Peran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Konsep Diri Pada Anak

Hendri Hendri

Abstract


ABSTRAK

Artikel ini dibuat dengan tujuan untuk menjelaskan bagaimana Peran Orang Tua terhadap Pembentukan Konsep Diri pada Anak. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan studi literatur atau kajian kepustakaan. Tulisan ini merupakan bentuk gagasan atau pandangan yang dihasilkan dari studi literatur atau kajian kepustakaan yang dilakukan oleh penulis dari buku-buku dan jurnal-jurnal terkait tentang Peran Orang Tua terhadap Pembentukan Konsep Diri pada Anak. Hasil yang diperoleh dari kajian yang dilakukan menjelaskan bahwa Pola Asuh Orang Tua Memiliki Peranan Penting terhadap Pembentukan Konsep Diri pada Anak. Anak yang mendapat perlakuan yang positif, seperti jika anak berbuat salah maka diarahkan, diberi pengertian dan dinasehatin sehingga anak dapat mengerti untuk memperbaiki keselahanya dengan cara yang tepat, maka akan diprediksi anak tersebut akan memiliki konsep diri yang positif juga. Konsep diri yang positif terindikasi dari kualitas penyesuaian diri yang baik, tidak ragu dalam bertindak, berani mencoba, dan berani mengambil keputusan. Pola asuh seperti ini dinamakan dengan pola asuh demokratis. Sebaliknya anak yang mendapat perlakuan yang tidak menyenangkan dari orang tuanya, seperti sering memberikan stigma negatif dengan kata-kata “nakal dan bodoh” terhadap anaknya disaat melakukan suatu kesalahan atau gagal dalam satu kompetisi, maka akan diprediksi anak tersebut akan memiliki konsep diri yang negatif. Konsep diri yang negatif terindikasi dari kualitas penyesuaian diri yang kurang baik, ragu pada diri sendiri, takut mencoba, dan tidak berani dalam mengambil satu keputusan dengan bijak. Pola asuh seperti ini merupakan bentuk dari pola asuh otoriter. Pola asuh orang tua adalah hal yang paling urgen untuk diperhatikan, diketahui dan dipahami oleh setiap orang tua, karena merupakan salah satu faktor yang paling utama yang mempengaruhi terbentuknya konsep diri pada anak.

 

Kata Kunci : Peran Pola Asuh Orang Tua, Konsep Diri


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Indah Pratiwi. (2010). Perilaku Prososial ditinjau dari Empati dan Kematangan Emosi. Jurnal Psikologi, Volume I, No 1. Kudus: Universitas Muria Kudus

Burns. R. B. (1993). Konsep Diri Teori Pengukuran Perkembangan dan Perilaku. Jakarta : Arcan

Calhoun dan Acocella. (1990). Psikologi tentang penyesuaian dan hubungan kemanusiaan. Semarang: IKIP Semarang Press

Depdikbud. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Kota

Elaine Donelson. 1990. Women: A Psychological Perspective. John Wiley & Sons, Inc

Hadi, Sutrisno. (1995). Metodologi Research Jilid IV, Jogjakarta : Andi Offset

Hendrawan. (2002). Konsep Diri Siswa yang Berprestasi Tinggi dan Berprestasi Rendah. Padang : UNP

Hendriati Agustiani. (2009). Psikologi Perkembangan. Bandung :Refrika Aditama

Hurlock, E.B. (1998). Psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. (terjemahan). Jakata : Erlangga

______. (1993). Psikologi Perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan, (edisi kelima). Jakarta: Erlangga

Jalaluddin Ramat. (2005). Psikologi Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Nurfia Abdullah, Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Konsep Diri Anak. 2015 Psychology Forum UMM, ISBN: 978-979-796-324-8.

TIM Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (1988). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Kota

Zainuren. (2014). Peran orantua terhadap penanaman nilai-nilai kejuuran Anak. Lampung : UNILA

Zaldy Munir. (2010). Pengertian Orang Tua. Bandung : PT. Refika Aditama




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/taujih.v2i2.6528

Copyright (c) 2020 Hendri Hendri




     

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Prodi Bimbingan dan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
Jl. Syech Abdur Rauf Darussalam,
Banda Aceh - Aceh 2311

Telp: -
HP: +62 853 7927 0086/ 0823 6823 8600
Email : fdk.prodibki@ar-raniry.ac.id

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
www.ar-raniry.ac.id