EMOTIONAL QUOTIENT DAN DERAJAT DEPRESI SANTRI MADRASAH ALIYAH PESANTREN TAHFIDZ QURAN

Rizkia Karina Ayu, Fitriah M. Suud, Fitriah M. Suud

Abstract


Masa Remaja anak-anak mengalami ketegangan emosi yang meninggi  disebabkan oleh tekanan sosial. Tanda-tanda emosional ini berupa rasa kecewa, marah, khawatir, bangga, malu, cinta, benci, harapan serta rasa putus asa. Jika remaja memiliki tekanan pikiran yang tinggi merasa tidak mampu dalam menyelesaikan masalah.Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosi, derajat depresi dan mengetahui adanya  hubungan antara kecerdasan emosi dengan derajat depresi pada remaja putri yang  diasramakan dipondok pesantren. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik  dengan pendekatan cross sectional menggunakan pendekatan kuantitatif dengan  metode Uji korelasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 106 santri. Teknik pengambilan sampel menggunakan simpel random sampling. Teknik analisis data menggunakan uji koreasi dengan menggunakan program  SPSS Statistics 22 untuk melihat hasil hubungan antaran kecerdasan emosi (EQ)  dengan derajat depresi pada santri kelas XI dan XII madrasah aliyah pesantren tahfidz Quran terpadu al-hikmah cirebon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  (1) tingkat Kecerdasan emosional santri Madrasah Aliyah Al-Hikmah kategori XI  dan XII berada pada tingkat sedang (2) Distribusi tingkat depresi santri kelas XI  dan kelas XII MA Al-Hikmah bervariasi yaitu depresi normal, depresi ringan,  depresi sedang dan depresi berat (3) Hipotesis diterima bahwa ada hubungan negatif antara (EQ) dengan derajat depresi pada siswi Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Tahfidz Quran. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji korelasi dengan nilai Sig. 0,000 > 0,05 dan  nilai koefisien korelasi (r) -0,621 Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin rendah  nilai kecerdasan emosi (EQ) maka derajat depresi semakin tinggi, dan sebaliknya  semakin tinggi nilai kecerdasan emosi (EQ) maka derajat depresi semakin rendah. 


Keywords


Emotional Intelligence (EQ), Depresi, Remaja, Pesantren, Psikologi pendidikan

Full Text:

PDF

References


Amin, M. Al, & Juniati, D. (2017). Klasifikasi Kelompok Umur Manusia Berdasarkan Analisis Dimensi Fraktal Box Counting Dari Citra Wajah Dengan Deteksi Tepi Canny. Jurnal Ilmiah Matematika, Volume 2 N, 33–42.

Asma Abidah Al Aziz. (2020). Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Media Sosial dan Tingkat Depresi pada Mahasiswa. Acta Psychologia, Volume 2 N, Halaman 92-107.

Astuti, D. (2017). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Tingkat Depresi Pada Remaja. PSYCHO IDEA, Vol 7, No, 65–73. https://doi.org/10.30595/psychoidea.v7i1.173

Azizah Fitriah. (2018). Kecerdasan Emosi Dan Depresi Pada Mahasiswa Yang Sudah Menikah. Jurnal Studia Insania, Vol. 6, No, 146–157. https://doi.org/10.18592/jsi.v6i2.2505

Farhanah, N., & Zulaikha, S. R. (2016). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Kinerja Pustakawan Di Perpustakaan. JURNAL KAJIAN INFORMASI & PERPUSTAKAAN, Vol.4/No.2, hlm 179-190.

Fauzi Rahman, Hafizh Zain Abdillah, Putri Cahyanti, N. M. D. I. S. (2020). Peran Kecerdasan Emosi Terhadap School Well-being Siswa SMP di Kota Yogyakarta. Jurnal Al-Qalb, Vol 11, No, 23–29. https://doi.org/DOI: 10.15548/alqalb.v11i1.1208

Fikry, T. R., & Khairani, M. (2017). Kecerdasan Emosional Dan Kecemasan Mahasiswa Bimbingan Skripsi di Universitas Syiah Kuala. Jurnal Konseling Andi Matappa, Volume 1 N, Hal 108-115.

Hartini. M.Pd. Kons. (2017). Perkembangan Fisik Dan Body Image Remaja. Jurnal IAIN Curup, ISLAMIC CO, 27–54.

Jamun, Y. M., Ntelok, Z. R. E., & Ngalu3, R. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Perangkat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, Vol. 4, No, 46–50.

Khoirul Bariyyah Hidayati, M. F. (2016). Konsep Diri, Adversity Quotient dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Jurnal Psikologi Indonesia, Vol. 5, No, 137– 144.

Lidia Widia. (2017). Hubungan Antara Status Pekerjaan Ibu Dengan Pemberian Asi Eksklusif Pada Bayi Usia 6-12 Bulan Di Bidan Praktik Mandiri (Bpm) Noor Dwi Lestari Amd.Keb Desa Blok C I Madu Retno Kecamatan Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu. Jurnal Darul Azhar, Vol 2, No., Vol 2, No.1.

Listiyandini, E., & Arruum, F. R. (2017). Hubungan Antara Mindfulness Dengan Depresi Pada Remaja. Jurnal Psikogenesis, Volume 5, 115–122.

Praptikaningtyas, A. A. I., Wahyuni, A. A. S., & Aryani, L. N. A. (2019). Hubungan Tingkat Depresi Pada Remaja Dengan Prestasi Akademis Siswa Sma Negeri 4 Denpasar. JURNAL MEDIKA UDAYANA, VOL. 8 NO., 1–5.

Santoso, M. B., Asiah, D. H. S., & Kirana, C. I. (2017). Bunuh Diri Dan Depresi Dalam Perspektif Pekerjaan Sosial. Jurnal Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 4 No:(2581–1126), 390–447.

Saputri, I. A., & Nurrahima, A. (2020). Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Depresi Anak Usia Sekolah: Kajian Literatur. Journal of Holistic Nursing and Health Science, Volume 3, Hal. 50-58.

Sindy Fajriyatul Ramdhani, Mohammad Fanani, D. N. (2020). Hubungan Tingkat Kecerdasan Emosi Dengan Derajat Depresi Pada Mahasiswa Kedokteran. Jurnal Wacana Psikologi, Vol.12, No, 110–132. https://doi.org/https://doi.org/10.13057/wacana.v12i1.171

Siti Aesyah. (2019). Masa Puber Saat Remaja (Raharjo (ed.)). Mutiara Aksara. Suryanto dan Gustina Erlianti. (2018). Kecerdasan Emosional Pustakawan Dalam Mlayani Pemustaka. Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, Volume 2 n, 72–78.

Teuku Rijalul Fikry dan Maya Khairani. (2017). Kecerdasan Emosional Dan Kecemasan Mahasiswa Bimbingan Skripsi di Universitas Syiah Kuala. 110 Jurnal Konseling Andi Matappa, Volume 1 N, Hal 108-115. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.31100/jurkam.v1i2.60




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/psikoislamedia.v7i2.13231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rizkia Karina Ayu, Fitriah M. Suud, Fitriah M. Suud

PSIKOISLAMEDIA
Published by Faculty of Psychology UIN Ar-Raniry

Journal Secretariat:
Jl. Syeikh Abdur Rauf, Fakultas Psikologi, Kopelma Darussalam UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, 23111,
e-mail: psikoislamedia@ar-raniry.ac.id

INDEXED BY:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.