PENDEKATAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN DI ACEH

Ridhwan M Daud

Abstract


Pengembangan suatu daerah harus dimulai dengan pengembangan pendidikan dan pengembangan pendidikan dimulai dari pengembangan kurikulum. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan dalam pengembangan kurikulum adalah pendekatan rekontruksionisme konservatifyaitu peningkatan kualitas hidup suatu masyarakat dengan mencari solusi terhadap masalah-masalah yang paling mendesak yang mereka hadapi. Sedangkan model pengembangan yang dapat pilih adalah model pengembangan yang dikembangkan oleh Hilda Taba yang dimulai dengan melaksanakan percobaan-percobaan, kemudian baru dikembangkan menjadi suatu kurikulum baku untuk dilaksanakan. Aceh sebagai daerah syari’at dalam pengembangan kurikulum ini, nilai-nilai yang terdapat dalam al-Quran dan Hadist harus menjadi falsafah pengembangannya.


Full Text:

PDF

References


Fadila Adelin (brl/pep), https://www.brilio.net/news/sudah-11-kali-ganti-ini-beda-kurikulum-pendidikan-dari-masa-ke-masa-150502x.html. Diekses tgl.18 November 2019

Fithri Wahyuni, Kurikulum dari masa ke masa (Tela’ah atas Pentahapan Kurikulum di Indonesia. Jurnal Al-Adabiya-Vol.10 No.2, Juli-Desember 2015.

Mohamad Johdi Salleh, The Principles of Education in Islam. International Seminar on Philosophy and Islamic Education, 2-3 August 2008. Venue MUIS, Singapore. Organiser, Majlis Ugama Islam Singapore.

Muhaimin, Wacana Pengembangan Pendidikan Islam, (Surabaya: Pustaka Pelajar, 2004).

Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik, Bandung, Remaja Rosda Karya, Cet. Ke 5, 2002.

Oemar Hamalik, Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2008).

S.Susanto, Kurikulum dan Pengajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 2006).

Undang-Undang N0.20 Tahun 2003 pasal 3

Wina Sanjaya, Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan KurikulumTingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta, Kencana Prenada Media Group, Cet. II, 2009.

Zainal Arifin, Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, Konsep, Teori, Prinsip, Prosedur, Komponen, Pendekatan, Model, Evaluasi dan Inovasi, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011).




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN



View My Stats

View My Stats


Indexed By:

 


PIONIR: Jurnal Pendidikan
P-ISSN 2339-2495
E-ISSN 2549-6611

Publised by Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Flag Counter