PENDEKATAN KONSELING LINTAS BUDAYA DAN AGAMA : MULTICULTURAL MODEL ETNOMEDIKAL (ETHNOMEDICAL MODEL) (DERADIKALISASI NARAPIDANA TERORIS)

dinda nadya zarri

Abstract


Abstrak:

Aksi terorisme adalah  bentuk tindakan pidana yang merupakan suatu penyakit dalam masyarakat, tentunya kejahatan ini berbeda dengan tindakan kriminal lainnya. Mengingat dampak yang ditimbulkannya sangat mencekam dan memiliki trauma tersendiri bagi korban teroris ini. kerugian bukan saja harta benda, nyawa, fisik, tapi juga berdampak pada psikologis. Metode dalam penelitian ini adalah review litaratur hasil analisisnya disajikan secara deskriptif-interpretatif. Tujuan paper ini adalah agar tidak ada lagi mantan napiter yang telah bebas dan kemudian melakukan aksi teror kembali di tengah-tengah masyarakat. Untuk itu kontribusi keilmuan bimbingan konseling kultural ini bisa menjadi pedoman dalam memberikan upaya kuratif, rehabilitative dan preventif para napiter. Dalam hal ini, salah satu model konseling multicultural yaitu model etnomedikal (ethnomedical model) merupakan tawaran alternative upaya kuratif, rehabilitative dan preventif bagi para napiter yang berada di lapas. Model ini menempatkan individu semisal pelaku teror ini pada konsepsi sakit dalam budaya. model dimensionalnya seperti, Konsepsi sakit (sickness conception), causal/healing belief, kriteria sehat (wellbeing criteria), Body function beliefs, Health practice efficacy beliefs.


Keywords


kata kunci : Deradikalisasi, Model Etnomedikal, Konseling Multukultural.

Full Text:

PDF

References


Adhiputra, 2013. Konseling Lintas Budaya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Balitbang Hukum dan HAM, Pembinaan Narapidana Teroris Dalam Upaya Deradikalisasi . Jakarta, 2016

Horvat, Vidmar dan Ksenija. 2010. “Multiculturalism in Time of Terrorism.” Cultural Studies 24, no. 5, September.

Khamdan, Muh. 2015. Deradikalisasi Pelaku Tindak Pidana Terorisme Di Indonesia. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Mareta, Josefhin. 2018. “Rehabilitasi Dalam Upaya Deradikalisasi Narapidana Terorisme.” Masalah-Masalah Hukum 47.

Mareta,Josefhin, “Rehabilitasi dalam Upaya Deradikalisasi Narapidana Terorisme”. Dalam Jurnal Masalah_Masalah Hukum”, Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM. Jakarta, Jilid 47, No. 4. Oktober 2018.

Miller, Erin. 2020. "Global Terrorism Overview: Terrorism in 2019." College Park, MD. July.

Prihwanto, Puji Dkk. 2021. Konseling Lintas Agama dan budaya: Strategi Konseling di Era Modern. Yogyakarta: Guepedia.

“Pagi-pagi Densus 88 bikin kaget, tangkap 4 orang di 3 kabupaten”, di akses 14 Juni 2022, https:// www.detik.com/jateng/hukum-dan-kriminal/d-5942620/pagi-pagi-densus-88-bikin-kaget-tangkap-4-orang-di-3-kabupaten .

Ramadhoni, Sri. 2018. Prosiding Konvensi Nasional Bimbingan Dan Konseling (BK) Ke - XX: Konseling Multikultural Di Abad Ke-21.

Suwartini, Sri. 2021. “Konseling Multikultural Sebagai Pendekatan Studi Terorisme”, Jurnal Dakwah, Vol. 22.

Suryani, Tamat. Terorisme dan Deradikalisasi: Pengantar Memahami Fundamentalisme Islam dan Strategi Pencegahan Aksi Terorisme. Dalam Jurnal Kemanan Nasional, Vol. 3 No. 2 2017

Tim detikcom, “Rentetan Penangkapan Terduga Teroris di RI dalam Sepekan,” detiknews, accessed June 3, 2021, https://news.detik.com/berita/d-5506639/rentetan_penangkapan-terduga-teroris-di-ri-dalam-sepekan




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/taujih.v5i2.15330


     

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Prodi Bimbingan dan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry
Jl. Syech Abdur Rauf Darussalam,
Banda Aceh - Aceh 23111
Telp: -
HP: +62 853 7927 0086
Email : fdk.prodibki@ar-raniry.ac.id

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
www.ar-raniry.ac.id