HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN SIKAP KEBERAGAMAAN MAHASISWA BATUSANGKAR

Sisrazeni Sisrazeni

Abstract


Masalah pokok dalam penelitian ini adalah apakah hubungan pola asuh orang tua dengan kecerdasan emosional dan sikap kenberagamaan Mahasiswa IAIN Batusangkar. jika terdapat korelasi, seberapa erat korelasiantara pola asuh demokratis dan kecerdasan emosionaltersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pola asuh demokratis dan kecerdasan emosionalMahasiswa IAIN Batusangkar
Jenis penelitian ini termasuk kepada penelitian korelasional dengan metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi populasinya adalah Mahasiswa semester II Jurusan Bimbingan Konseling dapun sampel penelitian diambil dengan menggunakan simple random sampling, maka diperoleh sampel sebanyak 45 orang Mahasiswa dan Data tentang hubungan antara pola asuh demokratis dan kecerdasan emosional dikumpulkan melalui angket yang diberikan kepada Mahasiswa yang menjadi sampel penelitian.
Hasil analisis data dengan menggunakan teknik korelasi product moment diperoleh hasilbahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh demokratis dan kecerdasan emosional(Ha) dapat diterima. Hal ini menunjukkan bahwa pola asuh demokratis merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kecerdasan emosional Mahasiswa.


Full Text:

PDF

References


Abdul Ghofur. 2009, Karya Ilmiah Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap PerkembanganKarakteristik Anak. Tersedia: http://ary-education.blogspot.com.

Abdul Halim Hanafi, Metodologi Penelitian Bahasa untuk Penelitian Tesis & DisertasiJakarta : Diadit Media Press, 2011.

Abdul Mujid Dan Jusuf Mudzakir, Nuansa-Nuansa Psikologi Islam, Jakarta: PT. Raja Rafindo Perseda, 2001.

Ade Rahmawati, Motivasi Belajar Mahasiswa Ditinjau dari Pola Asuh, Medan: USU Repository, 2006.

Agus Efendi, Revolusi Kecerdasan Kritik MI, EI, SQ, AQ, dan Successful Intellegence Tas IQ, Bandung: Alfabeta, 2005.

Agus Nggermanto, Quantum Quation (Kecerdasan Quantum),Bandung: Nusantara, 2002.

Anas Sudijono, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: PT. Grafindo Persada, 2005.

Aunurrahman, Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta, 2012.

Badudu dan Sutan M Zain. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1994.

Bimo Walgito, Bimbingan Konseling, (Studi & Karir), Yogyakarta: CV Andi Offest, 2010.

Daniel Goleman, Kecerdasan Emosinal, Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama, 1998.

----------------, Kecerdasan Emosional Untuk Mencapai Puncak Prestasi, Jakarta: PT Gramedia, 2001.

Desmita, Diktat Metode Penelitian,Batusangkar: STAIN BSK, 2006.

----------------, Psikologi Perkembangan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005.

Dina Setianingsih, Perbedaan kedisiplinan Belajar Siswa Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua,Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadyah, 2007).

Dwi Sunar Prasetyo, Tes IQ dan EQ Plus, Jogjakarta: Bukubiru, 2010.

Eko Putro Widoyoko, Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.

Elda Prayitno, Psikologi Perkembangan Remaja, Padang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang, 2002.

Fuad Hasan, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kedua, Balai Pustaka, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Hamzah B Uno, Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008.

Jeanne Ellis Ormrod, Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang, Jakarta: PT. Gelora Aksara Praama, 2008.

Juliansyah Noor, Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi & Karya Ilmiah,Jakarta: Kencana Perdana Media Group, 2011.

Marta Sri Sudarwin, Korelasi Kecerdasan Emosional dengan Kepercayaan Diri Siswa (Studi Kelas XI SMAN 1 Pariangan), Stain Batusangkar: 2013.

Moh.Padil Triyo Supriyanto, Sosiologi Pendidikan, Yogyakarta: UIN-Maliki Press, 2010.

Mona Yulia Zulfa, Hubungan Pola Asuh Orang Tua “Single Parent dengan Konsep Diri Siswa Mtsn Padang Tarab Kecematan Baso, Batusangkar: STAIN Batusangkar , 2013.

Muallifah, Psycho Islamic Smart Parenting,Jogjakarta: Diva Press, 2009.

Muhamad Ali & Muhamad Asrori, Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Mustaqim, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah Iain Walisongo Semarang.

Nurul Fadhi, Pola Asuh Orang Tua, online: jtpunimus-gdl-nurulfadhi-5489-4babii.pdf, Akses 17 Desember 2015.

Purwa Atmaja Prawira, Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Riduwan, Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula,Bandung: Alfabeta, 2005.

Rifa Hidayah, Psikologi Pengasuhan Anak, UIN Malang Press, 2009.

Soerjono Soekanto, Sosiologi Suatu Pengantar,Jakarta: PT Raja Grafindo, 2006.

Sugiyono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2007.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2010.

Suharsimi Arikunto, Metode-Metode Penelitian Masyarakat,Jakarta: Bina Aksara, 1989.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2011.

Suharsono, Melejitkan IQ, IE & IS, Depok: Inisiasi Press, 2005.

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya,Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Syaiful Bahri Djamarah, Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga, Jakarta, 2014

Syamsu Yusuf & Juntika Nurihsan, Landasan Bimbingan dan Konseling, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.

Syofian Siregar, Statistika Deskriptif Untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual Dan Aplikasi SPSS Versi 17,Jakarta: Rajawali PERS, 2011.

WJS Poerwadarminta, Kamus Besar Bahasa Indonesia,Jakarta: PN. Balai Pustaka, 1982.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/psikoislamedia.v3i2.5627

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sisrazeni Sisrazeni

PSIKOISLAMEDIA
Published by Faculty of Psychology UIN Ar-Raniry

Journal Secretariat:
Jl. Syeikh Abdur Rauf, Fakultas Psikologi, Kopelma Darussalam UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, 23111,
e-mail: psikoislamedia@ar-raniry.ac.id

INDEXED BY:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.