INTEGRASI NILAI AGAMA DALAM PENGEMBANGAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMPN 1 BANDAR DUA
Abstract
Integrasi nilai agama, moral, sosial dan disiplin terhadap pendidikan karakter sudah harus dipersiapkan mulai dari tahap perencanaan. Integrasi nilai agama merupakan solusi yang dapat membangkitkan kembali leading sector dalam pengembangan karakter siswa.Penelitian ini bertujuan untuk melihat integrasi nilai agama, moral, sosial dan disiplin pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru BK, kepela sekolah dan guru mata pelajaran. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) integrasi nilai agama , moral, sosial dan disiplin di SMPN 1 Bandar Dua ada dilakukan dengan memberikan layanan BK. Layanan BK ini diberikan melalui program BK. (2) Mengkontruksikan nilai agama, moral, sosial dan disiplin di SMPN 1 Bandar Dua dengan cara memberikan layanan informasi, layanan penguasaan konten dan layanan konseling indivividual. Layanan ini diberikan berdasarkan materi yang sudah dipersiapkan oleh guru BK melalui Program BK.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agus Wibowo, Pendidikan Karakter; Strategi Membangun Bangsa
Berperadaban,Yogyakarta: Liberty, 2012
Azra, Azyumardi, Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Rekonstruksi
dan Demokrasi, Cet. ke-1, Jakarta : Kompas, 2002
Clifford Geertz, Pengetahuan Lokal. Esai-esai Lanjutan Antropologi
Interpretatif. Yogyakarta: Rumah Penerbitan Merapi, 2003
Elmobarok, Membumikan Pendidikan Nilai, Bandung: Alfabeta, 2013
Endah Asmarawati, et., all. Elektronika Pembelajaran Matematika,
[jurnal] FKIP UNS, Vol.4, No.1, hal 58-69 Maret 2016, ISSN: 2339-
Dawson, V. & Schibeci, R, Western Australian High School Students'
Attitudes Towards Biotechnology Processes, [Journal] of Biological
Education, Vol 38, No. 1, 2003, hlm. 7-12.
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi
Keempat, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008
Departemen Pendidikan Nasional, Undang-undang tentang
SistemPendidikan,Jakarta: Depdiknas, 2003
Fraenkel, J, How to Teach Values; An Analytic Approach, Englewood
Cliffs. NJ: Prentice-Hall, 1989
Geertz, Clifford. 2003. Pengetahuan Lokal. Esai-esai Lanjutan
Antropologi Interpretatif. Yogyakarta: Rumah Penerbitan Merapi.
Gunawan, Pendidikan Karakter; Konsep dan Implementasi, Bandung:
Alfabeta, 2012
Hamanik Oemar, 2003, Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Bandung: Sinar Grafika Offset, 2003
Hendler, B, Teachers as Curriculum Leader; A Consideration of the Appropriateness of that Role Assignment to Classroom-Based Practitioners, InternationalJournal of Teacher Leaders 24 3.
Hiebert, J. & Carpenter, T.P, Learning and Teaching with Understanding, dalam
D.A. Grouws (Ed). Handbook of research on mathematics teaching and learning: A project of the National Council of Teachers of Mathematics, New York, NY, England: Macmillan Publishing Co, Inc, 1992
Hurlock, E.B, Perkembangan Anak Jilid 2, Ed. 6 (Alih Bahasa: Meitasari Tjandrasa), Jakarta: Erlangga, 1978
Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan KTSP, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008
Kurniawan Syamsul, Pendidikan Karakter; Konsepsi dan Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013
Lasmawan Wayan, Telaah Kurikulum Pendidikan Dasar, Singaraja: Surya Grafika, 2013
Laws, K., Global Awareness, Global Competence, Global Citizenship? Changing our Mental Models to Address a Different Future, Taipei Civil Service Development Institute. Address to senior civil servants, October, 2009, jugadalam Huda al-Khaizaran, Traditions of Moral Education in Iraq, in [Journal] of Moral Education 36, 2007, (3): 321-332.
Likcona. T, Karakters Matters, Jakarta: Bumi Aksara, 2012
Maman Rachman, Reposisi, Reevaluasi, dan Redefinisi Pendidikan Nilai Bagi Generasi Muda Bangsa, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Tahun ke-7, 2000, No. 1, Vol 4
Mawardi Lubis, Evaluasi Pendidikan Nilai, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008 Mohammad Masnun, Pendidikan Agama Islam dalam Sorotan. Vol. 13 No. 2 Desember 2007, Cirebon: Jurnal Pendidikan Islam Lektur
Mudjia Rahardjo, Quo Vadis Pendidikan Islam, Pembacaan Realitas Pendidikan Islam Sosial dan Keagamaan, Malang: UIN Malang Press, 2006
Muhaimin, Nuansa Baru Pendidikan Islam Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006
-------------, Rekonstruksi Pendidikan Islam; dari Paradigma Pengembangan, Menejemen Kelembagaan, Kurikulum hingga Strategi Pembelajaran, Jakarta: Raja Granfindo Persada, 2009
-------------, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009
Nursid Sumaatmadja, Konsep Dasar IPS.Modul 1-2, Jakarta: Universitas Terbuka, 2007
Oteng Sutisna, Administrasi Pendidikan: Dasar Teoritis Untuk Praktek Profesional,
Bandung: Angkasa, 1983
Rusman, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Rajawali Pers, 2010
Rusminingsih, Integrasi Pendidikan Nilai dalam Membangun Karakter Siswa di Sekolah Dasar dalam Pembelajaran IPS SD, Jurnal, disampaikan dalam Seminar Nasional 2014, ISSN: 978-602-7561-89-2, Jakarta: UII , 2014
Samani, Hariyanto. Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Jakarta: Remaja Rosda Karya, 2011
Soemarno Soedarsono, Karakter Mengantarkan Bangsa dari Gelab Menuju Terang,Jakarta: Kompas Gramedia, 2009
Sukidi, Spiritualisasi Pendidikan Menuju Pendidikan Budi Pekerti, Jakarta: Kompas, 2002
Sjarkawi, Pembentukan Kepribadian Anak; Peran Moral, Intelektual, Emosional dan Sosial sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri, Jakarta: Bumi Aksara,2008
Tulus Tu’u, Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa, Jakarta: Grasindo, 2004
Wahyudin, Kemampuan Guru Matematika, Calon Guru Matematika, dan Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika. Disertasi pada FPS IKIP Bandung: Tidak diterbitkan, 1999
Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2006
Wirantho, Sapto Aji. Pendidikan Nilai dalam Menghadapi Tantangan Perubahan ada peserta Didik SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol 13 No 3,2001
Yusuf, K. Mine, I dan Safure, B, Elementary School Curriculum reform in Turkey, [journal] International Education Vol 8
Zubaidi, Desain Pendidikan Karakter; Konsepsi dan Aplikasi dalam Lembaga Pendidikan,(Jakarta: Kencana Media Group, 2011
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/taujih.v6i2.20868
Copyright (c) 2023 At-Taujih : Bimbingan dan Konseling Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Office:
Prodi Bimbingan dan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
Jl. Syech Abdur Rauf Darussalam,
Banda Aceh - Aceh 2311
Telp: -
HP: +62 853 7927 0086/ 0823 6823 8600
Email : fdk.prodibki@ar-raniry.ac.id
Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
www.ar-raniry.ac.id