TERAPI RUQYAH TERHADAP KLIEN PSIKOSOMATIK

Mahdi Mahdi NK

Abstract


Dari sekian banyak manusia yang hidup saat ini, dapat dipastikan setiap individunya memiliki keluhan penyakit di dalam tubuhnya. Apakah hal itu disebabkan oleh fakor yang berasal dari luar maupun dari dalam tubuhnya, baik dalam gangguan dari bentuk fisik maupun gaib. Apabila keluhan penyakit tersebut tidak segera ditangani, maka hal tersebut akan mempengaruhi jiwa dan raganya. Untuk itu, ruqyah sebagai metode islami yang di dalamnya terdapat lantunan ayat al-Qur’an terbukti mampu mengatasi permasalahan atau penyakit yang diderita oleh pasien psikosomatik. Yaitu keluhan penyakit fisik yang diderita seorang pasien yang disebabkan oleh ketidaktenangan jiwa. Untuk itu, metode ruqyah ini mampu mengobati dan mengembalikan kondisi fisik dan jiwa seseorang menjadi lebih baik.


Keywords


Terapi Ruqyah, Psikomatik, Al-Qur’an

Full Text:

PDF

References


Abdullah bin Abdul Aziz Al-Iedan. (2018). Ruqyah Mengobati Jasmani dan Rohani Menurut Al-Qur’andan As-Sunnah. (Jakarta: Pustidaka Imam Asy-Syafi’i).

Apriyani, Ratih., (2018). “Faktor-faktor Penyebab Psikosomatis pada Orang dengan Kecenderungan Psikosomatis”, (Jurnal) Psikoborneo, Vol 6, No 3.

Ariyanto. M. Darajat. (2007). “Terapi Ruqyah Terhadap Penyakit Fisik dan Jiwa”. Jurnal SUHUF. Vol.19. No. 1.

Baihaqi, dkk,. (2005). Psikatri: Konsep Dasar dan Gangguan-Gangguan, (Bandung: Refika Aditama).

Daem Ak-Kaheel, Abdel. (2013). Pengobatan Qur’anin: Manjurnya Berobat dengan al-Qur’an. (Jakarta: Amzah).

El-Qudsy, Hasan. (2013). Dahsyatnya 4 Surat Al-Qur’an , (Boyolali: Hijra Publishing).

Faiz Muhammad, bin Mohd. Nazri. (2018). “Fungsi Ruqyah Syar’iyyah dalam Mengobati Penyakit Non Medis”. (Skripsi) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Gamayanti, Witrin. (2013). “Religious Coping dengan Subjektive Well-Being pada Orang yang Mengalami Psikofisiologis”. (Jurnal) Psympathic, Vol. 6 No. 2.

Ghazali, Muhammah Lutfi. (2006). Menguak Dunia Jin, Ruqyah Dampak dan Bahayanya, (Semarang: Gunung Jati).

Hofie, Luthfie. (2019). “Ruqyah Syar’iyyah sebagai Terapi Alternatif Penderita Gangguan Psikosomatik (Studi Kasus Pasien Penderita Gangguan Psikosomatik di Klinik Al-Baharun Ketapang Sampang)”, (Skripsi) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Mahmud, Muhammad. (1998). Doa sebagai Penyembuh, (Bandung: Al-Bayan).

Martina, KN & Supandi, S. (2017). “Konseling Islami dengan Teknik Scaling Question untuk Mengurangi Kecemasan Pasien”. (Al-Baligh: Jurnal Dakwah dan Komunikasi) Vol. 02 No. 02.

Nevid, dkk,. (2014). Abnormal Psychology in Changing World: 9th Edition, (New Jersey: Pearson Education, Inc).

Perdana, Akhmad. (2005). “Terapi Ruqyah Sebagai Sarana Mengobati Orang yang Tidak Sehat Mental”. Jurnal Psikologi Islam Vol 1 No 2.

Pra Fitri, Dianing. (2019). “Terapi Tobatt paada Gangguan Psikosiomatik”. (Esoterik: Jurnal Akhlak dan asawuf) Vol. 05 No. 01.

Rahma, Annisa. (2018). “Terapi Al-Qur’an dengan Metode Ruqyah Syar’iyyah dalam Penyembuhan Gangguan Psikis di Rumah Ruqyah Solo”. (Skripsi Ushuluddin dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Surakarta).

Said bin Ali bin Wahf Al-Qathani, (2010). Himpunan Doa dan Ruqyah dari dan Sunnah, (Surakarta: Al-Qawam).

Shubhi, A., (2001). Filsafat Etika, (Jakarta: Serambi Ilmu Semesta).

Wirdah. (2021). “Persepsi Masyarakat terhadap Ruqyah (Studi Kasus di Desa Atu Gajah Reje Guru Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah)”. (Skripsi Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh).

Yenawati, S. (2017). “Gangguan Psikosomatik dan Psikofisiologis (Anorexia Nervosa, Enuresis, Ashma” (Jurnal Psympathic) Vol. 03 No. 01.

Zainurrofieq. (2014). Al-Ma’tsurat. (Jakarta Timur: Spirit Media).




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/taujih.v6i2.21761


     

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Prodi Bimbingan dan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry
Jl. Syech Abdur Rauf Darussalam,
Banda Aceh - Aceh 23111
Telp: -
HP: +62 853 7927 0086
Email : fdk.prodibki@ar-raniry.ac.id

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
www.ar-raniry.ac.id