PERAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN SARANA DAN PRASARANA DI MIN 6 KOTA BANDA ACEH

Nurasiah Nurasiah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk melihat peran manajerial kepala sekolah dalam pengembangan sarana dan prasarana di MIN 6 Kota Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian verifikatif (kausalitas) yaitu suatu penelitian yang menjelaskan hubungan sebab-akibat dari dua variabel atau lebih dalam suatu penelitian atau penelitian yang bertujuan menguji kebenaran hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 90 kepala sekolah, guru, dan karyawan. Berdasarkan hasil analisis korelasi product moment “peran manajerial kepala sekolah dalam pengembangan sarana dan prasarana di MIN 6 Kota Banda Aceh†dikatakan signifikan dengan nilai 0,719. Maka nilai 0,719 menunjukkan bahwa memiliki hubungan yang positif dan tingkat hubungan yang sangat kuat dengan dilihat dari interval koefisien korelasi antara 3,80 – 1,000. Hasil perhitungan regresi linier sederhana yaitu Y = 10.523 + 0,809X dan R Square sebesar 0,719 berarti bahwa peran manajerial kepala sekolah dalam pengembangan sarana dan prasarana sebesar 80,90%. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ho) “Terdapat peran antara manajerial kepala sekolah dalam pengembangan sarana dan prasarana di MIN 6 Kota Banda Acehâ€. Sehingga hasil uji hipotesi dapat teruji kebenarannya dalam penelitian ini.

Keywords


Manajerial Kepala Sekolah, Pengembangan Sarana Prasarana

Full Text:

PDF

References


Aan, Komariah, et. Al. Visionary Leadership Menuju Sekolah Efaktif. Jakarta: P.T.Bumi Aksara, 2004.

Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Azizy, Qodri A. Pendidikan (Agama) untk Membangun Etika Sosial, Semarang: PT.Aneka Ilmu 2002.

Depdikbud. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen, 1993.

Kartono dan Kartini, Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.

Margono, S. Metodelogi Penelitian Pendidikan, Semarang: Rineka Cipta, 1996.

Mulyasa, E. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,

Raflis, Kosasi dan Soetjipto . Profesi Keguruan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya, 2004.

Sugionan, Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta, 2008.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v6i2.3334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PIONIR: Jurnal Pendidikan