PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DALAM UPAYA MEMAHAMI GAYA BELAJAR SISWA BERPRESTASI AKADEMIK KELAS X MA NEGERI 02 MUKOMUKO TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Lula Anita Putri, Nur Aifah Widiyawati, Asti Haryati

Abstract


Pendidikan merupakan sesuatu yang memiliki tujuan yang sangat penting untuk dicapai yaitu untuk membentuk orang-orang yang mempunyai sikap atau sikap sosial yang baik, yang mampu bekerja sama dengan lingkungannya, mampu mengutamakan kepentingan umum dari pada kepentingan sendiri atau golongan. Dalam proses pencapaian tujuan pendidikan, siswa sebagai subyek pendidikan dapat diarahkan kepada suatu pendidikan baik formal maupun informal, yang pada intinya adalah untuk memberikan bimbingan kepada para siswa sehingga pada akhirnya dapat memberikan peningkatan pada prestasi belajar siswa tersebut. Bimbingan secara khusus dapat dilakukan dalam berbagai aspek, baik dalam hal menulis, menghafal, memotivasi siswa, maupun bimbingan belajar dalam hal membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan adanya pengaruh yang ditimbulkan dari pelaksanaan bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut, penulis menggunakan metode kuantitatif dengan kuesioner dan wawancara sebagai metode utama dalam pengumpulan data. Sedangkan responden yang menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 24 orang yang berasal dari para siswa kelas X MA Negeri 02 Mukomuko. Pada proses analisis data, penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana dengan bimbingan belajar sebagai variabel mandiri dan prestasi belajar sebagai variabel dependen. Hasil dari penelitian ini adalah bimbingan belajar memiliki pengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya hasil pengujian dari analisis Uji T, dimana pada analisis tersebut nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 7,295 > 2.074. Hal ini menjelaskan bahwa dalam hipotesis yang diterima pada uji T adalah Ha. Dimana arti dari Ha adalah bimbingan belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa di MA Negeri 02 Mukomuko.

 


Keywords


Pelaksanaan, Bimbingan, Gaya Belajar

Full Text:

PDF

References


Hasan, Iqbal, Analisis Data Penelitian Dengan Statistik, Bumi Aksara, jakarta, Mulyasa, Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK, PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 2004.

Purwanto, Erwan Agus, dan Dyah Ratih Sulistyastuti, Metode Penelitian Kuantitatif: Untuk Adminstrasi Publik dan Masalah-masalah Sosial, Gaya Media, Yogyakarta, 2007.

Rahim, Farida, Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar, Bumi Aksara, Jakarta, 2005.

Soeratno dan Lincolin Arsyad, Metodologi Penelitian: Untuk Ekonomi dan Bisnis, Edisi Revisi, UPP STIM YKPN, Yogyakarta, 2008.

Sukmadinata, Nana Syaodih, Landasan Psikologis Proses: Proses Pendidikan, Remaja Rosda Karya, Bandung, 2007. Sugiono, Metode Penelitian Bisnis, Alvabeta, Bandung, 2009.

Sukardi, Dewa Ketut, Pengantar Pelaksanaan Program: Bimbingn Belajar dan Konseling di Sekolah, Rineka Cipta, Jakarta, 2002.

Widodo, Chomsin S, Jasmadi, Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi, PT Elex Media Komputindo, Jakarta, 2008.

Ahmadi, Abu, dan Ahmad Rohani, Bimbingan dan Konseling, Rineka Cipta, Jakarta, 1991.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, PT Rineka Cipta, Jakarta, 1990.

Azwar, Saifuddin, Pengantar Psikologi Inteligensi, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2006.

Walgito, Bimo, Bimbingan dan Konseling, Andi Offset, Yogyakarta, 2010

Widodo, Chomsin S, Jasmadi, Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi, PT Elex Media Komputindo, Jakarta, 2008.

Winkel, Psikologi Pengajaran, Grasindo, Jakarta, 1991.

Winkel, James I, Pengajaran Berhasil, Alih Bahasa Simanjuntak, UI Pers, Jakarta, 1982.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/taujih.v6i2.21458


     

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Prodi Bimbingan dan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry
Jl. Syech Abdur Rauf Darussalam,
Banda Aceh - Aceh 23111
Telp: -
HP: +62 853 7927 0086
Email : fdk.prodibki@ar-raniry.ac.id

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
www.ar-raniry.ac.id