PEMBELAJARAN ONLINE ANTARA TANTANGAN DAN HAMBATAN: ANALISIS PERSPEKTIF GURU TERHADAP PEMBELAJARAN PAI DI ERA NORMAL

Yuni Setia Ningsih

Abstract


Pembelajaran PAI secara online mengalami berbagai tantangan dan juga hambatan. Tantangan dan hambatan telah dirasakan oleh guru ketika pembelajaran online pada masa pandemi covid-19. Berbekal pada pengalaman tersebut, guru tentunya memiliki tanggapan tersendiri jika pembelajaran PAI online diberlakukan pada kondisi normal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pemberian kuesioner kepada guru PAI. Informasi yang ditemukan bahwa hambatan dan tantangan pembelajaran PAI online adalah tidak semua materi PAI dapat dibelajarkan secara online, sulit untuk menentukan metode pembelajaran sehingga berimbas pada tidak tercapainya target pembelajaran, dan platform yang digunakan belum sepenuhnya dapat dipahami oleh guru. Materi PAI yang memungkinkan untuk dibelajarkan secara online yaitu materi yang bersifat pengetahuan. Selain itu, guru berpendapat bahwa platform yang mudah digunakan adalah google classroom, google meet, zoom, whatsApp, dan youtube. Selanjutnya, 64% dari responden menyatakan keberatannya untuk menerapkan pembelajaran PAI secara online pada masa normal. Adapun yang menyatakan setuju sebanyak 36%  memberikan persyaratan pembelajaran PAI dilakukan secara blended. Ketentuannya 20-40% online. Dengan kata lain, tatap muka lebih banyak presentasenya dibandingkan dengan online

 

10 Aplikasi Belajar Online Gratis dan Terbaik 2020: Semakin Pintar di Rumah!, 10 Aplikasi Belajar Online (E-Learning) Gratis & Terbaik 2020 , Online: https://jalantikus.com/tips/aplikasi-belajar-online-android/  

 

Anang Nazaruddin, Teknologi Pembelajaran dalam Blended Learning, 2021, Online: https://bdkbanjarmasin.kemenag.go.id/berita/teknologi-pembelajaran-dalam-blended-learning-anang-nazaruddin

 

Aryuna Dini Rahayu dan Muhammad Syahidul Haq, Sarana dan Prasarana dalam Mendukung Pembelajaran Online pada Masa Pandemi Covid 19, Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, Vol.9, No.01, 2021.

 

Cepi Riyana, Konsep Pembelajaran Online, Modul 1, https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/TPEN4401-M1.pdf.

 

Emawati dan Ihya Ulumuddin, Kesulitan Siswa dan Penanggulangan Pembelajaran Jarak Jauh Mata Pelajaran PAI pada Masa Pandemi Covid -19, Jurnal Penelitian Keislaman, Vol.18, No.01, 2022.

 

https://binus.ac.id/knowledge/2021/12/5-alasan-mengapa-online-learning-adalah-masa-depan-pembelajaran/

 

https://infojateng.id/read/15692/keuntungan-sistem-e-learning-siswa-fleksibel-tentukan-waktu-belajar/

 

https://simlitbangdiklat.kemenag.go.id/simlitbang/spdata/upload/dokumen-penelitian/1583730334PANDUAN_DIGITAL_LAST_EDIT_(1).pdf

https://www.evelynlearning.com/digital-learning-e-learning-online-learning-whats-the-difference/

 

https://www.gurusiana.id/read/alvonsus/article/perbedaan-substansial-e-learning-online-learning-yang-belum-dipahami-dan-diketahui-14334

 

Husni Idris, Pebelajaran Model Blended Learning, Jurnal Iqra’, Vol.5, No.1, Januari-Juni 2011. Online: https://journal.iain-manado.ac.id/index.php/JII/article/download/562/466

 

Muhammad Hasbi Assidiqi dan Woro Sumarni, Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19, Prosiding Seminar Nasional 2020 Pascasarjana UNNES. Online: https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/601/519

 

Muhammad Hasbi Assidiqi dan Woro Sumarni, Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19, Prosiding Seminar Nasional 2020 Pascasarjana UNNES. Online: https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/601/519

 

Nurbiah Pohan, Pelaksanaan Proses Belajar Melalui Bimbingan Aspek Afektif, Kognitif, dan Psikomotorik Siswa di MIS Amal Shaleh Medan, Medan: PPs UIN Sumatera Utara, 2017. Online: http://repository.uinsu.ac.id/3457/1/TESIS%20NURBIAH%20POHAN.pdf

 

Pembelajaran Abad 21 Menjawab Tuntutan Masa Depan, Online: https://kendal.kemenag.go.id/berita/pembelajaran-abad-ke-21-jawab-tuntutan-masa-depan/

 

Rd. Muhammad Ilham Saefulmilah dan M. Hijrah M Saway, Hambatan-hambatan pada Pelaksanaan Pembelajaran Online di SMA Riyadhul Jannah Jalancagak Subang, Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, Vol.2, No.3, 2020.

 

Siswati dan Istikomah, Problematika Pembelajaran Online pada Mata Pelajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Kejuruan, Academia Open, Vol.6, 2022, hlm.10. Online: https://acopen.umsida.ac.id/index.php/acopen/article/view/2612/882?download=pdf

 

Wibowo, Asian Jurnal of Applied Education (AJAE), Vol.01, No.01, 2022.


Full Text:

PDF

References


Aplikasi Belajar Online Gratis dan Terbaik 2020: Semakin Pintar di Rumah!, 10 Aplikasi Belajar Online (E-Learning) Gratis & Terbaik 2020 , Online: https://jalantikus.com/tips/aplikasi-belajar-online-android/

Anang Nazaruddin, Teknologi Pembelajaran dalam Blended Learning, 2021, Online: https://bdkbanjarmasin.kemenag.go.id/berita/teknologi-pembelajaran-dalam-blended-learning-anang-nazaruddin

Aryuna Dini Rahayu dan Muhammad Syahidul Haq, Sarana dan Prasarana dalam Mendukung Pembelajaran Online pada Masa Pandemi Covid 19, Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, Vol.9, No.01, 2021.

Cepi Riyana, Konsep Pembelajaran Online, Modul 1, https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/TPEN4401-M1.pdf.

Emawati dan Ihya Ulumuddin, Kesulitan Siswa dan Penanggulangan Pembelajaran Jarak Jauh Mata Pelajaran PAI pada Masa Pandemi Covid -19, Jurnal Penelitian Keislaman, Vol.18, No.01, 2022.

https://binus.ac.id/knowledge/2021/12/5-alasan-mengapa-online-learning-adalah-masa-depan-pembelajaran/

https://infojateng.id/read/15692/keuntungan-sistem-e-learning-siswa-fleksibel-tentukan-waktu-belajar/

https://simlitbangdiklat.kemenag.go.id/simlitbang/spdata/upload/dokumen-penelitian/1583730334PANDUAN_DIGITAL_LAST_EDIT_(1).pdf

https://www.evelynlearning.com/digital-learning-e-learning-online-learning-whats-the-difference/

https://www.gurusiana.id/read/alvonsus/article/perbedaan-substansial-e-learning-online-learning-yang-belum-dipahami-dan-diketahui-14334

Husni Idris, Pebelajaran Model Blended Learning, Jurnal Iqra’, Vol.5, No.1, Januari-Juni 2011. Online: https://journal.iain-manado.ac.id/index.php/JII/article/download/562/466

Muhammad Hasbi Assidiqi dan Woro Sumarni, Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19, Prosiding Seminar Nasional 2020 Pascasarjana UNNES. Online: https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/601/519

Muhammad Hasbi Assidiqi dan Woro Sumarni, Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19, Prosiding Seminar Nasional 2020 Pascasarjana UNNES. Online: https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/601/519

Nurbiah Pohan, Pelaksanaan Proses Belajar Melalui Bimbingan Aspek Afektif, Kognitif, dan Psikomotorik Siswa di MIS Amal Shaleh Medan, Medan: PPs UIN Sumatera Utara, 2017. Online: http://repository.uinsu.ac.id/3457/1/TESIS%20NURBIAH%20POHAN.pdf

Pembelajaran Abad 21 Menjawab Tuntutan Masa Depan, Online: https://kendal.kemenag.go.id/berita/pembelajaran-abad-ke-21-jawab-tuntutan-masa-depan/

Rd. Muhammad Ilham Saefulmilah dan M. Hijrah M Saway, Hambatan-hambatan pada Pelaksanaan Pembelajaran Online di SMA Riyadhul Jannah Jalancagak Subang, Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, Vol.2, No.3, 2020.

Siswati dan Istikomah, Problematika Pembelajaran Online pada Mata Pelajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Kejuruan, Academia Open, Vol.6, 2022, hlm.10. Online: https://acopen.umsida.ac.id/index.php/acopen/article/view/2612/882?download=pdf

Wibowo, Asian Jurnal of Applied Education (AJAE), Vol.01, No.01, 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v12i1.18063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yuni Setia Ningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.