Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afiif, A. (2014) Psikologi Guru. Makassar: Alauddin University Press
Akbar, M.Y.A., Amalia, R.M., & Fitriah, I. (2018). Hubungan Religiusitas dengan Self Awareness Mahasiswa Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam (Konseling) UAI. Jurnal Al- Azhar Indonesia Seri Humaniora, 4 (4), 265-270. http://dx.doi.org/10.36722/sh.v4i4.304
Ansari, M.I. (2015). Strategi Sistem Full Day School dalam Membentuk Empati Siswa. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, I (1), 70-78. http://doi.org/10.31602/muallimuna.v1i1.276
Arifin, Z. (2009) Evaluasi Pembelajaran Prinsip Teknik Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Damayanti, E. (2015). Peran Belajar Berdasar Regulasi Diri dan Penyesuain Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswi Madrasah Tsanawiyah Muallimat, Yogyakarta. Jurnal Biotek, 3 (2), 54-69. https://doi.org/10.24252/jb.v3i2.1023
Goleman, D. (2000) Emotional Intelligence Kecerdasan Emosional Mengapa EI Lebih Penting daripada IQ. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Hamansah. (2014). Pengaruh Metode Asosiasi Terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Al-Fityan Gowa. Jurnal Biotek, 2(1), 35-42. https://doi.org/10.24252/jb.v1i1.1688
Hampes, W.P. (2010). The Relation Between Humor Style and Empathy. Europe’s Journal of Psychology, 6(3), 34-45. https://doi.org/10.5964/ejop.v6i3.207
Hardiyanto. (2016). Teori dan Pengembangan Iklim Kelas dan Iklim Sekolah. Kencana: Jakarta
Hastuti, R. (2018). Pengaruh Regulasi Diri (Self Regulation) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi pada Peserta Didik Kelas XI MIA MAN 1 Bulukumba. Skripsi. Makassar: UIN Press
Hermita, R., Karyanto, P., Rosyidi, A. (2012). Hasil Belajar Kognitif Biologi Diprediksi dari Emotional Quotient (EQ) dan Kesiapan Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi 4(2), 90-97.
Manizar, HM. Ely. (2016). Mengelola Kecerdasan Emosi. Tadrib, 2(2), 1-16.
Ibrahim, M.M. (2011) Kecerdasan Emosional Peserta Didik Berbakat Intelektual. Makassar: Alauddin University Press
Ibrahim, N. (2012). Hubungan Antara Belajar Mandiri dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Terbuka. Lentera Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) 15(1), 1-17. https://doi.org/10.24252/lp.2012v15n1a1
Ismail, W. (2013). Differensiasi Emotional Quetiont pada Pelajar. Gowa: Alauddin University Press.
Khan, M.I., Awan, U., Yasir, M., Mohammad, N.A.B., Shah, S.H.A., Qureshi, M.I., & Zaman, K. (2014). Transformational Leadership, Emotional Intelligence and Organizational Commitment: Pakistan’s Service Sector. Argumenta Oeconomica, 33(2), 67-92.
Kristini, R.E., & Mere, F.N. (2010). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Prestasi Akademik pada Mahasiswa Prodi Keprawatan S1 Program A angkatan I STIKES RS. BAPTIS Kediri. Jurnal STIKES RS. BAPTIS-Ed. 1, 3(1), 13-18.
Lawrence, A.S., Arul., & Deepa, T. (2013). Emotional Intelligence and Academic Achievement of High School Students in Kanyakumari District. International Journal of Physical and Social Science, 3(2), 101-105.
Maryanti, E. (2013). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dan Keyakinan Diri (Self-Efficacy) dengan Kreativitas pada Siswa Akselerasi. Skripsi. Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Purba, V.L. (2013). Teamwork: Studi Indgenous pada Karyawan PNS dan Swasta Bersuku Jawa. Journal of Social and Industrial Psychology, 2(2), 76-85.
Purwanti. (2010). Mengembangkan Kecerdasan Emosional Pada Anak Taman Kanak-Kanak Sebagai Upaya Menciptakan Anak Cerdas, Ceria dan Berakhlak. Jurnal Untan, 2(1), 196-214. http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v2i1.68
Purwati, P., & Nurhasanah N. (2016). Deskripsi Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika UNIPA Pancaran, 5 (4), 169-178.
Rambe, N.A.P., Hasanah, U., & Chairunnisa, N. (2018). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MAN 3 Medan. Jurnal Pelita Pendidikan, 6 (29), 90-94. https://doi.org/10.24114/jpp.v6i2.10145
Rini, A.M., Maskun., & Ekwandari, S. (2018) Hubungan Kesadaran Diri dengan Hasil Belajar Peserta Didik SMAN Negeri 1 Pagelaran. Skripsi. Lampung: FKIP UNILA
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Santrock, J.W. (2015). Educational Psychologi, 2 nd edition. Jakarta: Prenadamedia Group
Triwiyanto, T. (2014). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Uno, H.B. (2012). Orientasi Buku dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Wahyuningsih, A.S. (2004). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas II SMU Lab School Jakarta Timur. Skripsi. Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia
Welschen, J., Todorova, N., & Mills, A. (2012). An Investigation of The Impact of Intrinsic Motivation on Organizational Knowledge Sharing. International Journal of Knowledge Managemenet, 8(2), 23-42. https://www.researchgate.net/deref/http%3A%2F%2Fdx.doi.org%2F10.4018%2Fjkm.2012040102
Widyaningsih, S. (2013). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Godean. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Yogyakarta
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/psikoislamedia.v5i1.6138
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Sartika Ayu Utami, Eka Damayanti, Wahyuni Ismail
Published by Faculty of Psychology UIN Ar-Raniry
Journal Secretariat:
Jl. Syeikh Abdur Rauf, Fakultas Psikologi, Kopelma Darussalam UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, 23111,
e-mail: psikoislamedia@ar-raniry.ac.id
INDEXED BY:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.