PENGGUNAAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR

Azhar Azhar

Abstract


Tujuan penelitian ini (1) pemahaman guru kelas IV terhadap pendekatan saintifik dan pembelajaran tematik terpadu; (2) RPP tematik terpadu dengan pendekatan saintifik; (3) langkah-langkah penerapan pendekatan saintifik pada kegiatan inti proses pembelajaran; (4) aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan saintifik; (5) sikap peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan saintifik; dan (6) faktor pendukung dan penghambat penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik terpadu. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Instrumen pengumpul data terdiri dari observasi nonpartisipan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Triangulasi data dilakukan dengan dua cara yaitu: triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RPP yang dirancang merupakan tematik terpadu yang menerapkan pendekatan saintifik. Proses pembelajaran sesuai dengan kegiatan inti pembelajaran langkah-langkah kegiatan pendekatan saintifik. Aktivitas belajar peserta didik juga telah sesuai dengan langkah-langkah pendekatan saintifik. Keberhasilan pembelajaran memerlukan faktor pendukung berupa sarana dan prasarana, disamping juga ada faktor yang menghambat.

Keywords


Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid, 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Darimi, Ismail. "Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Aktif di Sekolah." JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling 2.1 (2016): 30-43.

Darimi, Ismail. "Information And Communication Technologies Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif Era Teknologi Informasi." Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi 1.2 (2017): 111-121.

Darimi, Ismail. "Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Pembelajaran." Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 5.2 (2015): 309-324.

Djam’an Satori. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Kemendikbud. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014 SD Kelas IV. Jakarta: Badan PSDMPK-PMP.

Ismail, Bachtiar, and Ismail Darimi. "Peningkatan Penguasaan Materi Hadits melalui Metode Resitasi pada Mahasiswa PAI FTK UIN Ar-Raniry." Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 6.2 (2017): 219-232.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori Praktik dan Penilaian .(cetakan ke-1). Jakarta: Rajawali Pers.

Trianto. 2012. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik (cetakan ke-3). Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Trianto. 2013. Model Pembelajaran Terpadu.Jakarta: Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v7i1.3319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PIONIR: Jurnal Pendidikan



View My Stats

View My Stats


Indexed By:

 


PIONIR: Jurnal Pendidikan
P-ISSN 2339-2495
E-ISSN 2549-6611

Publised by Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Flag Counter