INTEGRASI NILAI AGAMA DALAM PENGEMBANGAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMPN 1 BANDAR DUA

Nuzliah Nuzliah, Chaeroen Niesa

Abstract


Integrasi nilai agama, moral, sosial dan disiplin terhadap pendidikan karakter sudah harus dipersiapkan mulai dari tahap perencanaan. Integrasi nilai agama merupakan solusi yang dapat membangkitkan kembali leading sector dalam pengembangan karakter siswa.Penelitian ini bertujuan untuk melihat integrasi nilai agama, moral, sosial dan disiplin pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru BK, kepela sekolah dan guru mata pelajaran. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi.  Hasil penelitian ini adalah (1) integrasi nilai agama , moral, sosial dan disiplin di SMPN 1 Bandar Dua ada dilakukan dengan memberikan layanan BK. Layanan BK ini diberikan melalui program BK. (2) Mengkontruksikan nilai agama, moral, sosial dan disiplin di SMPN 1 Bandar Dua dengan cara memberikan layanan informasi, layanan penguasaan konten dan layanan konseling indivividual. Layanan ini diberikan berdasarkan materi yang sudah dipersiapkan oleh guru BK melalui Program BK.


Keywords


Integrasi Nilai agama,moral, sosial dan disiplin

Full Text:

PDF

References


Agus Wibowo, Pendidikan Karakter; Strategi Membangun Bangsa

Berperadaban,Yogyakarta: Liberty, 2012

Azra, Azyumardi, Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Rekonstruksi

dan Demokrasi, Cet. ke-1, Jakarta : Kompas, 2002

Clifford Geertz, Pengetahuan Lokal. Esai-esai Lanjutan Antropologi

Interpretatif. Yogyakarta: Rumah Penerbitan Merapi, 2003

Elmobarok, Membumikan Pendidikan Nilai, Bandung: Alfabeta, 2013

Endah Asmarawati, et., all. Elektronika Pembelajaran Matematika,

[jurnal] FKIP UNS, Vol.4, No.1, hal 58-69 Maret 2016, ISSN: 2339-

Dawson, V. & Schibeci, R, Western Australian High School Students'

Attitudes Towards Biotechnology Processes, [Journal] of Biological

Education, Vol 38, No. 1, 2003, hlm. 7-12.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi

Keempat, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008

Departemen Pendidikan Nasional, Undang-undang tentang

SistemPendidikan,Jakarta: Depdiknas, 2003

Fraenkel, J, How to Teach Values; An Analytic Approach, Englewood

Cliffs. NJ: Prentice-Hall, 1989

Geertz, Clifford. 2003. Pengetahuan Lokal. Esai-esai Lanjutan

Antropologi Interpretatif. Yogyakarta: Rumah Penerbitan Merapi.

Gunawan, Pendidikan Karakter; Konsep dan Implementasi, Bandung:

Alfabeta, 2012

Hamanik Oemar, 2003, Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Bandung: Sinar Grafika Offset, 2003

Hendler, B, Teachers as Curriculum Leader; A Consideration of the Appropriateness of that Role Assignment to Classroom-Based Practitioners, InternationalJournal of Teacher Leaders 24 3.

Hiebert, J. & Carpenter, T.P, Learning and Teaching with Understanding, dalam

D.A. Grouws (Ed). Handbook of research on mathematics teaching and learning: A project of the National Council of Teachers of Mathematics, New York, NY, England: Macmillan Publishing Co, Inc, 1992

Hurlock, E.B, Perkembangan Anak Jilid 2, Ed. 6 (Alih Bahasa: Meitasari Tjandrasa), Jakarta: Erlangga, 1978

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan KTSP, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008

Kurniawan Syamsul, Pendidikan Karakter; Konsepsi dan Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013

Lasmawan Wayan, Telaah Kurikulum Pendidikan Dasar, Singaraja: Surya Grafika, 2013

Laws, K., Global Awareness, Global Competence, Global Citizenship? Changing our Mental Models to Address a Different Future, Taipei Civil Service Development Institute. Address to senior civil servants, October, 2009, jugadalam Huda al-Khaizaran, Traditions of Moral Education in Iraq, in [Journal] of Moral Education 36, 2007, (3): 321-332.

Likcona. T, Karakters Matters, Jakarta: Bumi Aksara, 2012

Maman Rachman, Reposisi, Reevaluasi, dan Redefinisi Pendidikan Nilai Bagi Generasi Muda Bangsa, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Tahun ke-7, 2000, No. 1, Vol 4

Mawardi Lubis, Evaluasi Pendidikan Nilai, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008 Mohammad Masnun, Pendidikan Agama Islam dalam Sorotan. Vol. 13 No. 2 Desember 2007, Cirebon: Jurnal Pendidikan Islam Lektur

Mudjia Rahardjo, Quo Vadis Pendidikan Islam, Pembacaan Realitas Pendidikan Islam Sosial dan Keagamaan, Malang: UIN Malang Press, 2006

Muhaimin, Nuansa Baru Pendidikan Islam Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006

-------------, Rekonstruksi Pendidikan Islam; dari Paradigma Pengembangan, Menejemen Kelembagaan, Kurikulum hingga Strategi Pembelajaran, Jakarta: Raja Granfindo Persada, 2009

-------------, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009

Nursid Sumaatmadja, Konsep Dasar IPS.Modul 1-2, Jakarta: Universitas Terbuka, 2007

Oteng Sutisna, Administrasi Pendidikan: Dasar Teoritis Untuk Praktek Profesional,

Bandung: Angkasa, 1983

Rusman, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Rajawali Pers, 2010

Rusminingsih, Integrasi Pendidikan Nilai dalam Membangun Karakter Siswa di Sekolah Dasar dalam Pembelajaran IPS SD, Jurnal, disampaikan dalam Seminar Nasional 2014, ISSN: 978-602-7561-89-2, Jakarta: UII , 2014

Samani, Hariyanto. Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Jakarta: Remaja Rosda Karya, 2011

Soemarno Soedarsono, Karakter Mengantarkan Bangsa dari Gelab Menuju Terang,Jakarta: Kompas Gramedia, 2009

Sukidi, Spiritualisasi Pendidikan Menuju Pendidikan Budi Pekerti, Jakarta: Kompas, 2002

Sjarkawi, Pembentukan Kepribadian Anak; Peran Moral, Intelektual, Emosional dan Sosial sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri, Jakarta: Bumi Aksara,2008

Tulus Tu’u, Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa, Jakarta: Grasindo, 2004

Wahyudin, Kemampuan Guru Matematika, Calon Guru Matematika, dan Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika. Disertasi pada FPS IKIP Bandung: Tidak diterbitkan, 1999

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2006

Wirantho, Sapto Aji. Pendidikan Nilai dalam Menghadapi Tantangan Perubahan ada peserta Didik SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol 13 No 3,2001

Yusuf, K. Mine, I dan Safure, B, Elementary School Curriculum reform in Turkey, [journal] International Education Vol 8

Zubaidi, Desain Pendidikan Karakter; Konsepsi dan Aplikasi dalam Lembaga Pendidikan,(Jakarta: Kencana Media Group, 2011




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/taujih.v6i2.20868

Copyright (c) 2023 At-Taujih : Bimbingan dan Konseling Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


     

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Prodi Bimbingan dan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
Jl. Syech Abdur Rauf Darussalam,
Banda Aceh - Aceh 2311

Telp: -
HP: +62 853 7927 0086/ 0823 6823 8600
Email : fdk.prodibki@ar-raniry.ac.id

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
www.ar-raniry.ac.id