tursinawati Tursinawati

Abstract


Hakikat sains terdiri atas tiga aspek yaitu sains sebagai produk, proses, dan sikap ilmiah. Dalam pembelajaran IPA masih kurangnya penanaman nilai sikap ilmiah yang berakibat pada peroleh hakikat sains yang tidak utuh dan kurangnya terbentuk sikap ilmiah siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Bagaimanakah kemunculan sikap ilmiah yang dilaksanakan dalam percobaan pada pembelajaran IPA SD Kota Banda Aceh?.Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian adalah studi deskriptif persaentase. Penelitian ini dilaksanakan pada SDN Kota Banda Aceh. Populasi adalah seluruh siswa kelas V SDN Kota Banda Aceh. Sampel ditetapkan pada 10 SDN. Instrumen adalah lembar observasi, dokumentasi, pedoman wawancara guru. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemunculan sikap ilmiah siswa pada pelaksanaan percobaan pada pembelajaran IPA menunjukkan kategori baik.

Keywords


Sikap ilmiah; pelaksanaan percobaan; pembelajaran IPA

Full Text:

PDF

References


Alberta (2004) Focus on inquiry: a teacher’s guide to implementing inquiry-based learning. Canada:Alberta

Learning. http://www.learning.gov.ab.ca (Maret, 2010)

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) (2006). Panduan Penyusunan KTSP Jenjang Pendidikan Dasar. Jakarta: BNSP

Bell, Frederich h. (1978) Teaching And Learning Mathematics (in Secondary School). Dubuque, Lowa: Wm.C. Brown Company.

Hergenhahn dan Olson, Matthew H (2008) Theories Of Learning, Edisi Ketujuh.Jakarta: Kencana.

Holbrook, Jack dan Rannikmae, Miia (2007) The Nature of Science Education for Enhancing Scientific Literacy. Intenational Jurnal of Science Education Vol 29, No 11, 3 September 2007, PP. 1347-1362

Liem, Tik L (2007) Asyiknya Meneliti Sains. Jawa Barat: Pundak Scientific.

McComas, W.F. dan Olson, J.K. (1998). The Nature of Science in International Science Education Standards Document. In W. F. McComas (Ed), The Nature of Science in Science Education. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers. (pp. 41-52)

NRC. (2000). Inquiry and The National Science Education Standarts. A Guide for Teaching ang Learning. Washington DC: National Academic Press

National Science Foundation/NSF (2004 ) Inquiry Thoughts, Views, and Strategies for the K–5 Classroom. Arlington: Division of Elementary, Secondary, and Informal Education.

Smolska, Eva Krugly dan taylor, Peter C 92004) Inquiry in Science Education: International Perspectives. International Jurnal Of Science Education.

Sulistyorini, Sri (2007) Pembelajaran IPA Sekolah Dasar, Dan Penerapan Dalam KTSP. Yogyakarta: Unnes dan Tiara Wacana.

Tursinawati,. (2008). Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing Untuk meningkatkan penguasaan konsep dan pemahaman hakikat sains siswa. Bandung: UPI Press. [Tesis, tidak diterbitkan]

Trihastuti, Singgih dan Rimy, Yoko (2008) Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikandaerah Istimewa Yogyakarta 2008 . Yogyakarta: LPMP

Widodo, Ari, dkk (2007) Pendidikan IPA Di SD. Bandung: UPI Press




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v4i1.157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Ilmiah Pionir



View My Stats

View My Stats


Indexed By:

 


PIONIR: Jurnal Pendidikan
P-ISSN 2339-2495
E-ISSN 2549-6611

Publised by Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Flag Counter