KELAYAKAN LKS TERINTEGRASI NILAI AGAMA UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB

Halimah Tussakdiah, Retno Triwoelandari, Ahmad Sobari

Abstract


Lembar kegiatan siswa yang digunakan di sekolah berisi kumpulan soal-soal, sehingga membuat siswa jenuh dalam proses pembelajaran. Lembar kegiatan siswa yang digunakan juga masih belum diintegrasikan ke dalam nilai agama, sehingga kurang tertanam nilai keagamaan pada diri siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kelayakan LKS terintegrasi nilai agama untuk mengembangkan karakter tanggung jawab. Penelitian  dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development (R & D). Pengumpulan data yaitu dengan dokumentasi, observasi dan angket respon siswa. Analisis angket validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli bahasa dan hasil penilaian dari responden dengan menggunakan skala likert. Uji validasi ahli materi diperoleh hasil 82%, uji validasi ahli bahasa diperoleh hasil 71% dan uji validasi yang didapat melalui responden dikonvensasikan dalam bentuk presentase dengan angka 87%. Berdasarkan hasil uji validasi ahli materi, ahli bahasa dan responden dapat dikatakan bahwa lembar kegiatan siswa terintegrasi nilai agama untuk mengembangkan karakter tanggung jawab dalam kriteria layak.


Keywords


LKS, Integrasi, Karakter Tanggung Jawab

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional, Panduan Pengembangan Bahan Ajar, (Jakarta: Depdiknas, 2008).

Hasyim, Metode Penelitian dan Pengembangan di Sekolah, (Yogyakarta: Media Akademi, 2016).

Panduwinata, Andika, Buku Anak SD di Tangsel Terdapat Konten Narkoba, (online) http://wartakota.tribunnews.com/2016/10/26/buku-anak-sd-di-tangsel-terdapat-konten-narkoba, 26 Oktober 2016.

Riduwan, Skala Pengukuran Variabel-V ariabel Penelitian, (Bandung: Alfabeta, 2012).

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2016).

Wulandari, dkk, 2017, Pengembangan Model Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Untuk Menumbuhkan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas 5 Di SDIT Kota Bogor, Procedding 2ndInternasional Multiliteracy Conference And Workshop For Students And Teachers Bandung 5-6 Oktober 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v8i2.6224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PIONIR: Jurnal Pendidikan



View My Stats

View My Stats


Indexed By:

 


PIONIR: Jurnal Pendidikan
P-ISSN 2339-2495
E-ISSN 2549-6611

Publised by Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Flag Counter