EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK HOMEROOM UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK DI KABUPATEN JOMBANG

Asfiah Febriani, Wikan Galuh Widyarto

Abstract


penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri dan mengetahui seberapa efektifitasnya bimbingan kelompok teknik homeroom untuk meningkatkan kepercayaan diri anak di desa Karobelah kecamatan Mojoagung kabupaten Jombang. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian one group pre-test post-test dengan membandingkan nilai angket pre-test kepercayaan diri sebelum diberikan tratment dengan nilai post-test angket kepercayaan diri setelah mendapatkan treatment. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling yaitu mempertimbangkan kriteria tertentu. Populasi dalam penelitian ini adalah anak di desa Karobelah kabupaten Jombang yang berusia 10-11 tahun yaitu berjumlah 30 anak, sampel berjumlah 7 anak. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Hasil uji hipotesis menggunkan uji paired T test bernilai Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga menunjukkan terdapat perbedaan variabel awal dan variabel akhir. 2) penerapan teknik homeroom dapat meningkatkan kepercayaan diri anak usia 10-11 tahun di desa Karobelah kabupaten Jombang, dilihat dari hasil angket pre-test dan post-test. 3) kriteria peningkatan kepercayaan diri termasuk pada kategori tinggi sehingga teknik homeroom efektif digunakan untuk meningkatkan kepercayaan diri. 4) tingkat kepercayaan diri anak usia 10-11 tahun yang semula pada kategori rendah, naik menjadi kategori tinggi. Hal ini berdasarkan pada nilai posttest yang mengalami peningkatan.



Keywords


Teknik Homeroom, kepercayaan diri, anak

Full Text:

PDF

References


Amri, Syaipul. Pengaruh Kepercayaan Diri Berbasis Ekstrakuikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMAN 6 Kota Bengkuu’, Jurnal Pendidikan Matematika Reflesia, vol.3 2018, 10

Anthony. Membangun Kepercayaan Diri Jakarta: Puspa Swara, 1992

Fatmawati, Ayu Setia. Hubungan Antara Konsp Diri Dan Kepercayaan Diri Pada Siswa SMA’ Universitas Semarang, 2019

Ghufron, Muhammad nur dan Riswati. Teori-Teori Psikologi Jakarta: Ar-Ruzz Media Grafindo, 2011

Goleman, D. Kecerdasan Emosional Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2005

Hardani. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Yogyakarta: CV Pustaka, 2020

Kartini, Kartono. Psikologi Anak : Psikologi Perkembangan Bandung: CV. Mandar Maju, 2002

Lauster, Peter. Tes Kepribadian, Diterjemahkan Oleh D.H Gulo Buku Asi Personality.Jakarta: Gaya Media Pratama, 2002

Lupi, Hanif Widiya. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Homeroom Dalam Meningkatkan Kontrol Diri Dari Perilaku Membawa Miras Di SMAN 1 Kampak. UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2020

Najati, Muhammmad. Psikologi Dalam Tinjauan Hadist Nabi Jakarta: Mustaqim, 2000

Nisa, Kurnia Yasmin. Hubungan Kecerdasan Sosial Dan Kepercayaan Diri Dengan Penyesuaian Diri Pada Mahasantri Mabna Ummu Salamah. UIN Malang, 2017

Nursalim. Layanan Bimbingan Dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press, 2002

Partini, Siti. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: FIP IKIP Yogyakarta, 2015

Rahayu, Aprianti Yofita. Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercerita. Jakarta: PT Indeks, 2013

Ridwan, Moh. Terapi Menulis Dalam Meningkatkan Self Confidence Seorang Mahasiswi. UIN Sunan Ampel Surabaya, 2018

Romlah, Tatik. Teori & Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: UIN Malang, 2006

Sahla, Asmaun. Mewujudkan Budaya Religius Di Sekolah. Malang: UIN Maliki Press, 2010

Sastama, Dara Garinda. Keefektifan Homeroom Untuk Meningkatkan Keterbukaan Diri. Jurnal Consilium, Vol.5 (2017), 15

Suhardita, Kadek. Efektivitas Teknik Permainan Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa. Jurnal ABMAS, Vol.1 (2011), 11

Widarsono, W. Sukses Membangun Rasa Percaya Diri. Jakarta: Grasindo, 2005

Yusuf, Syamsu. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja Cetakan 7. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2006




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/taujih.v6i1.17578


     

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Prodi Bimbingan dan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry
Jl. Syech Abdur Rauf Darussalam,
Banda Aceh - Aceh 23111
Telp: -
HP: +62 853 7927 0086
Email : fdk.prodibki@ar-raniry.ac.id

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
www.ar-raniry.ac.id