EKSISTENSI MEDIA INSTAGRAM SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN NILAI-NILAI DAKWAH DALAM MEMBANGUN PERADABAN ISLAM DI ACEH

Maimun Yusuf

Abstract


Instagram bagian dari media sosial yang sangat berkembang di kalangan remaja bahkan seluruh masyarakat dunia. Era digital ini menjadi suatu peluang emas dalam mensyi’arkan Islam kepada generasi bangsa, terutama bagi muda-mudi. Instagram menyajikan berbagai jenis konten, mulai dari konten positif sampai dengan konten negatif, sehingga membutuhkan perilaku yang bijak dalam menggunakan media sosial tersebut. Bagaimanapun, suatu benda akan bernilai bila berada di tangan orang yang bijak, begitu juga sebaliknya. Dalam akun instagram terdapat nilai-nilai Islam seperti nilai aqidah, syari’ah dan akhlak. Tujuan penulisan ini ingin melihat sejauh mana pendistribusian nilai-nilai syariat melalui media instagram dalam membangun peradaban syariat Islam di Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat upaya dari sebagian pengguna akun instagram untuk mensyiarkan Islam ke seluruh pelosok dunia. Upaya tersebut termasuk dalam metode dakwah di era digital.  Secara menyeluruh, postingan-postingan yang terdapat pada akun instagram @majalahumdah selalu mengandung nilai-nilai dakwah, serta dipoles seindah mungkin  baik tulisan, gambar dan video. Hal ini untuk meningkatkan daya minat follower dalam memahami dan mempelajari secara keseluruhan pada postingan tersebut.


Keywords


Eksistensi, Media, Instagram, Nilai, Dakwah

Full Text:

PDF

References


Bambang Dwi Atmoko, 2012. Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita,

Burhan Bungin, 2011. Metode penelitian kualitatif, Jakarta : Rajawali Pers.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahan, Semarang : PT. Karya Toha Putra.

Efendy Muhtar, Ensiklopedia Tematis Dunia Islam, Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve,

Fathul Wahid. 2004. E-Dakwah, Dakwah Melalui Internet, Yogyakarta: Gaya Media.

Frommer. 2010. D, Here’s How To Use Instagram. Dikutip dari Business Insider: www.businessinsider.com.

Jalaluddin. 2001. Psikologi Agama, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

M. Ja’far Puteh. 2000. Dakwah di Era Globalisasi: Strategi Menghadapi Perubahan Sosial, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Maarif Bambang Saiful. 2010. Komunikasi Dakwah: Paradigma Untuk Aksi, Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Miles, Matthew B and Huberman A.Michael. 2006. Analisis Data Kualitatif, Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Misbakhul Khoiri. 2014. Dakwah Melalui Jejaring Sosial Facebook K.H Abdullah Gymnasiar, Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga.

Moh. Nazir. 2005. Metode Penelitian, Bogor Selatann: Ghalia Indonesia.

Rama Kertamuki, Instagram dan Pembentukan Citra, Komunikasi Profetik, VOL.VIII, No. 1, 2015.

Wahyu Ilaihi. 2010. Komunikasi Dakwah, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wawancara, Muhammad Abrar (follower Instagram @majalahumdah), Aceh Utara, 15 Juni 2023.

Wawancara, Mukarrami, (follower Instagram @majalahumdah), Aceh Besar, 20 Juni 2023.

Wawancara, Tgk. Syukran (follower Instagram @majalahumdah), Bireuen, 14 Juni 2023.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/taujih.v6i1.18828

Copyright (c) 2023 At-Taujih : Bimbingan dan Konseling Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


     

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Prodi Bimbingan dan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
Jl. Syech Abdur Rauf Darussalam,
Banda Aceh - Aceh 2311

Telp: -
HP: +62 853 7927 0086/ 0823 6823 8600
Email : fdk.prodibki@ar-raniry.ac.id

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
www.ar-raniry.ac.id