PENERAPAN BIMBINGAN KARIER TERHADAP MINAT SISWA SEKOLAH LANJUTAN

Muslima Muslima

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh layanan bimbingan karier  terhadap peningkatan minat karier siswa di MAN 5 Bireun, dengan membantu siswa agar dapat meningkatkan minat terhadap perkembangan karier sekolah lanjutan. Dengan  mengembangkan minat karier yang sesuai dengan bakat dan minat siswa sendiri, dan untuk mengetahui informasi secara objektif mengenai gambaran umum minat karier dalam memilih karier yang sesuai dengan perkembangan siswa. Metode penelitian yang digunakan pre-experimental designs dengan jenis desain one grup pretest-posttest dengan melibatkan satu kelompok yang diberi pretest, kemudian diberikan treatment dan diberi post-test. Keberhasilan treatment akan didapatkan dengan membandingkan nilai pretest dan posttest. Subjek penelitian sebanyak 20 orang yang dipilih secara proposive dari 100 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa dengan minat karier rendah: tidak konsisten dalam mengerjakan suatu kegiatan, mudah merasa jenuh, tidak adanya kecenderungan atau ketertarikan pada kegiatan dan mata pelajaran Namun permasalah dapat diatasi secara baik dengan memberikan layanan bimbingan karier, siswa yang mengikuti kegiatan bimbingan karier dapat secara langsung memperoleh informasi dan arahan megenai perkembangan kariernya. Dalam penelitian ini pengaruh bimbingan karier terhadap minat karier siswa, dapat dilihat dengan kriteria siswa  tidak konsisten dalam mengerjakan suatu kegiatan,  tidak mengetahui keterampilan dan mata pelajaran yang disukai dan dikuasai. Siswa merasa ketertarikan terhadap suatu kegiatan yang disukai dan mulai fokus dalam melakukan kegiatan disekolah.

 

Kata kunci: bimbingan karier dan minat karier


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian. Cetakan Ketujuh. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta. XX

Arif Pratisto, Statistik Menjadi Mudah dengan SPSS 17, ( Jakarta : Gramedia,2009), h.24

Creed, Peter A. dan Patton, Wendy A. (2003). Predicting Two Components of Career Maturity in School Based Adolescents. Journal of Career Development 29 (4): pp 277-290

Prayitno dan Erma Amti, Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2004), h. 99

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2013), h. 96.

Suherman Uman, Konseling Karir Sepanjang Rentan Kehidupan, Rizqi Pres, Bandung, 2008

Super, Donald E. Psikologi Karir, terj. Ahmad Hanawi, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2006

Syahril dan Riska Ahmad, Pengantar Bimbingan dan Konseling, Angkasa Raya, cet.4, 2006

Tohirin, Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi), Rajawali Pers, Jakara, 2009

Walgito, Bimo. Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah, Andi Offset, Yogyakarta, cet. Ke-2, 2003

Winkel W.S dan M.M. Sri Hastuti, Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan, Media Abadi, Jakarta, 2001

Yulita Rintyastini dan Suzy Yulia charlotte, Bimbingan dan Konseling SMP untuk Kelas, VIII, (Jakarta: Erlangga, 2006), h. 132




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/taujih.v2i2.6529


     

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Prodi Bimbingan dan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry
Jl. Syech Abdur Rauf Darussalam,
Banda Aceh - Aceh 23111
Telp: -
HP: 0852-6091-2966
Email : fdk.prodibki@ar-raniry.ac.id

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
www.ar-raniry.ac.id