KOMPETENSI PROFESIONAL PRAKTIK KEGURUAN MAHASISWA FTK UIN AR-RANIRY BANDA ACEH
Abstract
Guru professional menurut Undang-undang Guru dan Dosen ditandai dengan empat kompetensi, diantaranya adalah kompetensi professional. Kompetensi professional adalah suatu kemampuan guru dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi sistem pembelajaran serta kemampuan dalam mengembangkan sistem pembelajaran. Seorang guru yang kompeten dalam aspek professional ini akan meberikan nilai positif terhadap keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran. Kemampuan seperti ini sejatinya telah muncul pada saat mahasiswa melakukan program PPL. PPL adalah salah satu mata kuliah prasyarat yang wajib diambil oleh mahasiswa dan pada dasarnya mata kuliah ini merupakan pengejawantahan dari semua mata kuliah sebelumnya. Diharapkan dengan mata kuliah PPL ini mahasiswa mampu menerapkan kompetensi professional tersebut dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif diskriftif, dan lokasi penelitian dilakukan di Madrasah Aliyah se Kabupaten Aceh Tengah. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan professional keguruan mahasiswa FTK UIN Ar-Raniry di Madrasah Aliyah Kabupaten Aceh Tengah sudah sangat baik. Kompetensi professional mahasiswa dalam merancang rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) rata-rata mencapai 90%. Sedangkan kemampuan guru praktikan dalam pelaksanaan pembelajaran rata-rata mencapai 90, 6%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa praktekan di Madrasah Aliyah Kabupaten Aceh Tengah pada umumnya sudah sangat baik dan sesuai dengan keilmuannya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Balai Latihan dan Pengembangan Pendidikan. 2002. Kompetensi dalam Pendidikan. Depdiknas. Jakarta.
Dilla Octavianingrum, Djoko Santosa, T.H, Susantiningrum. 2014. Persepsi Guru Pamong terhadap Kompetensi Mengajar Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan, Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, Vol 3, No 2 (2014)
Hamalik, Oemar. 2002. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara
Harjanto. 1997. Perencanaan Pengajaran. Jakarta. Reneka Cipta. Peraturan Mentri Pendidikan Nasional. Permendiknas. No.41.2007 Pasal 1 Ayat 1 Tentang Pelaksanaan Pembelajaran. Depdiknas. Jakarta
Hasan, Alwi dkk. 2004. Kamus besar bahasa Indonesia (Edisi Ketiga). Jakarta: Balai Pustaka.
Nasir Usman, Manajemen Peningkatan Mutu Kinerja Guru, Konsep Teori Dan Model, Bandung: Cipta Pustaka, 2012.
Riduwan, Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alvabeta, 2012.
Sardiman A M. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. Bumi Aksara
Sukardi, Dewa Ketut. 1995. Bimbingan Perk1embangan Jiwa anak. Jakarta. Ghalia Indonesia
Suryabrata Sumadi (2011). Metodelogi Penelitian, Jakarta: PT Rafi Grafindo
Sutikno, Sobry. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Prospect Bandung
Usman, 2012. Pengertian Kompetensi Menurut Ahli Pendidikan. http://repository.usu.ac.id. Di akses tanggal 4 April 2012 19
UU Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), Jakarta: Sinar Grafika.
UU No. 14 Tahun (2005). Tentang Guru dandosen. Bandung: Citra Umbara
Nasir Usman, Manajemen Peningkatan Mutu Kinerja Guru, Konsep Teori Dan Model, Bandung: Cipta Pustaka, 2012.
Wardhani. 1994. Program Pengalaman Lapangan (PPL). Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta.
Wina, Sanjaya. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Profesi Pendidikan. Jakarta. Putra Grafika.
Wirawan, Profesi dan Standar Evaluasi, (Jakarta, Yayasan dan UNHAMKA Press, 2002.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v7i2.3872
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 PIONIR: Jurnal Pendidikan