PERBEDAAN KONTROL DIRI (SELF CONTROL) SISWA DITINJAU DARI PERLAKUAN ORANG TUA (OTORITER)

ROFIQA DURI

Abstract


Penelitian ini didasari dengan adanya ketidakmampuan siswa dalam mengontrol diri. Faktor yang mempengaruhi kontrol diri siswa di antaranya adalah perlakuan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kontrol diri siswa ditinjau dari perlakuan orang tua. Metode penelitian yang digunakan adalah ex post facto dengan desain faktorial. Subjek penelitian ini berjumlah 84 orang. Instrumen yang digunakan adalah model skala Likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: tidak terdapat perbedaan yang signifikan kontrol diri siswa ditinjau dari perlakuan orang tua yaitu perlakuan otoriter demokratis dan fermisif.


Keywords


control diri, perlakuan orang tua, siswa.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, M. S., Ali, F., & Jamil, A. 2015. “Relationship between parenting styles and academic performance of adolescents: mediating role of self-efficacy”. Education Research Institute. Seoul National University.

Angelina,Y. D., & Matulessy, A. 2013. “Pola Asuh Otoriter, Kontrol Diri dan Perilaku Seks Bebas Remaja SMK”. Jurnal Psikologi Indonesia, 2 (2): 173-182.

Apriani, F. 2008. Berbagai Pandangan Mengenai Gender dan Feminisme. Jurnal Sosial–Politika, 15(1): 116-130.

Bungin, B. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif (Komunikasi, Ekononi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya). Jakarta: Kencana Prena Media Grup.

Calhoun, F. J., & Acocella, R, J. 1990. Psikologi Tentang Penyesuaian dan Hubungan Kemanusiaan (terjemahan). IKIP Semarang: press.

Danang, S. 2009. Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. Yogyakarta: MedPress.

Desmita. 2007. Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Djamarah, S. B. 2014. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga (Upaya membangun citra membentuk pribadi anak). Jakarta: Rineka Cipta.

Ghufron, M. N., & Rini R. S. 2010. Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.

Goleman, D. 1997. Kiat–kiat Membesarkan Anak yang Memiliki Kecerdasan Emosional (terjemahan). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Gondim, G. M. S., Andrade, B. E. J., & Bendassolli, F. D. 2016. “Self-Control, Self-Management and Entrepreneurship in Brazilian Creative Industries”. Jurnal Paidéia, 26 (63): 25-33.

Hurlock, E. B.1978. Perkembangan Anak. Terjemahan oleh Tjandrasa. Jakarta: Erlangga.

Hurlock, E. B. 1980. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Terjemahan oleh Istiwidayanti & Soedjarwo. Jakarta: Erlangga.

Irawan, P. 1996. Logika dan Prosedur Penelitian. Jakarta: STIA-LAN Press.

Irianto, A. 2009. Statistik: Konsep Dasar, Aplikasi, dan Perkembangannya. Jakarta : Kencana.

Jahja, Y. 2013. Psikologi Perkembangan, Bandung: Kencana.

Kurniawan, O. 2001. “Pengaruh Komunikasi Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Anak” jurnal ilmiah, 2 (2): 267-290

Kusumadewi, S., Tuti, H., & Aditya, N. P. 2012. “Hubungan antara Dukungan Sosial Peer Group dan Kontrol Diri dengan Kepatuhan terhadap Peraturan pada Remaja Putri di Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Sukoharjo”. Jurnal Ilmilah Psikologi Candrajiwa. Surakarta: 1-10.

Love, M. K., & Thomas, M. D. 2014. “Parenting Styles and Adjustment Outcomes Among College Students”. Journal Of College Student Development, 55 (2): 139-150.

Minton, H. L., & Schneirder. F. W. 1980. Differential Psychology. America: Waveland Prees.

Morley, H, R., Terranova, V., Cunningham, S., & Vaughn, T. 2016. “The Role that Self-Compassion and Self-Control play in Hostility Provoked from a Negative Life Event”. International Journal, 3 (10): 125-141.

Morsunbul, U. 2015. “The Effect of Identity Development, Self-Esteem, Low Self Control and Gender on Aggression in Adolescence and Emerging Adulthood”. Journal of Educational Research, 61: 99-116.

Myers, David G. 2012. Psikologi Sosial (terjemahan). Jakarta: Salemba Humanika.

Ozdemir, Y., Vazsonyi T. A., & Cok F. 2013. “Parenting Processes and Aggression: The Role Of Self-Control Among Turkish Adolescents”. Journal of Adolescence, 36: 65–77.

Papalia, D. E,, Olds, S, W., & Feldman, R, D. 2009. Human Development Perkembangan Manusia. Jakarta : Salemba Humanika.

Puspita, M. 2013. “Hubungan Antara Perlakuan Orangtua dengan Kontrol Diri Siswa di Sekolah”. Jurnal Ilmiah Konselor, 1 (1): 330-337.

Riduwan. 2007. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Santrock, J, W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Santrock, J, W. 2013. Remaja( edisi 11 jilid 2). Jakarta: Erlangga.

Santrock. 2002. Life Span Development (Edisi Kelima). Alih Bahasa: Chausairi, A. Jakarta: Erlangga.

Saputra, R. 2017. “Ketercapaian Tugas Perkembangan Usia Lanjut ditinjau Dari Jenis Kelamin dan Latar Belakang Budaya serta Impikasinya Pada Bimbingan dan Konseling”. Tesis tidak diterbitkan. Padang: PPs UNP.

Sofyan S, W. 2010. Remaja dan Masalahnya. Bandung: Alfabeta.

Subana, M. 2001. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.

Sudjana, N., & Ibrahim. 2004. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta.

Suwarti. 2002. Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Perilaku Seksual Remaja Ditinjau dari Jenis Kelamin pada Siswa SMA di Purwokerto. Jurnal psikolog: Purwokerto.

Thalib, B. S. 2010. Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Bandung: Kencana.

Tujuwale, A., Rottie, J., Wowiling, F., Kairupan, R. 2016. “Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Tingkat Depresi pada Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Amurang”. Ejurnal Keperawatan, 4 (1): 1-8.

Usman, Moh Uzer dan Lilis Setiawati. (2001). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Usman, H., & Akbar, S. P. 2003. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.

Wulaningsih, R., & Hartini, N. 2015. “Hubungan antara Persepsi Pola Asuh Orang tua dan Kontrol Diri Remaja terhadap Perilaku Merokok di Pondok Pesantren”. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental. 4 (2): 119-125.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/taujih.v4i2.11758

Copyright (c) 2021 At-Taujih : Bimbingan dan Konseling Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


     

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Prodi Bimbingan dan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry
Jl. Syech Abdur Rauf Darussalam,
Banda Aceh - Aceh 23111
Telp: -
HP: +62 853 7927 0086
Email : fdk.prodibki@ar-raniry.ac.id

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
www.ar-raniry.ac.id