PERAN MEDIA DAN TEKNOLOGI DALAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA NEGERI 1 REJANG LEBONG

Sovatu Nisa Soleha, Hartini Hartini, Syamsul Rizal

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang pentingnya evaluasi pemanfaatan teknologi dan media dalam layanan bimbingan dan konseling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan studi literature review dengan teknik analisis data berupa analisis isi. Pada revolusi industri 4.0 inovasi layanan bimbingan dan konseling dalam pengembangan media digital secara online sangat penting dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling. Hasil studi (1) Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling Di SMAN 1 Rejang Lebong dapat dijadikan bahan rujukan bagi guru bimbingan dan konseling di sekolah, atau mahasiswa bimbingan dan konseling dalam mengembangkan media layanan bimbingan dan konseling. Selain itu, Bimbingan dan Konseling merupakan salah satu bidang pendidikan yang memiliki peran penting dalam memberikan layanan di sekolah, terutama pemberian bantuan bagi peserta didik yang dilaksanakan melalui berbagai layanan. Guru Bimbingan dan Konseling atau konselor saat ingin mengevaluasi pemanfaatankan suatu pelayanan atau pertemuan, kini tidak harus datang langsung ke tempat dan bisa dilakukan dengan melakukan tatap muka tanpa harus menghadirinya. 2) Pemanfaatan Media Teknologi dalam Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling Aplikasi seperti Google meet, Zoom, Cisco Webex, Skype, dan masih banyak aplikasi lainnya yang berbasis online bisa digunakan sebagai pendukung terlaksananya proses konseling. Selain meminimalisir jarak dan waktu, pengadaan model konseling seperti ini dapat memberikan informasi secara jelas serta menambah pengetahuan menjadi lebih luas. Pengembangan Media digital berbasis dalam layanan bimbingan dan konseling saat ini sangat penting dilakukan dalam menyongsung era revolusi industri 4.0.

 


Keywords


Layanan Bimbingan Dan Konseling, Media, Teknologi

Full Text:

PDF

References


Aji, Bayu Selo, Emilia Nurpitasari, Nuri Cholidah Hanum, Ahmat Ario Akbar, and Caraka Putra Bhakti. “Pengembangan Asesmen Berbasis Teknologi Untuk Keberlangsungan BK Ditengah Pandemi Covid-19.” Seminar Nasional Daring IIBKIN 2020 “Penggunaan Asesmen dan Tes Psikologi dalam Bimbingan dan Konseling di Era Adaptasi Kebiasaan Baru” (2020): 98–103. http://conference.um.ac.id/index.php/bk3/article/view/313.

Di, Konseling, S M K Negeri, and S E Kota. “Implementasi Layanan Konsultasi Bimbingan Dan Konseling Di SMK Negeri Se-Kota Semarang.” Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application 6, no. 2 (2017): 58–63.

Fadila, Fadila, Beni Azwar, and Hartini Hartini. “Counseling Service in Overcoming Faith and Morality Issues for Inmates Child.” Jurnal Konseling dan Pendidikan 8, no. 3 (2020): 234–237.

Hartini, Hartini, Beni Azwar, and Edi Wahyudi M. Profile of Student Competence in Applying Technology as a Media for Guidance and Counseling Services. Atlantis Press SARL, 2023.

Ifdil. “Pelayanan E-Konseling Pengolahan Hasil Pengadministrasian Alat Ungkap Masalah (AUM) Dengan Menggunakan Program Aplikasi. Paper Persented at The.” Seminar Internasional Bimbingan dan Konseling Dalam rangka Kongres XI dan Konvensi Nasional XVI ABKIN hal. 3. (2009).

Kholilah, Nur, and Ari Khusumadewi. “Implementasi Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar Islam Terpadu At-Taqwa Surabaya.” Jurnal BK Unesa 8, no. 3 (2018).

Lalo, Kalfaris. “Menciptakan Generasi Milenial Berkarakter Dengan Pendidikan Karakter Guna Menyongsong Era Globalisasi.” Ilmu Kepolisian 12, no. 2 (2018): 68–75.

Lavasani, Masoud Gholamali, and Farah Khandan. “Mind Skills Training Effect on Prospective Counsellor’ Performance.” Cypriot Journal of Education 2, no. 4 (2011): 61–74.

Moleong, Lexy J. “Metodologi Penelitian Kuantitatif.” Bandung: Bandung Remaja Rosdakarya (2014): hal. 4.

Prayetno, Aji, Desty Kurniaty, Yefni Novalia, Hartini Hartini, and Haris Agustian. “Penggunaan Aplikasi Canva Dalam Pembuatan Media Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah/Madrasah.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 6, no. 4 (2022): 999.

Prayitno dan Amti, Erman. “Dasar-Dasar BK.” In Jakarta:Rineka Cipta, hal 259-260., 2004.

Rusman, Deni Kurniawan. “Pengembangan Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas Guru.” Jakarta: Rajawali Pers (2011).

Sudarmiyati, Sri. “Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Era Digital.” PROSIDING SEMINAR NASIONAL Strategi Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Era Disrupsi (2018): 159–166.

Sugiyono. “Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.” Bandung: Alfabeta (2008): hal. 310.

———. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif Dan R&D.” Bandung: Rivabeta (2008): hal. 407.

Tullah, Rahmat, Muchamad Iqbal, and Achmat Syabanu Cahyadiputra. “Perancangan Aplikasi Simulasi Tes IQ Untuk Tingkat SLTA Berbasis Web.” JURNAL SISFOTEK GLOBAL 5, no. 1 (March 9, 2015). Accessed January 25, 2022. https://journal.stmikglobal.ac.id/index.php/sisfotek/article/view/61.

Walgito, Bimo. Bimbingan Dan Konseling (Studi Dan Karir). Yogyakarta: Andi Offset, 2010.

Yusuf Gunawan. “Revisi Pengantar Bimbingan Dan Konseling.” Jakarta:Gramedia Pustaka Utama (2019): hal. 44.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/taujih.v6i2.21687


     

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Prodi Bimbingan dan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry
Jl. Syech Abdur Rauf Darussalam,
Banda Aceh - Aceh 23111
Telp: -
HP: +62 853 7927 0086
Email : fdk.prodibki@ar-raniry.ac.id

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
www.ar-raniry.ac.id