LAYANAN KONSELING INDIVIDU MELALUI PENDEKATAN MAUIDHAH HASANAH UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA SMK MA’ARIF CIJULANG

Ai Durotus Sopiah, Nurjannah Nurjannah

Abstract


Nasihat yang baik merupakan nasihat yang mampu dicerna oleh setiap individu dan mampu meberikan efek yang baik pada khalayak yang menerima pesan tersebut. keberadaan Guru Bk dilingkungan pendidikan sangat penting adanya. Hal ini karena dengan keberadaannya banyak aspek yang terbantu sebagaimana tugas fungsinya. Tujuan pada penelitian ini yakni untuk mengetahui bagaimana layanan konseling individu yang dilakukan oleh Guru BK dalam meningkatkan kedisiplinan siswa melalui pendekatan mauidhah hasanah. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini bahwa layanan konseling individu melalui pendekatan mauidhah hasanah efektif digunakan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Keefektifan tersebut dapat terlihat dari proses peberian peringatan atau pengajaran kepada siswa agar terbebas dari segala kebodohan, dan  pengajaran tersebut dapat memberikan dan mengasilkan efek yang baik pada setiap peserta didik yang telah mengikuti layanan konseling individu.


Keywords


Layanan konseling individu, mauidhah hasanah, kedisiplinan

Full Text:

PDF

References


Esa, Y. (2015). Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Penyelenggaraan Kantin Kejujuran Di SD Negeri 3 Urwodadi Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Fajar, D. A. (2018). Psikoterapi Religious. Cianjur: Darr al-Dzikr Press.

Gunawan, A. H. (2002). Administrasi Sekolah (Administrasi Pendidikan Mikro). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hellen. (2005). Bimbingan dan konseling. Jakarta: Quantum Teaching.

Holipa. (2011). The Using Of individual counseling service to improve student’s learning attitude and habit at the second grade student of SMP PGRI 6 Bandar lampung. Journal Counseling.

Imron, A. (2011). Manajemen Peserta didik Berbasis Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Prayitno. (2005). Konseling Perorangan. Padang: Universitas Negeri Padang.

Rahman, H. (2003). Bimbingan dan Konseling Pola. Jakarta: Rineka Cipta.

RI, D. A. (2005). Al-Quran dan Terjemahannya. Bandung: CV Penerbit Jumanatul Ali.

Rifa’i, M. (2016). Sosiolog Pendidikan: Struktur Interaksi Sosial di dalam Institusi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Salahudin, A., & Irwanto. (2013). Pendidikan Karakter. Bandung: Pusaka Setia.

Sinungan, M. (2009). Produktivitas: Apa dan Bagaimana. Jakarta: Bumi Aksara.

Sofyan, W. S. (2007). Konseling Individual Teori dan praktek. Bandung: CV Alfabeta.

Suryani, P. (2017). Pengaruh Kegiatan Pramuka Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas VIII SMP 1 Terusan Nunyai. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Unarajan, & Dolet. (2003). Manajemen Disiplin. Jakarta: PT. Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/taujih.v6i2.18196


     

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Prodi Bimbingan dan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry
Jl. Syech Abdur Rauf Darussalam,
Banda Aceh - Aceh 23111
Telp: -
HP: +62 853 7927 0086
Email : fdk.prodibki@ar-raniry.ac.id

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
www.ar-raniry.ac.id