Implementasi Teknik Behavior Contract Untuk Meningkatkan Disiplin Tata Tertib Sekolah

Authors

  • Tina Ayu Rahma Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
  • Agus Santoso Universitas Islam Negeri Sunan Ampel

DOI:

https://doi.org/10.22373/gs917b42

Abstract

Disiplin tata tertib sekolah merupakan perilaku taat kepada semua aturan yang sudah ‎diputuskan lembaga. Sehingga pada penerapannya sangat penting dilakukan guna ‎memahami peraturan yang ada dan sesuai dengan keinginan siswa namun tetap dalam ‎batasan wajar. Salah satunya yaitu dalam pengimlementasian teknik untuk meningkatkan ‎kedisiplinan tersebut dengan menggunakan teknik behavior contact. Sebagaimana sejalan ‎dengan maksud penelitian ini yakni untuk memahami bagaimana implementasi teknik ‎behavior contact guna meningkatkan disiplin peraturan di sekolah, khususnya di MAN ‎Kota Surabaya. Metode penelitian yang diterapkan ialah Kualitatif dengan Studi ‎Fenomenologis, karena pnelitian ini menekankan beragam aspek yang bersifat subjektif dari ‎tingkah laku manusia, kemudian peneliti mencoba untuk mengetahui lebih mendalam ‎bagaimana suatu subjek mengartikan keadaan yang terjadi dalam kehidupannya. Data ‎dalam penelitian ini didapat dengan wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Dalam ‎proses telaah data, peneliti mereduksi data tersebut, kemudian menyajikan dan ‎memverifikasiya. Adapun penelitian ini menghasilkan apa-apa saja yang menjadi tantangan ‎dalam pengimlementasian peraturan di MAN Kota Surabaya baik internal maupun eksternal ‎membuat mereka tetap melanggar tata tertib yang ada namun bukan ‎karena unsur ‎kesengajaan. Beberapa bentuk peraturan yang pernah dilanggar ‎siswa  diantaranya ; ‎terlambat datang sekolah, mengambil barang temannya, melawan ‎guru, tidak memakai ‎atribut lengkap, dan lain sebagainya. Adapun pelanggaran yang ‎sering terjadi yakni ‎terlambat masuk sekolah. Sehingga teknik behavior contract ‎diimplementasikan dengan ‎baik oleh sekolah dengan tujuan agar nantinya jikalau para ‎siswa masih melanggar dapat ‎diberi hukuman sesuai dengan yang mereka buat sendiri. ‎

Kata kunci : Behavior Contract. Disiplin Tata Tertib Sekolah

References

Alvionita & Anggi. “Pelaksanaan Konseling Individu Dengan Teknik Behavior Contract ‎Dalam Mengatasi Kedisiplinan Peserta Didik Di MAN 1 Bandar Lampung”. Diploma ‎Thesis, Uin Raden Intan Lampung. (2022). ‎

Amin, Faisal Murnawan, Azwar Inra, and Iskandar G. Rani. “Faktor Yang Mempengaruhi ‎Siswa Melanggar Tata Tertib Di Jurusan Bangunan SMK Negeri 1 Padang.” Cived ‎‎(2016): 1–6. ‎http://ejournal.unp.ac.id/index.php/cived/article/view/7921%0Ahttp://ejournal.unp.ac.id/index.php/cived/article/viewFile/7921/6056.‎

Aulina, C. Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini. 2nd ed. PEDAGOGIA, 2016. ‎https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.45%0.‎

Azzahra, Annisa, Choirun Niswah, and Rabial Kanada. “Implementasi Peraturan Sekolah ‎Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Dan Siswa.” Jurnal Manajemen Pendidikan ‎Islam 2, no. 2 (2022): 16. http://etheses.uin-malang.ac.id/6096/.‎

Dian, Rika, Ervina Harahap, and Anita Yus. “Hubungan Kerjasama Orang Tua Dan Guru ‎Untuk Mendisiplinkan Anak.” Jurnal Tematik 9, no. 1 (2019): 81.‎

Eza Dwi Kusuma. “Pelaksanaan Konseling Individu Dengan Teknik Behavioral Contract ‎Dalam Mengatasi Kedisiplinan Peserta Didik Di Mts Muhammadiyah Sukarame Bandar ‎Lampung.” Skripsi (2022): 1–86.‎

Fawaid, Moh. Mnsyur. “Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Meningkatkan Karakter ‎Kedisiplinan Siswa.” Jurnal Civic Hukum 2, no. 2 (2021): 23–30.‎

Julia, Emi. “Analisis Faktor Penyebab Dan Upaya Mengatasi Pelanggaran Tata Tertib Sekolah ‎Pada SMA Wisuda Pontianak.” Journal of Chemical Information and Modeling 5, no. 3 ‎‎(2023): 1689–1699.‎

Lestari, Y P, and D Yulyani. “Membentuk Sikap Disiplin Siswa Melalui Implementasi Tata ‎Tertib Sekolah.” Jurnal Pendidikan … 9, no. 2 (2022). ‎http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PKn/article/view/13052.‎

Listiawati, Ludiana. “Penerapan Teknik Konfrontasi Dalam Proses Rekrutmen Dan Seleksi ‎SDM / Karyawan Dalam Dunia Industri.” Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam 12, ‎no. 1 (2023): 1–17.‎

Maulida, Nurlita, Mira Mirawati, and Wawan Syahiril Anwar. “Pengaruh Pemberian Hukuman ‎Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik.” JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran ‎Guru Sekolah Dasar 3, no. 1 (2020): 47–51.‎

Napfiah, Siti, Nok Izatul Yazidah, and Chindi Pebrianti. “Penerapan Strategi Belajar Literasi ‎Numerasi Sebagai Bentuk Peningkatan Mutu Baca Dan Hitung Siswa.” Jurnal Ilmiah ‎Matematika Realistik (JI-MR) 4, no. 1 (2023): 20–25.‎

Oktasari, Diyah, Hengki Yandri, and Dosi Juliawati. “Analisis Pelanggaran Tata Tertib ‎Sekolah Oleh Siswa Dan Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah.” Jurnal ‎Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia 6, no. 1 (2020): 26–31. ‎https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR.‎

Prasojo, Lantip Diat and Mukminin, Amirul and Mahmudah, Fitri Nur. Manajemen Strategi ‎Human Capital Dalam Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta Press., 2017.‎

Purwanti, Eka, Yantoro, and Issaura Sherly Pamela. “Kedisiplinan Siswa Di Sekolah Dasar.” ‎Jurnal Pendidikan Dasar 5, no. 2 (2020): 112–117.‎

Puspitaningrum, Dewi, and Totok Suyanto. “Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam ‎Membentuk Disiplin Siswa Di SMP Negeri 28 Surabaya.” Kajian Moral dan ‎Kewarganegaraan 2, no. 2 (2014): 343–357.‎

Rangkuti, M. Al Amin. “Implementasi Layanan Bk Dalam Kedisiplinan Siswa Man Barus ‎Tapanuli Tengah.” Skripsi (2018): 32.‎

Reski. “Implementasi Tata Tertib Dalam Peningkatan Kedisiplinan Peserta Didik Di Madrasah ‎Tsanawiyah Negeri Kota Palopo.” Skripsi (2023).‎

Siti Lailatul Maghfiroh. “Meningkatkan Karakter Disiplin Sekolah Anak Melalui Teknik ‎Behavior Contract Di Ra Bani Hasyim Malang.” Thesis, no. November (2022): 1–151.‎

Downloads

Published

2025-10-17

How to Cite

Rahma, T. A., & Santoso, A. (2025). Implementasi Teknik Behavior Contract Untuk Meningkatkan Disiplin Tata Tertib Sekolah. At-Taujih : Bimbingan Dan Konseling Islam, 8(1), 45-64. https://doi.org/10.22373/gs917b42