EFEKTIVITAS MEMBACA DAN MENTADABBURI AL-QUR’AN DALAM MENURUNKAN KECEMASAN SISWA YANG AKAN MENGHADAPI UJIAN SEKOLAH
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adz-dzakiey, H. B. (2015). Prophetic intelligence: Kecerdasan kenabian. Yogyakarta: Al-Manar.
As-Sahbuny, A. (2016). Kamus al-qur’an: Qur’anic explorer.
Astuti & Resminingsih. (2010). Pelayanan konseling pada satuan pendidikan menengah (ed.1). Grasindo.
Conger, J.J., (1997), Adolescence and Youth Psychological Development in A Changing World (2nd ed.). New York: McGraw-Hill Publishing Company.
Fadlillah, M.W. (2011). Keteraturan menjalankan shalat fardhu dan kecemasan menghadapi ujian nasional pada siswa MAN 2 Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya. Universitas Islam Indonesia.
Handa, F & Kembar3HMI. (2015). Lakukanlah! Sebab apa yang kau lakukan itulah yang kau dapatkan. Jakarta: QultumMedia.
Hendrik, S. (2008). Sehat dengan Salat. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Jaradat, A.K.M. (2004). Test anxiety in jordanian students: Measurement, correlates and treatment. Disertasi (tidak diterbitkan). Marburg: Universitat Marburg.
Julianto, V., & Subandi. (2015). Membaca al-fatihah reflektif intuitif untuk menurunkan depresi dan meningkatkan imunitas. Jurnal Psikologi, 42(1).
Kariim Al-Lahim & Ar-Ruwaisyid. (2016). Panduan Tadabbur Al-Qur’an. Solo: Kiswah Media.
Karnianto, S. (2013). Kemampuan berpikir positif mutadabbirin al-qur’an. Sripsi tidak diterbitkan. Surakarta.
Kurnianto.(2013). Kemampuan berpikir positif mutadabbirin alqur’an. Naskah publikasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta: Surakarta.
Latipun. (2006). Psikologi eksperimen. Malang: UMM Press-Universitas Muhammadiyah Malang.
Mulyadi, Hidayah, R. & Mahfur, M. (2012). Model psikoterapi al-Qur’an menanggulangi kecemasan santri lembaga tinggi pesantren luhur dan pondok pesantren Baiturrahmah di kota Malang. Jurnal Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Najati, M.U. (2003) Psikologi dalam Tinjauan Hadits Nabi Muhammad Saw. Jak-sel: Mustaqim
(http://news.okezone.com/read/2013/05/23/501/811182/komnas-anak-kawal-kasus-siswa-gantung-diri-karena-un).
diakses pada tanggal 14/10/2016
Nevid, J. F., dkk. (2005). Psikologi Abnormal. Jakarta: Erlangga.
Prapto, D.A.P. (2015). Terapi Tadabbur al-Qur’an untuk mengurangi kecemasan menghadapi persalinan pertama. Tesis tidak diterbitkan. Magister Psikologi Profesi. Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.
Purwoko, S.B. (2013). Terapi refleksi al-fatihah. Jurnal Psikologika 18(2).
Sapp, M. (1999). Test anxiety Applied research, assessment and treatment (2nd ed.). Maryland: University Press of America.
Sholeh. (1999). Korelasi antara keseringan membaca al-quran dengan penurunan ke.cemasan. Surabaya: Kepustakaan IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Siber, J., O’Neil, H. & Tobias, S. (1977). Anxiety, learning and instruction. New Jersey: Jhon Wiley and Son.
Speilberber, C., Gonzalez, H.P., Taylor, C.G., Ross, W.R. & Anton, W.D. (1977). Test apptitude inventory. California: Consulting psychologist press.
Sugiyono. (2011). Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif R & D. Bandung: Alfabeta.
Supranto, J. (2002). Statistik nonparametric. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Syarifuddin. (2004). Mendidik anak, membaca, menulis, dan mencintai alqur’an. Jakarta: PT Gema Insani.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/psikoislamedia.v2i1.1821
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Eri Yudhani, Veni Suharti, Annisa Adya, Eliza Sutri Utami
Published by Faculty of Psychology UIN Ar-Raniry
Journal Secretariat:
Jl. Syeikh Abdur Rauf, Fakultas Psikologi, Kopelma Darussalam UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, 23111,
e-mail: psikoislamedia@ar-raniry.ac.id
INDEXED BY:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.