MENGEJAR WISUDA SARJANA MENURUT PERSPEKTIF KONSELING ISLAM

M. Jamil Yusuf

Abstract


Abstrak

            Mahasiswa yang telah menyelesaikan studi di suatu perguruan tinggi berhak memperoleh gelar sarjana. Mengejar adanya gelar ini idealnya ditempuh sesuai prosedur, mencurahkan segenap potensi pikir dan ikhtiar, dan tujuannya pun untuk mengemban amanah keilmuwan dan memaksimalkan pengabdiannya kepada agama, bangsa dan Negara. Fenomena yang mengemuka akhir-akhir ini bahwa gelar tersebut  diupayakan dengan cara-cara melanggar etika keilmuwan, untuk tujuan-tujuan popularitas hingga merendahkan martabat kesarjanaan, bahkan tidak memperlihatkan produktifitas keilmuwannya dalam meneliti atau menulis karya ilmiah.  Dalam perspektif konseling Islam, fenomena ini dipandang sebagai sebuah “kasus” penyakit yang mulai menggejala di kalangan generasi muda melenial, yakni tidak mampu berpikir logis dan tidak terampil menggunakan teknologi untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Generasi melenial ini perlu dibantu dengan layanan konseling Islam untuk pengembangan kebermaknaan hidupnya. Konseling Islam sudah seharusnya membantu mereka ini untuk mampu merumuskan tujuan hidup yang sejalan dengan kebermaknaan hidup sebagai seorang Muslim. Dalam konsep kebermaknaan hidup ini seorang Muslim harus mampu mendorong dirinya untuk melakukan berbagai kegiatan, seperti kuliah, bekerja dan berkarya agar hidupnya dirasakan berarti dan berharga.

 

Kata Kunci: Wisuda Sarjana, Konseling Islam


Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an dan Terjemahnya, (1971), Jakarta: Departemen Agama RI.

Achmad Mubarok, Al Irsyad an Nafsy: Konseling Agama Teori dan Kasus, (Jakarta: Bina Rena Pariwara, 2000).

Al-Baqi, Muhammad Fu’ad Abdul, (1992), Al-Mu’jam al-Mufahrats li Alfadz al-Qur’an al-Karim, Beirut: Dar Ihya al-Turats al- ‘Arabi.

PP Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Pusat Bahasa Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: PN Balai Pustaka, 2001).

Syamsu Yusuf LN, Proram Bimbingan dan Konseling di Sekolah, (Bandung: Rizkipress, 2009).

Syamsu Yusuf LN dan Nurihsan, Landasan Bimbingan dan Konseling, (Bandung: Rosdakarya, 2009).

Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/taujih.v2i2.6491


     

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Prodi Bimbingan dan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry
Jl. Syech Abdur Rauf Darussalam,
Banda Aceh - Aceh 23111
Telp: -
HP: 0852-6091-2966
Email : fdk.prodibki@ar-raniry.ac.id

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
www.ar-raniry.ac.id