POLA ASUH OTORITER DAN PERILAKU AGRESI VERBAL PADA SISWA/AUTHORITARIAN PARENTING AND VERBAL AGGRESSIVE BEHAVIOR ON STUDENTS
Abstract
Perilaku agresi verbal dapat berdampak buruk, namun remaja saat ini menganggapnya adalah hal yang biasa bagi mereka. Hal ini harus dibenahi salah satu caranya adalah membenahi pola asuh yang diterapkan orang tua kepada anak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh antara pola asuh otoriter teradap perilaku agresi verbal pada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang. Sampel penelitian sebanyak 72 siswa diperoleh dengan tehnik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh antara pola asuh otoriter dengan perilaku agresi verbal R= 0,285 dengan nilai F 27,938 dan niai sig 0,000 dimana pola asuh otoriter dan perilaku agresi verbal pada siswa sebesar 28,5%. Yang artinya semakin tinggi intensitas penerapan pola asuh otoriter maka semakin tinggi juga intensitas remaja memiliki perilaku agresi verbal.
Verbal aggressive behavior could be bad impact, but the teenagers right now think this is common thing for them. This thing must be repairing, one of the way is repairing parenting applied by parents to children. This research aim to see the effect of authoritarian parenting on verbal aggressive behavior to students. Research method that used is quantitative method. This research was done at SMPN 2 KEJURUAN MUDA KABUPATEN ACEH TAMIANG. The research sample is 72 students obtained by purposive sampling technique. The research showed there is influence between authoritarian parenting with verbal aggression behavior R= 0,285 with value F 27,938 and sig value 0,000 where authoritarian parenting affects verbal aggression behavior in students by 28.5%. Which means more higher the intensity of the application of authoritarian parenting then the intensity of adolescents who have verbal aggression behavior was more higher too.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arron, A., & Dwiastuti, I. (2019). Gambaran vicarious learning dan agresivitas verbal pada siswa smp. Psikologi Pendidikan, 193-197.
As'ari, M. H. (2015). Hubungan antara pola asuh otoriter dengan kemandirian. Naskah Publikasi.
Baron, Robert A., & Bryne, Donn. (2005). Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.
Baumrind, D., Larzelere, R. E., & Cowan, P. A. (2002). Ordinary physical punishment. Psychological Bulletin, 128, 580-589
Candra, A. (2010). Agresi pada manusia. Jakarta: Kompas.com. Retrieved from https://www.google.com//amp/s/amp.kompas.com/lifestyle/read/2010/08/02/08461591/Agresi.pada.Manusia-3
Dewi, N. P., & Susilawati, L. K. (2016). Hubungan antara kecenderungan pola asuh (authoritarian parentng style) dengan gejala perilaku agresif pada remaja. Jurnal Psikologi Udayana, 108-116.
Firdaus, M. T., Muhari, Christiana, E., & Pratiwi, T. I. (2012). Faktor-faktor penyebab perilaku agresif pada siswa di smp kelurahan kedung asem surabaya. BK UNESA, 68-76.
Hapsari, Y. D. (2019). Hubungan antara tekanan teman sebaya dengaan agresi verbal remaja putri di sekolah berasrama. Naskah Publikasi
Hati, N. K. (2013). Hubungan antara persepsi pola asuh otoriter ibu dengan perilaku agresi pada siswa sd. Naskah Publikasi.
Hurlock, E. B. (2004). Psikologi Perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (5nd ed.). Jakarta: Erlangga.
Kartika Putra, A. N. (2015). Hubungan antara pola asuh otoriter dengan agresivitas pada remaja. Naskah Publikasi. Surakarta.
Olga, N. F. (2019). Hubungan kematangan emosi dengan agresivitas verbal yang dilakukan pada kalangan mahasiswa.
Pratiwi, P., & Sari, H. (2017). Perilaku bullying pada sekolah asrama di banda aceh.Junal Bimbingan dan Koseling.
Saputra, D. K., & Sawitri, D. R. (2015). Pola asuh otoriter orang tua dan agresivitas pada remaja pertengahan di smk hidayah semarang. Jurnal Empati, 320-326.
Sugiyono. (2011). Metide penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta.
Tola, Y. P. (2018). Perilaku agresif anak usia dini dilihat dari pola asuh orang tua. jurnal buah hati, 1-13.
Widodo, P. B. (2006). Reliabilitas dan validitas konstruk skala konsep diri untuk mahasiswa indonesia. Jurnal Psikologi, 3.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/psikoislamedia.v7i2.15120
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Barmawi - Barmawi, Julia - Aridhona, Renika - Renika
Published by Faculty of Psychology UIN Ar-Raniry
Journal Secretariat:
Jl. Syeikh Abdur Rauf, Fakultas Psikologi, Kopelma Darussalam UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, 23111,
e-mail: psikoislamedia@ar-raniry.ac.id
INDEXED BY:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.