KOMUNIKASI VERBAL DALAM KOMUNIKASI DAKWAH
Abstract
Al-Qur‟an banyak membicarakan persoalan-persoalan yang berhubungan dengan tata cara berbicara yang mengandung kebenaran dan keadilan. Maksud ini, secara sederhana, mengarah kepada sejumlah istilah yang dibicarakan di dalam Al-Qur‟an. Menurut Al-Qur‟an, kata qawlan sadida, qawlan ma’rufa dan al-haq, dimungkinkan untuk dimaknai ke dalam pemahaman yang berhubungan dengan pemanfaatan fungsi lidah sebagai media berkomunikasi. Bahkan Al-Qur‟an berpandangan bahwa setiap istilah semestinya tidak hanya berfungsi menyerap sejumlah informasi dan membentuk pengetahuan, melainkan berfungsi untuk dapat membentuk sebuah keyakinan dalam bentuk perbuatan itu sendiri, dalam arti yang luas semisal mengandung nilai keadilan dan kebenaran. Oleh karena itu, dari ketiga istilah ini, penulis dalam konteks ini akan menelusuri dari segi tujuan dan fungsi yang dimunculkan melalui fungsi lidah sebagai media komunikasi, yang dinilai berharga bagi manusia dibandingkan dengan makhluk-makhluk lainnya; karenanya indera ini adalah sisi pembeda sekaligus sebagai mata rantai untuk mengenal maksud makna yang dikandungnya. Bahkan pengenalan kepada makna ini secara tepat dan benar merupakan suatu konklusi bahwa manusia telah berada pada sisi pengetahuan yang benar secara menyeluruh.
Kata Kunci: Komunikasi verbal dan Pemaknaan dalam Islam
Full Text:
PDFReferences
Al-Quran dan Terjemahannya
Eko Widiyarto, "Ibn Maskawaih Sang Filsuf Etika Muslim," dalam http://www.suficinta.wordpress.com ibnu-maskawaih-sang-filsuf-etika-muslim.htm.
Husainy Isma‟il, Jalan Menuju Filsafat Suatu Uraian Pendahuluan Ilmu Filsafat, Banda Aceh: Syiah Kuala University Press, 1993
Ibn Maskawaih, [terj.,] Helmi Hidayat, Menuju Kesempurnaan Akhlak, Bandung: Mizan, 1999
Ibn Tafsir Katsir, al-Quran al-Azhim, Beirut: Dar Ihya At-Turats Al-Arabi, 1997
Imam Abu Zakaria Yahya Bin Syaraf al-Nawawi, Riyadhus-Shalihin, terj., Bandung: PT. Al-Maarif, cet.9, t.th
Jalaluddin Rakhmat, Islam Aktual, Bandung: Mizan, 1991
-----------, Psikologi Komunikasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1993
Joel L. Kraemer, [peng.,] Mulyadi Kartanegara, [terj.,] Asep Saefullah, Renaisans Islam: Kebangkitan Intelektual dan Budaya pada Abad Pertengahan, Bandung: Mizan, 2003
Khalid Muhammad Khalid, Kemanusiaan Muhammad, terj., Surabaya: Pustaka Progressif, 1984
M. Dawam Rahardjo, "Zalim", dalam Ulumul Quran No.4, Vol.V, th. 1994
Muhammad Hasan Al-Himshi, Quran Karim Tafsir wa Bayan, Damaskus: Dar AlRasyid, t.th
Muhammad Taqi-ud-Din Al-Hilali, dan Muhammad Muhsin Khan, Interpretation of The Meanings of The Noble Quran, Riyadh: Dar-us-Salam, 1996
Murtada Mutahhari, [terj.,] Faruq ibn Dhiya‟, Kritik atas Konsep Moralitas Barat Hubunganya dengan Falsafah Akhlak, Bandung: Pustaka Hidayah, 199
Yusuf Al-Qardhawi, al-Shahwah al-Islamiah Baynal Juhud wa al-Tatharruf, Cairo: Dar-us-Shahwah, 1994
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/taujih.v1i2.7204
Copyright (c) 2020 At-Taujih : Bimbingan dan Konseling Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Office:
Prodi Bimbingan dan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
Jl. Syech Abdur Rauf Darussalam,
Banda Aceh - Aceh 2311
Telp: -
HP: +62 853 7927 0086/ 0823 6823 8600
Email : fdk.prodibki@ar-raniry.ac.id
Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
www.ar-raniry.ac.id