KOMUNIKASI VERBAL DALAM KOMUNIKASI DAKWAH

Umar Latif

Abstract


Al-Qur‟an banyak membicarakan persoalan-persoalan yang berhubungan dengan tata cara berbicara yang mengandung kebenaran dan keadilan. Maksud ini, secara sederhana, mengarah kepada sejumlah istilah yang dibicarakan di dalam Al-Qur‟an. Menurut Al-Qur‟an, kata qawlan sadida, qawlan ma’rufa dan al-haq, dimungkinkan untuk dimaknai ke dalam pemahaman yang berhubungan dengan pemanfaatan fungsi lidah sebagai media berkomunikasi. Bahkan Al-Qur‟an berpandangan bahwa setiap istilah semestinya tidak hanya berfungsi menyerap sejumlah informasi dan membentuk pengetahuan, melainkan berfungsi untuk dapat membentuk sebuah keyakinan dalam bentuk perbuatan itu sendiri, dalam arti yang luas semisal mengandung nilai keadilan dan kebenaran. Oleh karena itu, dari ketiga istilah ini, penulis dalam konteks ini akan menelusuri dari segi tujuan dan fungsi yang dimunculkan melalui fungsi lidah sebagai media komunikasi, yang dinilai berharga bagi manusia dibandingkan dengan makhluk-makhluk lainnya; karenanya indera ini adalah sisi pembeda sekaligus sebagai mata rantai untuk mengenal maksud makna yang dikandungnya. Bahkan pengenalan kepada makna ini secara tepat dan benar merupakan suatu konklusi bahwa manusia telah berada pada sisi pengetahuan yang benar secara menyeluruh.

 

Kata Kunci: Komunikasi verbal  dan Pemaknaan dalam Islam 

 


Full Text:

PDF

References


Al-Quran dan Terjemahannya

Eko Widiyarto, "Ibn Maskawaih Sang Filsuf Etika Muslim," dalam http://www.suficinta.wordpress.com ibnu-maskawaih-sang-filsuf-etika-muslim.htm.

Husainy Isma‟il, Jalan Menuju Filsafat Suatu Uraian Pendahuluan Ilmu Filsafat, Banda Aceh: Syiah Kuala University Press, 1993

Ibn Maskawaih, [terj.,] Helmi Hidayat, Menuju Kesempurnaan Akhlak, Bandung: Mizan, 1999

Ibn Tafsir Katsir, al-Quran al-Azhim, Beirut: Dar Ihya At-Turats Al-Arabi, 1997

Imam Abu Zakaria Yahya Bin Syaraf al-Nawawi, Riyadhus-Shalihin, terj., Bandung: PT. Al-Maarif, cet.9, t.th

Jalaluddin Rakhmat, Islam Aktual, Bandung: Mizan, 1991

-----------, Psikologi Komunikasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1993

Joel L. Kraemer, [peng.,] Mulyadi Kartanegara, [terj.,] Asep Saefullah, Renaisans Islam: Kebangkitan Intelektual dan Budaya pada Abad Pertengahan, Bandung: Mizan, 2003

Khalid Muhammad Khalid, Kemanusiaan Muhammad, terj., Surabaya: Pustaka Progressif, 1984

M. Dawam Rahardjo, "Zalim", dalam Ulumul Quran No.4, Vol.V, th. 1994

Muhammad Hasan Al-Himshi, Quran Karim Tafsir wa Bayan, Damaskus: Dar AlRasyid, t.th

Muhammad Taqi-ud-Din Al-Hilali, dan Muhammad Muhsin Khan, Interpretation of The Meanings of The Noble Quran, Riyadh: Dar-us-Salam, 1996

Murtada Mutahhari, [terj.,] Faruq ibn Dhiya‟, Kritik atas Konsep Moralitas Barat Hubunganya dengan Falsafah Akhlak, Bandung: Pustaka Hidayah, 199

Yusuf Al-Qardhawi, al-Shahwah al-Islamiah Baynal Juhud wa al-Tatharruf, Cairo: Dar-us-Shahwah, 1994




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/taujih.v1i2.7204


     

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Prodi Bimbingan dan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry
Jl. Syech Abdur Rauf Darussalam,
Banda Aceh - Aceh 23111
Telp: -
HP: 0852-6091-2966
Email : fdk.prodibki@ar-raniry.ac.id

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
www.ar-raniry.ac.id