PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI RUKUN IMAN PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 49 KOTA BANDA ACEH

Irwandi Irwandi

Abstract


Penggunaan media yang tepat dalam proses belajar mengajar akan menjadikan suasana belajar yang menyenangkan. Dalam proses belajar mengajar, seorang guru diharapkan dapat memberikan pengajaran yang mudah dipahami oleh siswa. Akan tetapi kenyataannya dilapangan, masih terdapat guru yang belum tepat dalam menggunakan media pembelajaran dan kurang memanfaatkan media yang ada di sekolah. Mengingat hal yang demikian, guru harus mampu menggunakan media yang tepat dan efisien dalam pembelajaran, khususnya pada pembelajaran. sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan tidak membuat siswa bosan saat belajar. Salah satu cara yang dapat ditempuh oleh guru adalah dengan menggunakan media audio visual dalam pembelajaran. Pertanyaan peneliti dalam skripsi ini adalah Bagaimanakah aktivitas guru dan siswa dengan penggunaan media audio visual materi rukun iman  pada siswa kelas I SDN 49 Kota Banda Aceh? Bagaimanakah hasil belajar siswa dengan menggunakan media audio visual materi rukun iman  pada siswa kelas I SDN 49 Kota Banda Aceh? penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data tentang kegiatan pembelajaran diperoleh dari pengamatan guru dalam mengelola pembelajaran, pengamatan siswa dalam proses belajar, hasil tes belajar siswa, angket respon siswa, dan wawancara. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan rumus yang sesuai dengan kriteria aktivitas yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan media audio visual pada siklus I pertemuan 1 dengan nilai rata-rata 53,43. Pada pertemuan 2 dengan nilai 57,28. Pada siklus II pertemuan 1 memperoleh nilai rata-rata 62,18 dan pertemuan 2 dengan nilai 76,25. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual sangat cocok di gunakan pada pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SDN 49 Kota Banda Aceh.


Full Text:

PDF

References


Abd, Kadir & Asrohah, Hanun. 2014. Pembelajaran Tematik. Jakarta: Rajawali Pers.

Afrizal, Rya. “Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Di Kelas X Di SMKN 1 Banda Aceh”, Skripsi, (Banda Aceh, UIN Ar-raniry.2014).

Ain, Nurul & Kurniawati, Maris. “Implementasi Kurikulum KTSP: Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar”, Jurnal Inspirasi Pendidikan, Universitas Kanjuruhan Malang.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, (Edisi Revisi).

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

B. Uno, Hamzah, dkk,. 2011. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Defiya. 2014. “Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V MIN Mesjid Raya Banda Aceh”, Skripsi: Banda Aceh: UIN Ar-Raniry.

Fathurrohman, Pupuh & Sutikno, Sobry. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.

Haryoko, Sapto. “ Efektifitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran”. Jurnal Edukasi@Elektro, Volume 5, (1):2009.

http://ariplie.blogspot.co.id/2016/05/penggunaan-media-audio-visual.html. Di akses tanggal 28 Juli 2016

http://sialvianputranto.blogspot.co.id/2012/04/langkah-penggunaan-media-dan-metode.html. Di akses tanggal 29 Juli 2016

Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Depok: Rajawali Pers.

Mahmud & Priadi, Tedi. 2005. Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Sahifa.

Meliyanti, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Disiplin Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Reward Dan Punishment Kelas V Pada Min Alue Jang Kabupaten Aceh Jaya”, skripsi, (Banda Aceh: Universitas Serambi Mekah, 2013).

Pupuh Fathurrohman & Sobry Sutikno, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: PT Refika Aditama

Roy, Manihai. Pengertian Hasil Belajar Menurut Para Ahli, Di Akses Tanggal 27 Januari 2016 Dari Situs: Http://Aroxx.Blogspot.Co.Id/2015/01/Pengertian-Hasil-Belajar-Menurut-Para.Html.

Rumengan, Jemmy, dkk. 2013. Statistik Penelitian. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Rusman. 2013. model-model pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Renika Cipta.

Suiraoka, I Putu, dkk. 2012. Media Pendidikan Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sukini, “Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar Kelas Rendah Dan Pelaksanaannya”, Jurnal Magistra No. 82 Th,XXIV Desember 2012, ISSN 0215-9511.

Sukewi. 1994. Proses Belajar Mengajar. Semarang: IKIP Semarang Press.

Sukiman. 2011. Pengembangan media pembelajaran. Jogjakarta: pedagogia.

Sudijono, Anas. 2004. Pengantar Statistik Pendidikan . Jakarta: Rajawali Perss

Syaifudin Bahri, Djamarah. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto. 2011. Desain Pembelajaran Tematik. Jakarta: Kencana Prenada Media Guru.

Wawasan Pendidikan.Com, Pendapat Ahli Tentang Belajar,Hasil Belajar Serta Faktor Yang Mempengaruhi Proses Dan Hasil Belajar, Diakses Tanggal 27 Januari 2016 Dari Situs: Http://Www.Wawasanpendidikan.Com/2013/08/Pendapat-Ahli-Tentang-Belajar-Hasil-Belajar-Serta-Faktor-Yang-Mempengaruhi-Proses-Dan-Hasil-Belajar.Html.

Muluk, S., Habiburrahim, H., Zulfikar, T., Orrell, J., & Mujiburrahman, M. (2019). Developing generic skills at an Islamic higher education institution curriculum in Aceh, Indonesia. Higher Education, Skills and Work-Based Learning.

Zulfikar, T., & Mujiburrahman. (2018). Understanding own teaching: becoming reflective teachers through reflective journals. Reflective Practice, 19(1), 1-13.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN



View My Stats

View My Stats


Indexed By:

 


PIONIR: Jurnal Pendidikan
P-ISSN 2339-2495
E-ISSN 2549-6611

Publised by Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Flag Counter