IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN DALAM AL-QUR’AN BAGI PENDIDIK ERA MILENIAL

Nurdin Nurdin

Abstract


Problematika ummat Islam dewasa ini adalah jarangnya berinteraksi dengan Al-Qur’an baik mempelajarinya maupun mengambil i’tibar di dalammnya terutama berkaitan dengan cara mendidik. Dalam Al-Qur’an akan ditemukan berbagai cara, proses, teknik, strategi ataupun metode yang sangat efektif untuk diterapkan dalam dunia pendidikan, sehingga akan menghasilkan generasi  qur’ani. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui berbagai metode mendidik berdasarkan Al-Qur’an serta mengimplementasikannya dalam dunia pendidikan khususnya bagi guru era milenial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode literatur Al-Qur’an. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kajian pustaka, analisis ayat-ayat al-qur’an. Dan hasil yang diperoleh merupakan hasil kata-kata, gambaran dan bukan berupa angka-angka. Laporan penelitian tersebut berupa kutipan-kutipan data yang memberi gambaran penyajian. Temuan dalam penelitian adalah dalam Al-Quran terdapat beberapa metode dalam mengajar dan mendidik yang sangat efektif dan efesian untuk diterapkan oleh pendidik era milenial, metode tersebut telah terbukti keampuhannya di dunia pendidikan, yaitu melalui metode Bilhikmah, Al-Mau’izah Hasanah, Al-Jadil Dan Al-Layyinah sebagaimana digambarkan dalam Al-Qur’an surat An-nahl ayat 125. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa  jarangnya para pendidik, orang tua mengetahui dan mengimplementasikan metode mendidik sebagaimana terdapat dalam Al-Qur’an sehingga menghasilkan generasi yang jauh dari Al-Qur’an.


Keywords


Metode pembelajaran, Al-Qur’an, Pendidik Era Milenial

Full Text:

PDF

References


Abdul Mujib dan Djusuf Mudzakkir, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kencana, 2009)

Abu Ja’far Muhammad bin Jarir Ath-Thabari, Tafsir Ath-Thabari Jil. 5, (Jakarta: Pustaka Azzam, 1997)

Abdul Aziz bin Baz, Majmu’ Fatawa wa Maqalaatun Mutanawwi’ah jilid 1, (tt. )

Al-Nahlawi, Metode Pembelajaran Al-Qur’an, (Jakarta: Pustaka Jaya, 2000)

Abdurrahman Fathoni, Metodologi Penelitian Dan Teknik Penyusunan Skripsi, (Jakarta: Rineka Cipta, 2006)

A. W. Munawwir, Kamus Al-Munawir Arab-Indonesia Terlengkap, (Jakarta: Pustaka Progressif, 1997)

I Made Wirartham, Teknik Penulisan Skripsi Dan Tesis, (Jakarta: Amelia, 2007)

Imam Ibnu Hajar Al Asqolani, Fathul Bari Syarah Shahih Al Bukhari, (Beirut: Maktabah Al-Aisar, tt.), hal. Tt

Jtptiain_gdl_abdulhakim_5690_1_073111536.pdf

Kamaruddin Ulya, Model Pembelajaran Yang Praktis, (Jakarta: Persada, 2009)

Kusairi dalam Howard Gardner, Ilmu Mendidik Dalam Perspektif Islam, (Bandung: Tarsito, 1998)

Muhammad Athiah Al-Abrasi, Falsafah Pendidikann Islam, Terj.Hasan Langgulung, (Jakarta: Bulan Bintang, 2007)

M. Amin HM, Metode Pendidikan Dalam Al-Qur’an, (Makasar: Alauddin University Press, 2013).

Muhammad Ghaibi, Asasul Islam, (Surabaya: Kudus, 1999)

Made Wirartha, Pedoman Penulisan Usulan Penelitian Skripsi Dan Tesis, (Yogyakarta: Andi Ofset, 2006)

Mu'ammal Hamidy; Imron A. Manan dalam tafsir Ash-Shabuni, Terjemahan Tafsir Ayat Ahkam Ash Shabuni (Jilid 2), (Surabaya: Jil.2, Bina Ilmu,1994)

Nana Sudjana,, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Sinar Baru, 2004)

Saiful Djamarah Dkk, Strategi PemebelajaranAl-Qur’an, (Jakarta: Aksara, 2000)




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v8i1.4594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PIONIR: Jurnal Pendidikan



View My Stats

View My Stats


Indexed By:

 


PIONIR: Jurnal Pendidikan
P-ISSN 2339-2495
E-ISSN 2549-6611

Publised by Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Flag Counter