PENGARUH FASILITAS MASJID FATHUN QARIB UIN AR-RANIRY TERHADAP MOTIVASI MAHASISWA UNTUK MELAKSANAKAN SHALAT BERJAMA’AH

Ridhwan M. Daud

Abstract


Semua mahasiswa yang belajar di UIN Ar-Raniry adalah beragama Islam dan tujuan utama pendidikannya adalah untuk membangun kepribadian yang islami di samping menjadikannya sebagai sarjana. Oleh karena itu, mahasiswa di UIN Ar-Raniry seharusnya menjadikan masjid sebagai sentral kegiatannya terutama untuk shalat secara berjama’ah. Namun kenyataan sebaliknya, di mana masjid selalu sepi dari kegiatan kemahasiswaan meskipun untuk shalat Zuhur secara berjama’ah, padahal pada masa ini sebagian besar mahasiswa masih atau sedang berada di lingkungan kampus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alasan utama mahasiswa kurang termotivasi untuk melaksanakan shalat berjama’ah di masjid Fathun Qarib adalah karena keadaan atau fasilitas masjid yang belum dapat memberikan kemudahan dan rasa nyaman untuk melaksanakan shalat dan beristirahat. Bagi mahasiswa beristirahat sejenak setelah shalat untuk menunggu jam kuliah selanjutnya adalah suatu hal yang penting.


Keywords


Motivasi, Shalat Berjama’ah

Full Text:

PDF

References


Azhari Bashar, Peran Legeslatif dalam Pembinaan Mesjid, dalam Kumpulan Makalah dan Hasil Musyawarah Pengurus Mesjid Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, 2006.

Chairuddin Hadhiri, Klasifikasi Kandungan Al-Quran. Jakarta: Gema Insani, 1996.

Elida Prayitno, Motivasi Dalam Belajar. Jakarta: Depdikbud P3 LPTK, 1989.

Mochtar Buchori, Psikologi Pendidikan. Bandung: Bapensi, 1961.

Nana Syaodih Sukmadinata, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung, Remaja Rosda Karya, 2005.

Nurkacana dan Sumartana, Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional, 1996.

Rochman Natawijaya, Proses Penyusunan Skala Sikap. Bandung: IKIP Bandung, 1993.

Permanik, Hubungan Antara Minat Belajar, Gaya Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa, Jakarta: Bina Aksara, 1991.

Pusat Islam University Teknologi Malaysia & Institut Agama Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Masjid Inovatif Peringkat Antarabangsa, Berinovasi dalam Pengurusan Masjid, 2013.

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers, 1990.

Siswanto, Panduan Praktis Organisasi Remaja Mesjid, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2005.

Slameto, Belajar dan Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Sri Esti W. Djiwandono, Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, 2004.

Sudjana, Metode Statistika. Bandung: Tarsito, 1996.

Suharsimi Arikunto, Manajemen Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara, 1999.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Surachmad, Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remadja Rosdakarya, 2003.

Wasty Soemanto, Psikologi Pendidikan Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2003




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v8i1.4593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PIONIR: Jurnal Pendidikan



View My Stats

View My Stats


Indexed By:

 


PIONIR: Jurnal Pendidikan
P-ISSN 2339-2495
E-ISSN 2549-6611

Publised by Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Flag Counter