PERAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM PENEGUHAN MASYARAKAT MULTIKULTURAL INDONESIA: PROSPEK DI TENGAH DESAKAN BUDAYA GLOBAL
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aly, A. (2005). “Pendidikan multikultural dalam tinjauan pedagogikâ€. Makalah dipresentasikan pada “Seminar Pendidikan Multikultural sebagai Seni Mengelola Keragamanâ€, yang diselenggarakan oleh Pusat Studi Budaya dan Perubahan Sosial (PSB-PS) Universitas Muhammadiyah Surakarta, pada Sabtu, 8 Januari 2005.
Arif, D. B. (2008). â€Kompetensi Kewarganegaraan untuk Pengembangan Masyarakat Multikultural Indonesiaâ€. Acta Civicus: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Vol. 1 (3). 19-25
Azra, A. (2006). Pancasila dan Identitas Nasional Indonesia: Perspektif Multikulturalismeâ€. Dalam Restorasi Pancasila: Mendamaikan politik identitas dan modernitas. Bogor: Brighten Press.
Bank, J. A. (1989). Multicultural education: Issues and perspectives. London: Allyn and Bacon Press.
Blum, L. A. (2001). “Antirasisme, Multikulturalisme, dan Komunitas Antar-Ras: Tiga Nilai yang Bersifat Mendidik bagi Sebuah Masyarakat Multikulturalâ€. Dalam May, Larry, Shari Collins-Chobanian, and Kai Wong (Eds). Etika Terapan I: Sebuah pendekatan multikultural. Terjemahan oleh Sinta Carolina dan Dadang Rusbiantoro. Yogyakarta: PT Tiara Wacana.
Cogan, J. J., & Derricott, R. (1998). Citizenship for the 21st Century: An international perspective on education. London: Kogan Page.
Garcia, R. L.(1982). Teaching in a pluristic society: Concepts, models, strategies. New York: Harper & Row Publisher.
Goh, M. (2012). Teaching with cultural intelligence: developing multiculturally educated and globally engaged citizens. Asia Pacific Journal of Education, 32 (4), 395–415
Hefner, R. W. (2007). Politik multikulturalisme: Menggugat realitas kebangsaan. Terjemahan oleh Bernardus Hidayat dari judul asli “The Politics of Multiculturalism, Pluralism and Citizenship in Malaysia, Singapore, and Indonesiaâ€. Yogyakarta: Kanisius.
Huerta, G. C. (2016). Barriers to the Implementation of Multicultural Education in a Secondary Teacher Preparation Program. The High School Journal, 82 (3) 150-164
Hidayatullah, M. F. (2011). “Pendidikan Karakter dan Pengembangan Metode Pembelajaran Nilaiâ€. Bahan tayangan disampaikan dalam Pentaloka Doswar se-Jawa Tengah dan DIY di Dodik Bela Negara Resimen Kodam IV/Diponegoro Magelang, 12 April 2011.
Karsten, S., Kubow, P., Matrai, Z., & Pitiyanuwat, S. (2000). Challenges facing the 21st century citizen: Views of policy makers. In J. Cogan & R. Derricott (Eds.), Citizenship for the 21st century: An international perspective on education (pp. 109–130). London: Kogan Page.
Kubow, P., Grossman, D. L., & Ninomiya, A. (2000). Multidimensional citizenship: Educational policy for the 21st century. In J. Cogan & R. Derricott (Eds.), Citizenship for the 21st century: An international perspective on education (pp. 131–150). London: Kogan Page.
Rondli, W. S. (2014). Strategi pembelajaran PKn berbasis multikultural: Studi kasus di SMA Mataram kota Semarang Jurnal ilmiah civic, IV (2) 4-5
Saha, L. J. (1997). International encyclopedia of sociology of education (Resources in Education Series). New York: Pergamon
Saifuddin, A. F. (2006). Reposisi Pandangan mengenai Pancasila: Dari Pluralisme ke Multikulturalisme. Dalam Restorasi Pancasila: Mendamaikan politik identitas dan modernitas. Bogor: Brighten Press
Suparlan, P. (2005). Sukubangsa dan hubungan antar sukubangsa. Jakarta: Yayasan Pengembangan Kajian Ilmu Kepolisian.
Tilaar, H.A.R. (2004). Multikulturalisme: Tantangan-tantangan global masa depan dalam transformasi pendidikan nasional. Jakarta: Grasindo.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wang, J., Lin, E., Spalding, E., Odell, S. J., & Klecka, C. L. (2011). Understanding teacher education in an era of globalization. Journal of Teacher Education, 62 (2).
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v6i2.3343
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 PIONIR: Jurnal Pendidikan