Pengaruh Layanan Konseling Individual Terhadap Keterbukaan Diri (Self Disclosure) Remaja Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II B Pekanbaru

Zulamri Zulamri

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi remaja yang memiliki masalah keterbukaan diri dilingkungan lembaga pembinaan khusus anak klas II B pekanbaru. Maka  perlu melakukan layanan konseling individual. Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui adakah terdapat pengaruh layanan konseling individual terhadap keterbukaan diri (self disclosure) remaja di LPKAklas II B Pekanbaru. Metode yang digunakan penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan program SPSS versi 17.0.Teknik pengambilan sampelnya adalah non probability sampling dengan jenis sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel  yang berjumlah 52 orang remaja dengan memberikan  angket untuk pengumpulan data.Hasil penelitian nilai korelasi sebesar 0,481.berdasarkananalisa data pada tabel Model Summary yaitu R.Square 0,231 atau 32 % berada pada rentang 0,20-0,399 dalam katagori rendah. Jadi berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat pengaruh layanan konseling individual terhadap keterbukaan diri (self disclosure) remaja di LPKA klas II B Pekanbaru sebesar 23%.

Kata Kunci: Layanan Konseling Individual, Keterbukaan Diri (Self Disclosure).


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Amirah Diniaty. 2009. Teori-teori Konseling. Pekanbaru: Daulat Riau.

Anas, Sudijono. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan,Jakarta: rajawali Pers.

Arikunto, S. 2016. Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Bina Aksara.

. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Penelitian Praktis, (Jakarta: Rineka Cipta.

Asra, Abuzar,Dkk. 2014. Metode Penelitian Survey, Bogor. In Media.

Bungin, M. Burhan . 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Departemen Agama RI. 1986. Al-Qur`an dan Terjemahnya .Jakarta : Intermasa

Dyan, N. P. 2005. Perilaku Agresif Remaja Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Ekstrovert Dan Introvert. Skripsi.Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang.

Dra.Hallen A, M.Pd. 2010.Bimbingan Konseling Islam, ibid.

Gainau, Maryam B. 2009. Keterbukaan Diri ( Self Disclosure) Siswa Dalam Prepektif Budaya Dan Implikasinya Bagi Konseling. Madium : Jurnal Ihniah Waidya Warta. Vol. 33 No. 01

Hadi, Sutrisno. 1995. Metodeologi Research, Yogyakarta : Ardi Offset

Hasan , M. Iqbal. 2005. Pokok-pokok Materi Statistic 1( Statistic Deskriptif) Cet Ke 3, Jakarta: Bumi Aksara.

James, Carpenter C& Jefferson Freese. 1979. Charpel Hill and Charlotte, N. C.Three Aspect of Self- Disclosure as They Relate to Quality of Adjusment. University of North Carolina : Journal of Pesonality Assesment. Vol. 43 No. 1.

Johnson, Doyle P. 1986. Teori Sisiologi Klasik Dan Modren, Jilid 1 Dan 2 Diterjemahkan Oleh Robert MZ. Lawang.Jakarta : Gramedia.

Jourard, S M. 1964. The Transparent Of Self : Self Disclosure And Wel-Being. New York : Van Nostrad Company.

Jusuf, Soewadji. 2012. Pengatar Metodologi Penelitian. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Kholifatur Rosyidah. 2015, Pengaruh Keterbukaan Diri (self disclosure) terhadap keterampilan komunikasi interpersonal menantu perempuan pada mertua.Porolinggo.

Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas II B Pekanbaru.

M. Umar & Sartono. (1998). Bimbingan dan Penyuluhan.Bandung : Pustaka Setia

Mohammad Surya. (2003). Teori – teori Konseling.Bandung : Pustaka Bani Quraisy

Munro, E.A, dkk. 1983. Penyuluhan (Counselling) Suatu Pendekatan Berdasarkan Keterampilan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Munir Amin ,Samsul. 2010. Bimbingan dan Konseling Islam, Jakarta : Amzah

Namora Lumongga Lubis. 2011. Memahammi Dasar - Dasar Konseling dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian, Jakarta: Kencana

Prayitno.(2000). Seri Pemandu Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Tingkat. Padang: Universitas Negeri Padang

Prasetyo Bambang & Miftshul Lina. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Aplikasi, Jakarta : Raja Persada.

Prayitno dan Erman Armati. 1999. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling, Jakarta : PT. Rineka Cipta

Riduan.2014. Cara Mudah Belajar SPSS 17.0.,Bandung : Alfabeta.

Riswan. 2012. Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling, Pekanbaru

Ridwan & Sunarto. 2012. Pengantar Statiska untuk Penelitian Pendidikan , Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis, Bandung : Alfabeta.

Rosyidah, Kholifatur. 2015. Pengaruh Keterbukaan Diri (self disclosure) terhadap keterampilan komunikasi interpersonal menantu perempuan pada mertua .Porolinggo.

S.Willis,Sofyan. (2013). Konseling Individual Teori dan Praktek.Bandung : Alfabeta.

Sugiyonoo. 2011 Metode Penelitian Kuantitatif R & D. Bandung : Alfabet.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2006. Metode Penelitian Pendidikan., Bandung : Pt Remaja Rosdakarya

Tohirin.(2008). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Raja Grafindo Persada

Zatrahadi, M. Fahli. 2014. Konseling Kesehatan Mental, Pekanbaru : Riau Creative Multimedia

Referensi Oline

http://www.blogspot. Laporan.Analisis Hasil Uji Coba Skala Self Disclosure. Sri-Fitri- Academia.Edu. 2014




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/taujih.v2i2.6526


     

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Prodi Bimbingan dan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry
Jl. Syech Abdur Rauf Darussalam,
Banda Aceh - Aceh 23111
Telp: -
HP: 0852-6091-2966
Email : fdk.prodibki@ar-raniry.ac.id

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
www.ar-raniry.ac.id